Ingin Hamil Lagi Setelah Kuret 1 Bulan Wajib Baca Ini

Hamil lagi setelah kuret - Ketika kehamilan yang Anda jalani kemarin mengalami kendala dan sampai terjadi keguguran, jalan paling aman dalam menanganinya adalah dengan kuret. Setelah kuret dilakukukan berarti rahim telah bersih dari segala kotoran sisa keguguran. Ketika ibu hamil mengalami keguguran memang seharusnya dikuret karena keguguran yang tidak dikuret itu berbahaya. [baca : akibat keguguran tidak dikuret ternyata berbahaya]

Setelah kuretase Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk bisa hamil lagi meskipun menurut anjuran dokter Anda harus menunggu minimal 3 bulan. Satu bulan setelah dikuret sebenarnya pasangan suami istri sudah boleh memprogramkan kehamilan apabila menstruasi telah berjalan lancar sebagaimana sedia kala.
   
Mengapa dokter menyarakan untuk menunggu minimal 3 bulan jika ingin hamil lagi ? karena dokter mengambil langkah hati - hati sebab ada kemungkinan jika setelah kuret kemudian hamil dalam waktu dekat rahim ibu belum siap menerima kedatangan janin sehingga mengakibatkan masalah kehamilan yang serius. Jika pada kenyataannya keadaan Anda baik - baik saja, boleh - boleh saja ingin hamil 1 bulan setelah kuret namun Anda perlu memperhatikan beberapa penjelasan berikut ini.

Ingin Hamil Lagi Setelah Kuret 1 Bulan
source of flickr.com

Hamil Lagi Setelah Kuret 1 Bulan


Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin memprogramkan kehamilan 1 bulan setelah menjalani kuret. Jangan meremehkan hal berikut ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan :

1. Pastikan kondisi rahim ibu hamil baik baik saja


Agar kehamilan Anda aman sebaiknya pastikan konsisi rahim sebelum mempogramkan kehamilan setelah kuret. Mengapa demikian ? karena jika rahim belum siap menerima kehadiran janin dan bahkan masih luka akibat keguguran kemarin bisa menyebabkan komplikasi kehamilan. Sebenarnya jangka waktu paling aman untuk hamil setelah kuret itu minimal 3 bulan pasca kuret, itulah sebabnya dokter menyarankan untuk merencanakan kehamilan setelah tiga bulan pasca kuret. Meski umumnya dokter menyarankan begitu tapi jika Anda sudah tak sabar untuk merencanakan kehamilan, silahkan lakukan pemeriksaan rahim dan jika hasilnya normal silakan meneruskan keinginan untuk hamil lagi.

2. Kondisi fisik ibu hamil harus sudah normal


Ketika proses kuretase dilakukan, ibu hamil akan mengalami pendarahan yang cukup banyak sehingga kondisi fisik melemah dan perlu waktu untuk pemulihan. Setelah kuret kebanyakan ibu hamil menjumpai tubuhnya terasa lemas, letih dan lesu karena banyak darah yang dikeluarkan dari tubuhnya. Sebelum Anda merencanakan kehamilan bersama pasangan pastikan kondisi fisik telah benar - benar sehat dan kembali normal seperti sedia kala.

Cara paling ampuh untuk memulihkan kondisi fisik agar fit kembali adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan banyak istirahat. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi juga sangat efektif untuk memulihkan kondisi tubuh. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain telur,bayam, tiram, roti gandum, daging merah, kacang tanah, tempe, ikan, hati ayam, kacang merah, kismis dan lain lain.

3. Cukupi kebutuhan asam folat


Sebelum Anda benar - benar memprogramkan kehamilan silakan cukupi dulu kebutuhan asam folat tubuh sebab asam folat itu sangat penting dalam proses kehamilan. Yang perlu mencukupi kebutuhan asam folat tidak hanya sang istri tapi  suami dan istri wajib mencukupinya. Untuk suami asam folat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sel $perm@ sedangkan untuk istri asam folat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan sel telur.

Jika suami dan istri sama - sama mencukupi kebutuhan asam folatnya insy@ pembuahan akan berjalan dengan lancar dan kehamilan segera didapat. Adapun makanan yang banyak mengandung asam folat antara lain adalah kacang - kacangan, sayur, buah dan lain - lain. Silakan kunjungi posting kami dengan judul [makanan yang mengandung asam folat tinggi]

4. Hindari Stress


Keguguran yang dialami oleh ibu hamil umumnya menyisakan fikiran yang tidak nyaman dan stress. Ketika  fikiran seseorang kacau dan stress metabolisme tubuh terganggu sehingga kurang baik untuk merencanakan kehamilan sebab organ reproduksi terganggu. Kekacauan hormon tubuh itu bisa menyebabkan masa haid tidak teratur sehingga menyulitkan pasangan suami istri untuk menentukan kapan masa subur terjadi.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin segera hamil setelah kuret sebaiknya jangan bebani fikiran terlalu berat. Santai dan rileks lebih cocok dilakukan agar kondisi tubuh dan organ reproduksi normal kembali. Untuk menghindari stress Anda bisa refreshing bersama keluarga ke tempat wisata sambil bercengkerama bersama suami tercinta sehingga hati nyaman dan senang.

Hamil lagi setelah kuret 1 bulan boleh boleh saja, asalkan Anda perhatikan beberapa hal diatas. Jika ternyata Anda masih belum memenuhi 4 hal diatas sebaiknya jangan buru - buru merencanakan kehamilan. Tunggu sampai jangka waktu 3 hingga 6 bulan sesuai dengan arahan dokter. Demikian artikel singkat ini kami tulis, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top