Kalsium untuk Ibu Hamil selain Susu Apa Saja ?

Kalsium untuk ibu hamil selain susu - Kalsium adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena janin dalam kandungan juga membutuhkan kalsium untuk membantu pembentukan tulang dan jaringan syaraf. Aneka produk olahan susu sebenarnya sudah sarat akan kalsium, namun alangkah baiknya jika Anda memenuhi kebutuhan kalsium tidak hanya dari susu.

Sebagian ibu hamil ada yang menjumpai keadaan dimana susu membuatnya semakin terasa mual dan muntah, padahal asupan kalsium tidak boleh kurang. Salah satu solusi untuk mengatasi keadaan itu adalah dengan mengkonsumsi aneka makanan selain susu yang banyak mengandung kalsium. Dengan demikian, ibu hamil dan janin tetap berkembang dengan baik sebagaimana mestinya.

Beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium diantaranya  adalah sarden, sayuran hijau, kacang - kacangan dan aneka jenis makanan lainnya. Secara lengkap info seputar makanan selain susu yang banyak mengandung kalsium akan kami jelaskan pada uraian di bawah ini, namun sebelumnya ada baiknya kita kenali dulu sebenarnya kalsium itu apa.

Kalsium untuk Ibu Hamil selain Susu
source of pixabay

Kalsium itu apa ?


Kalsium merupakan mineral berukuran makro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh minimal 100mg tiap harinya. Kalsium mempunyai peran yang sangat besar dalam pembentukan tulang dan gigi manusia. Apabila manusia kekurangan kalsium akan terjadi gangguan kesehatan tulang seperti pengeroposan tulang dan osteoporosis. Pada umumnya manusia memenuhi kebutuhan kalsium tubuh dengan mengkonsumsi susu karena kandungan kalsium dalam susu sangat tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya kalsium itu tidak hanya terdapat pada susu dan produk olahan susu melainkan terdapat pada aneka jenis makanan yang lain.

Kebutuhan Kalsium Manusia


Menurut penelitian para pakar kesehatan kebutuhan kalsium manusia itu berbeda - beda. Berikut ini adalah rincian kebutuhan kalsium manusia sesuai dengan umurnya :

Kebutuhan Kalsium Orang dewasa


  • Orang dewasa umur 25 tahun kebutuhan kalsiumnya 800 mg
  • Orang dewasa umur 50 tahun ke atas kebutuhan kalsiumnya 1.000 mg
  • Wanita hamil kebutuhan kalsium per hari 1.200 mg
  • Wanita menyusui kebutuhan kalsium 1.200 mg per hari

Kebutuhan Kalsium Remaja dan Anak


  • Remaja umur 16 sampai 24 tahun memerlukan 1.200 mg kalsium per hari
  • Anak umur 16 sampai 16 tahun butuh kalsium 1.200 mg per hari
  • Anak umur 1  sampai 10 tahun memerlukan kalsium hingga 800 mg
  • Bayi umur 1/2 tahun sampai dengan 1 tahun buth kalsium 600 mg
  • Bayi di bawah 6 bulan kebutuhan kalsiumnya 400 mg

Manfaat Kalsium


Selain membantu pembentukan tulang dan gigi kalsium masih memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, antara lain adalah sebagai berikut :
  • Membantu mengaktifkan syaraf
  • Mengaktifkan pankreas sehingga mampu mengatasi kencing manis
  • Mencegah kulit kering dan membantu penyembuhannya
  • Menguatkan gigi
  • Meringankan keluhan menstruasi
  • Menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang
  • Melenturkan dan menguatkan jaringan otot
  • Mencegah dan mengatasi pengeroposan tulang
  • Menstabilkan keasaman darah
  • Menstabilakan tekanan darah
  • Mencegah kram, sakit punggung, sakit pinggang dan sejenisnya
  • dan lain lain

Sumber Kalsium untuk Ibu Hamil Selain Susu


Sebagaimana yang telah kami tuliskan di atas bahwa kebutuhan kalsium ibu hamil itu tidak hanya dipenuhi dengan menggunakan susu, namun banyak sumber makanan lain yang banyak mengandung kalsium dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa makanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1.Keju

Keju adalah salah satu produk olahan susu yang mempunyai kandungan kalsium sangat tinggi. Oleh karena keju itu bahan dasarnya adalah susu maka kandungan nutrisinya sama dengan susu antara lain kalsium, mineral, protein, lemak dan fospor. Ibu hamil perlu berhati - hati sebelum mengkonsumsi produk olahan susu karena ada yang telah terkontaminasi dengan bakteri sehingga mengancam keselamatan janin.
[baca : susu ibu hamil muda yang bagus untuk janin]

2. Yoghurt

Sama dengan keju, yogurt adalah produk olahan dengan bahan dasar susu yang telah difermentasi. Kandungan nutrisi pada yogurt ini juga sama dengan susu, termasuk memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Jika ibu hamil merasa tidak cocok mengkonsumsi susu karena menambah mual dan muntah, silakan minum yogurt sebagai penggantinya.

3. Sayuran Hijau

Banyak jenis sayuran hijau yang mengandung banyak kalsium, seperti brokoli dan bayam. Jika Anda tergolong penggemar sayuran berarti kebiasaan Anda adalah kebiasaan yang sehat dan perlu dipertahankan. Sayuran yang baik untuk ibu hamil itu banyak sekali, untuk melihat informasi lengkapnya silakan baca [nutrisi kehamilan trimester pertama]]

4. Kacang Kedelai

Selain susu, produk olahan susu dan sayuran, kalsium bisa didapat dari kacang kedelai. Kalsium yang dihasilkan dari kacang kedelai terbilang sangat tinggi. Satu gelas kecil kacang kedelai yang direbus dengan tanpa garam mampu menghasilkan kalsium hingga 261 mg. Selain direbus, kacang kedelai bisa diolah menjadi susu kedelai agar rasanya lebih enak.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah slah satu jenis ikan laut yang banyak mengandung kalsium dan bebas dari merkuri sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan kalsium ari ikan salmon cukup banyak, yaitu 3 ons ikan salmon bisa menghasilkan kalsium hingga 181 mg. Selain tinggi kalsium, ikan salmon juga mengandung protein yang cukup tinggi.

6. Kacang Putih

Kacang putih adalah salah satu sumber protein yang baik untuk ibu hamil. Kandungan kalsium dalam 100 gram kacang putih bisa mencapai 442 mg. Kacang putih bisa Anda konsumsi sbagai makanan camilan, namun jangan berlebihan karena kebanyakan ngemil bisa membuat berat badan ibu hamil meningkat dan kurang baik bagi kesehatan.

7. Lobak

Lobak adalah sayuran yang sering dimasak sebagai bahan sop. Tidak tanggung - tanggung, tiap batang lobak ternyata bisa menghasilkan kalsium hingga 200 mg sehingga cukup 6 batang saja kebutuhan kalsium ibu hamil terpenuhi. Selain mengandung kalsium, lobak juga mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

8. Jeruk

Buah jeruk adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil karena banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan dan menjaga daya tahan tubuh. Selain mengandung banyak vitamin C, buah jeruk juga mengandung kalsium cukup banyak yaitu 60 mg per buah. Jenis buah jeruk yang baik untuk ibu hamil antara lain jeruk bali, jeruk Lemon, Jeruk Nipis, Jeruk Mandarin dan lain -lain.

9. Pisang

Buah pisang juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak mengandung kalsium. Kandungan nutrisi dalam buah pisang sangat banyak antara lain adalah kalsium, fospor, besi, magnesium, kalium dan vitamin. Selain bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalsium mengkonsumsi buah pisang ternyata memiliki manfaat lain yang sangat banyak.

Kalsium untuk ibu hamil selain susu sebenarnya tidak hanya itu, namun tidak bisa kami tulis semua karena keterbatasan waktu, tempat dan kemampuan. Semoga info singkat di atas bermanfaat bagi Anda dan melengkapi info seputar kehamilan yang sedang Anda cari

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top