Bahaya dan Manfaat Olahraga Renang untuk Ibu Hamil

Manfaat olahraga renang untuk ibu hamil - Olahraga saat hamil perlu dilakukan agar kesehatan ibu hamil selalu terjaga dengan baik. Akan tetapi jangan sembarangan dalam melakukan aktifitas olahraga selama hamil karena ada sebagian olahraga yang tidak aman bagi wanita hamil. Intinya, olahraga yang boleh dikerjakan ibu hamil adalah olahraga ringan yang tidak membahayakan kandungan.

Salah satu olahraga yang aman dilakukan saat hamil adalah renang karena renang itu mudah dilakukan, tidak memerlukan banyak energi dan aman bagi janin. Renang tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan badan tapi dengan renang fikiran menjadi lebih fresh dan menghilangkan stress. Walaupun aman tapi jika tidak dilakukan dengan hati - hati juga berbahaya.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang bahaya dan manfaat olahraga renang bagi ibu hamil agar olahraga ini bisa dilakukan dengan hati - hati oleh mereka yang sedang hamil. Silakan simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya.
 Manfaat Olahraga Renang untuk Ibu Hamil
source of pixabay

Manfaat Olahraga Renang untuk Ibu Hamil


Renang tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil namun secara umum olahraga ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Khusus untuk ibu hamil manfaat renang antara lain adalah menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serat melancarkan proses persalinan jika sudah tiba saatnya. Ketika kehamilan telah memasuki usia sembilan bulan, banyak dokter yang menyarankan ibu hamil untuk melakukan olahraga renang agar persalinan cepat terlaksana. Secara rinci manfaat renang antara lain adalah sebagai berikut :

1. Membentuk dan menguatkan otot tubuh


Pada saat melakukan olahraga renang hampir semua anggota tubuh digerakkan sehingga otot tubuh bisa terbentuk dengan baik serta menjadi kuat. Gerakan tubuh saat berenang tidak hanya terfokus pada tangan tapi kaki, badan, tangan dan pernafasan juga digerakkan. Oleh sebab itulah manfaat renang sangat besar dalam rangka membentuk dan menguatkan otot tubuh.

2. Mengontrol berat badan


Ibu hamil yang memiliki berat badan berlebih bisa memanfaatkan olahraga yang satu ini untuk menurunkan berat badannya. Gerakan renang yang sangat banyak mampu membakar banyak lemak yang menumpuk dalam tubuh. Saat berenang memang banyak anggota tubuh yang digerakkan namun berbeda dengan olahraga yang lain, tubuh terasa tidak mudah lelah.

3. Fikiran menjadi fresh


Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, berenang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jiwa. Dengan berenang fikiran stress akan hilang dan menjadi fresh. Air dingin yang mengguyur sekujur tubuh mampu membuang fikiran berat dan menjadikannya jernih kembali.

4. Jantung sehat


Olahraga renang terbukti membantu menyehatkan jantung. Dengan berenang sirkulasi darah ke jantung menjadi ancar ditunjang dengan semakin menguatnya otot jantung. Jika Anda tergolong orang yang kesehatan jantungnya terganggu silakan lakukan terapi kesehatan jantung dengan renang dalam waktu tidak terlalu lama tapi sering.
[baca juga : olahraga yang aman untuk ibu hamil]

Masih banyak manfaat renang bagi kesehatan yang belum kami tulis disini karena saking banyaknya. Jika Anda kurang menyukai olahraga renang, sebaiknya mulailah untuk menyukai olahraga ini karena manfaatnya sangat banyak untuk menjaga kesehatan jasmani maupun rohani. Meskipun sedang hamil olahraga yang satu ini aman asalkan dilakukan dengan hati - hati. Apabila tidak dilakukan dengan hati - hati banyak bahaya mengancam, apa saja bahaya renang untuk ibu hamil itu ?

Bahaya Olahraga Renang untuk Ibu Hamil


Walaupun banyak manfaat namun jangan sampai lengah karena renang yang dilakukan dengan sembrono bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan ibu hamil. Beberapa resiko yang diakibatkan karena renang antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kolam renang yang diberi klorin membahayakan janin


Air kolam renang umumnya diberi klorin agar air kolam tetap terjaga dari berbagai macam mikroorganisme berbahaya seperti bakteri dan ganggang. Penggunaan klorin pada air kolam memang bertujuan baik, tapi bagi ibu hamil kandungan klorin tersebut berefek kurang baik bagi janin karena janin masih sangat sensitif terhadap bahan kimia.

Menurut penjelasan para ahli kesehatan, kandungan klorin pada air kolam bisa memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Bagi janin klorin sangat tidak baik karena bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit seperti alergi etopic. Oleh sebab itu, jika Anda ingin berolahraga renang tanyakan dulu kepada pertugas kolam renang apakah airnya diberi zat kimia atau tidak. Jika diberi, sebaiknya urungkan niat renang Anda demi menjaga kesehatan sang buah hati.

2. Ibu hamil alami dehidrasi


Renang adalah olahraga air yang membutuhkan banyak gerak karena jika tidak bergerak tubuh bisa tenggelam. Berhubung dilakukan di dalam air, walaupun banyak gerak tapi ibu hamil tidak merasa haus sama sekali, padahal ibu hamil sangat banyak membutuhkan cairan. Itulah alasan mengapa ibu hamil yang melakukan olahraga renang mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Dehidrasi yang dialami ibu hamil saat masih dalam keadaan berenang cukup berbahaya karena membuat ibu hamil mengalami kram otot bahkan pingsan di dalam kolam renang. Oleh sebab itu dianjurkan bagi ibu hamil yang akan melakukan olahraga renang supaya membawa teman pendamping untuk mengantisipasi hal buruk yang akan terjadi.

3. Bahaya renang salah teknik


Olahraga renang memang banyak manfaatnya tak terkecuali bagi ibu hamil, namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua teknik gerakan renang aman dilakukan oleh ibu hamil. Gerakan renang yang diperbolehkan untuk ibu hamil adalah gerakan yang nyaman, tenang dan pelan. Sedangkan gerakan yang tidak boleh diterapkan oleh ibu hamil adalah gerakan yang membuat tubuh terguncang keras dan gerakan yang banyak hentakan.

Gaya berenang yang boleh dilakukan oleh ibu hamil misalnya adalah gaya bebas dan gaya dada sebab kedua gaya renang ini tidak banyak mengeluarkan energi dan tidak banyak gerak pada bagian pinggang dan perut. Sedangkan gaya punggung tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil karena membuat bagian tubuh ibu hamil bagian bawah banyak tertekan.

4. Infeksi


Jika Anda ingin melakukan olahraga renang usahakan melakukannya pada kolam renang dengan air yang benar - benar bersih dan higenis, sebab jika air kolam renang tidak bersih dan mengandung kuman bisa mengakibatkan infeksi. Infeksi yang menyerang ibu hamil juga berdampak buruk pada kesehatan dan tumbuh kembang janin.
[baca juga : makanan sehat untuk ibu hamil muda]

Tips Renang Aman untuk Ibu Hamil


Untuk mendapatkan manfaat renang dan menghindari bahaya akibat renang Anda perlu melakukan beberapa tips yang telah kami rangkum di bawah ini :
  • Lakukan gerakan renang dengan pelan untuk menghindari guncangan rahim
  • Minum minimal segelas air putih sebelum berenang agar tidak dehidrasi
  • Lakukan olahraga renang di pagi hari
  • Jangan terlalu lama melakukan olahraga ini
  • Pakai sendal renang agar tidak sampai terpeleset
  • Jangan teruskan jika sudah merasa lelah
  • Pastikan air kolam bersih dan higenis

Itulah bahaya dan manfaat renang untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui agar tidak sembarangan dalam melakukan olahraga. Semoga informasi ini bermanfaat..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top