Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

Minuman yang baik untuk ibu hamil - Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat berpengaruh pada kesehatan dan tumbuh kembang janin. Jika ibu hamil melakukan program diet tanpa mempertimbangkan asupan nutrisi maka bisa berpengaruh pada kesehatan dan tumbuh kembang janin baik mental maupun fisiknya.

Minuman juga mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan janin. Kekurangan minuman bisa mengakibatkan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh ). Dehidrasi akan menjadi lebih parah saat usia kehamilan Anda baru memasuki trimester pertama karena pada usia itu ibu hamil nasih mengalami morning sickness (mual dan muntah).

Saran terbaik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin adalah supaya selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum. Lalu minuman apa saja yang baik untuk ibu hamil itu ?? silakan simak penjelasan yang telah kami rangkum di bawah ini

Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil Muda
source of pixabay

Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil


Selama menjalani kehamilan sebaiknya hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol, bersoda dan berkafein. Selain itu ibu hamil hendaknya tidak sembarangan minum jus buah yang banyak dijual di pasaran karena beresiko terkontaminasi bakteri berbahaya. Jika Anda ingin minum jus sebaiknya buat jus sendiri dari bahan - bahan yang berkualitas. Info selengkapnya silakan baca [jus buah yang baik untuk ibu hamil muda]

Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh sebaiknya ibu hamil memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas tiap hari. Manfaat air putih bagi ibu hamil selain menjaga kesehatan tubuh juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit serta mencegah terjadinya infeksi saluran kencing. Selain air putih ibu hamil perlu mengkonsumsi minuman berikut ini untuk menjaga kesehatan

Minum Teh Hijau


Perbedaan pendapat para pakar kesehatan tentang manfaat teh hijau bagi ibu hamil sampai sekarang masih belum ada kepastian. Ada sebagian pakar yang menyebutkan bahwa teh hijau tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil, namun sebagian yang lain mengatakan kalau teh hijau baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Dari beberapa sumber yang telah kami baca bisa disimpulkan bahwa teh hijau termasuk minuman yang baik untuk ibu hamil selama dikonsumsi dengan batas wajar.

Teh hijau bermanfaat untuk ibu hamil sebagai antioksidan dan mengurangi stress. Dalam sehari jangan sampai minum teh hijau lebih dari 2 gelas karena teh hijau memiliki kandungan kafein sehingga tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Minum teh hijau setiap hari satu gelas cukup baik untuk ibu hamil guna menjaga kesehatan  tubuh.

Susu baik dikonsumsi ibu hamil


Minuman paling dianjurkan untuk ibu  hamil adalah susu karena susu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama kalsium. Selain mengandung banyak kalsium susu juga mengandung serotonin yang cukup baik untuk ibu hamil sebagai zat penenang alami. Walaupun baik untuk ibu hamil namun jangan sembarangan dalam mengkonsumsi produk susu. Pilihlah susu yang bagus untuk ibu hamil dengan mengacu penjelasan yang telah kami tulis pada artikel berjudul [susu ibu hamil muda yang bagus]]

Wedhang Jeruk


Jeruk adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Wedhang jeruk sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga tubuh dari serangan infeksi. Selain rasanya segar, wedhang jeruk mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga badan tetap sehat dan bugar.

Minum Air Kelapa


Air kelapa memang kelihatan biasa namun kenyataannya air kelapa memiliki banyak manfaat bagi manusia termasuk ibu hamil. Air kelapa muda mempunyai kandungan mineral mikro yang sangat tinggi sehingga bermanfaat bagi ibu hamil untuk mengatasi fluktuasi tekanan darah. Menjelang persalinan tekanan darah ibu hamil yang semakin tinggi bisa dinetralisir dengan minum air kelapa muda.

Teh Jahe


Jahe adalah salah satu bahan jamu jenis empon -empon yang banyak dijumpai di pedesaan. Jahe sejak zaman dahulu telah dipercaya sebagai salah satu tanaman obat untuk segala umur. Teh yang dimasuki dengan jahe geprek sangat cocok bagi ibu hamil untuk mengatasi mual dan muntah. Mual dan muntah biasa dialami oleh ibu hamil ketika usia kehamilan baru trimester pertama (3 bulan pertama). Silakan lanjutkan membaca info lengkap tentang obat alami pengusir mual muntah pada artikel kami dengan judul [cara mengatasi mual sat hamil muda]

Jus Sayuran


Sayuran adalah salah satu sumber nutrisi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil. Selain bisa dikonsumsi dengan cara dimasak, sayuran juga bisa dibuat jus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Untuk membuat jus sayur sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih sayur dan cuci hingga bersih sebelum sayuran diblender.

Minum Air Putih


Jangan abaikan air putih, karena air putih sangat berperan dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Jika ibu hamil sampai kekurangan cairan dan tidak segera dipenuhi kebutuhan cairan tubuhnya maka bisa berakibat fatal bagi ibu dan janin dalam kandungannya. Air putih memang terasa hambar, namun jangan sampai tidak mau minum air putih.

Itulah minuman yang baik untuk ibu hamil. Semoga info singkat ini mengandung banyak manfaat bagi Anda. Tetap lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin minimal sebulan sekali ke dokter atau bidan terdekat agar keluhan - keluhan kehamilan bisa teratasi dengan secepatnya.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top