Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil Muda

Olahraga yang aman untuk ibu hamil perlu dilakukan oleh semua ibu hamil selama menjalani kehamilan agar tubuh tetap sehat tegar dan bugar. Meski olahraga sangat penting bagi ibu hamil namun jangan sembarangan dalam memilih jenis olahraga karena ada beberapa jenis olahraga yang tidak aman bagi janin.

Jenis olahraga extreem tidak perlu dilakukan oleh ibu hamil karena tidak aman bagi janin. Tidak jarang ibu hamil yang mengalami keguguran gara - gara melakukan aktifitas olahraga extreem. Ketika sedang hamil lakukan olahraga yang ringan ringan saja, yang penting dilakukan dengan rutin dan teratur.

Olahraga secara rutin dan teratur tidak hanya penting untuk menjaga kebugaran tubuh ibu tapi juga bermanfaat bagi janin untuk membantu tumbuh kembangnya. Dengan berolahraga hati ibu hamil menjadi lebih tenang dan fikiran lebih fress sehingga tubuh ibu hamil tetap fit. Olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil tentu berbeda dengan olahraga orang yang tidak sedang hamil. Oleh karena itu, kali ini kami akan tuliskan beberapa jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil.

Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil Muda
source of pixabay

Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil


Olahraga adalah merupakan serangkaian aktifitas yang dilakukan dengan tujuan agar tubuh tetap sehat baik jasmani maupun rohani. Serangkaian aktifitas yang termasuk jenis olahraga antara lain adalah :
  • Sepak bola
  • Senam
  • Fitness
  • Tenis
  • Renang
  • dan lain - lain
Selain olahraga yang dilakukan secara fisik diatas, ada olahraga yang dilakukan untuk mengasah fikiran atau rohani seseorang seperti catur, senam yoga dan lain sejenisnya.
[baca : tips hamil sehat dan cantik]

Pada dasarnya olahraga itu sangat baik dilakukan oleh semua orang tak terkecuali ibu hamil. Akan tetapi jika Anda sedang hamil jangan sembarangan dalam memilih jenis olahraga karena bisa mengancam keselamatan janin. Oleh sebab itu, penting kiranya kami sajikan informasi kepada Anda mengenai beberapa jenis olahraga yang aman. Berikut ulasannya :

1. Olahraga Renang


Renang termasuk salah satu olahraga yang membuat tubuh menjadi rileks dan nyaman. Dengan berenang ibu hamil bisa bergerak dengan leluasa di dalam air sembari mengatur pernafasan, denyut jantung pun akan bekerja lebih optimal. Renang cukup aman dilakukan oleh ibu hamil karena tidak banyak menguras energi dan perut tidak mendapatkan tekanan.

2. Olahraga Jalan Santai


Jalan santai adalah salah satu jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil dan mudah dilakukan dengan biaya sangat murah. Menurut penuturan beberapa akar kesehatan, jalan santai merupakan olahraga terbaik buat ibu hamil. Dengan jalan santai jantung ibu bisa bekerja lebih sehat dan jantung janin semakin terlatih untuk bekerja. Meski baik, aman dan murah namun ibu hamil jangan terlalu banyak berjalan kaki karena bisa mengakibatkan kaki bengkak.
[baca : tips atasi kaki bengkak saat hamil]

3. Senam Kegel


Senam kegel adalah salah satu jenis olahraga senam peregangan otot yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk menguatkan otot panggul, otot sekitar rahim, uretra, rektum dan kandung kemih. Dengan melakukan senam kegel ibu hamil akan terbantu dalam proses persalinannya. Untuk melakukan senam kegel Anda cukup melakukannya sebentar dengan berdiri atau duduk.

4. Menari


Menari juga bisa dikategorikan sebagai olahraga yang aman untuk ibu hamil. Meskipun menari kelihatannya hanya untuk menyalurkan hobi tapi ternyata bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Ibu hamil bisa menari untuk menjaga kesehatan tapi jangan terlalu berlebihan dan jangan lakukan gerakan yang terlalu ekstreem. Menari santai sambil mengatur pernafasan dengan baik bisa membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih rileks, tenang dan senang.

5. Senam Yoga


Tak bisa dipungkiri bahwa selama menjalani kehamilan ibu hamil sering mengalami perubahan mood, emosi, sensitif, mudah marah dan lain lain. Apalagi jika ibu hamil menghadapi masalah yang cukup besar, mood ibu hamil menjadi kacau sehingga berdampak pada janin dalam kandungan. Senam yoga sangat cocok dilakukan oleh ibu hamil untuk mendapatkan ketenangan dan menjaga mood tetap santai. Senam yoga tidak memerlukan banyak gerak sehingga aman dan nyaman dilakukan oleh ibu hamil.

6. Sepeda statis


Sepeda statis juga aman dilakukan oleh ibu hamil selama tidak melakukannya dengan berlebihan. Lakukan olahraga sepeda statis sekitar 10 menit saja dalam sehari, tidak usah terlalu lama. Sepeda statis aman bagi ibu hamil karena sepeda hanya diam di tempat, berbeda dengan olahraga sepeda santai yang perlu melewati jalan tertentu. Sepeda santai kurang aman dilakukan oleh ibu hamil karena ibu hamil sangat rawan dengan guncangan.

7. Senam jongkok


Dengan melakukan senam jongkok otot paha ibu hamil menjadi kuat. Selain menguatkan otot paha, senam jongkok membantu melatih peregangan otot panggul sehingga jika sudah sampai waktunya persalinan bisa berjalan dengan lancar. Senam jongkok sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil ketika usia kandungan telah memasuki trimester ketiga. Praktek senam jongkok adalah :
  • Berdiri
  • Turunkan badan perlahan lahan sampai dengan posisi jongkok
  • Tahan selama 10 detik
  • Berdiri lagi dengan perlahan sampai dengan posisi berdiri tegak
  • Ulangi gerakan tersebut beberapa kali saja yang penting rutin

8. Latihan memiringkan panggul


Latihan ini termasuk olahraga yang aman dan bermanfaat untuk ibu hamil terutama ketika usia kandungan telah memasuki trimester ketiga. Dengan melakukan latihan ini, sakit pinggang yang biasa dialami oleh ibu hamil akan teratasi dan memudahkan persalinan ketika telah tiba saatnya. Adapun cara melakukannya adalah :
  • Posisikan tubuh merangkak dengan posisi kepala sejajar dengan punggung
  • Dongakkan kepala keatas
  • Ambil nafas perlahan dan buang dengan perlahan pula

Olahraga yang aman untuk ibu hamil diatas hanyalah beberapa contoh saja, lainnya bisa Anda simpulkan sendiri. Intinya olahraga yang aman untuk ibu hamil adalah olahraga ringan, tidak menimbulkan guncangan tubuh terlalu keras dan tidak ekstreem. Semoga dengan melakukan olahraga secara rutin kandungan bunda terus diberi kesehatan sampai tiba saatnya persalinan nanti.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top