Pentingnya Vitamin D untuk Ibu Hamil

Vitamin D untuk ibu hamil - Kehamilan adalah salah satu moment paling ditunggu oleh pasangan suami istri setelah menikah. Ketika tanda kehamilan mulai muncul, ibu hamil harus segera memastikan kehamilan dengan menggunakan testpack atau periksa ke dokter. Jika hasilnya positif, sebaiknya ibu hamil segera memperlakukan kehamilan dengan baik agar tidak da masalah kehamilan yang menghadang.

Salah satu cara merawat kehamilan yang perlu dilakukan oleh ibu hamil adalah mensuply tubuh dengan vitamin D karena ibu hamil yang kekurangan asupan vitamin D memperbesar resiko bayi lahir cacat. Tidak hanya resiko cacat lahir, ibu hamil yang kekurangan vitamin D bisa mendapati bayinya terkena serangan penyakit riketsia.

Vitamin D sangat penting bagi kehidupan manusia tak terkecuali ibu hamil sebagai salah satu vitamin yang bermanfaat untuk membantu penyerapan fosfat dan kalsium dalam tubuh dalam rangka membantu pembentukan tulang yang kuat dan tidak rapuh. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat bagi tubuh untuk membantu pertumbuhan sel, menguatkan otot, menguatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu produksi hormon tertentu.

Pentingnya Vitamin D untuk Ibu Hamil
source of pixabay

Ibu hamil yang kekurangan vitamin D rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit dan masalah kehamilan antara lain :
  • Diabetes gestasional
  • Komplikasi kehamilan termasuk pre-eklampsia
  • Resiko infeksi meningkat
  • Persalinan prematur
Oleh karena itu, ibu hamil perlu mensuply tubuh dengan vitamin D yang cukup. Mestinya Anda masih bertanya - tanya " dari mana vitamin D bisa didapat ??" Silahkan lanjut membaca untuk menemukan jawabannya

Sumber Vitamin D yang bagus untuk Ibu Hamil


Vitamin D yang bagus untuk ibu hamil itu adalah vitamin D yang bersumber dari sinar matahari dan beberapa jenis makanan. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu :

Vitamin D dari Sinar Matahari


Ibu hamil bisa memperoleh asupan vitamin D dengan mudah dan aman dari paparan sinar matahari terutama di pagi hari. Para ahli merekomendasikan kepada kita untuk berjemur di bawah sinar matahari paling tidak 20 menit dalam sehari untuk mensuply vitamin D tubuh. Banyak orang yang tidak mau berjemur dibawah sinar matahari karena takut kulitnya menjadi hitam, namun karena vitamin D sangat penting,  ibu hamil seharusnya tetap melakukannya. Jika Anda masih ragu maka berjemurlah diwaktu pagi dan tidak usah terlalu lama.

Vitamin D dari Makanan


Selain dari sinar matahari, vitamin D bisa juga diperoleh dari berbagai macam jenis makanan. Menurut sebagian besar ahli gizi, makanan yang banyak mengandung vitamin D adalah kuning telur, ikan segar dan daging merah. Memang jenis makanan tersebut sangat baik sebagai penyumbang nutrisi ibu hamil, namun hati - hati dalam mengkonsumsinya karena makanan tersebut terkadang mengandung bakteri yang membahayakan janin.
[baca : telur buat ibu hamil, bermanfaat atau berbahaya ?]

Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil


Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa vitamin D sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menyerap kalsium sehingga vitamin D begitu berperan dalam mencegah gangguan otot dan tulang. Menurut penjelasan dari lembaga survei kesehatan ibu hamil, hampir 3/4 ibu hamil tidak mengetahui betapa pentingnya vitamin D baginya dan tidak tahu jika wanita hamil itu sangat rentan terhadap kekurangan vitamin D. Sekitar 2/3 ibu hamil tidak mengetahui bahwa vitamin D bisa diperoleh dari paparan sinar matahari.

Ibu hamil yang kekurangan viatmin D bisa menyebabkan riketsia pada janinnya. Riketsia yaitu salah satu jenis gangguan tulang yang menjadikan tulang menjadi ringkih dan keropos. Sedangkan bagi sang ibu kekurangan vitamin D bisa menyebabkan osteomalasia, tulang nyeri dan linu serta otot lemah. Vitamin D bisa diperoleh ibu hamil dari sinar matahari dan beberapa jenis makanan seperti ikan, telur, margarin dan susu.
[baca : susu ibu hamil muda yang bagus untuk dikonsumsi]

Ada sebagian Negara yang sinar mataharinya tidak maksimal rela memberikan suplemen vitamin D secara gratis kepada semua ibu hamil dan menyusui. Adapun di Negara kita tercinta suplemen vitamin untuk ibu hamil bisa diperoleh di puskesmas atau posyandu terdekat dengan gratis. 

Vitamin D untuk ibu hamil perlu diperhatikan oleh setiap pasangan suami istri agar kesehatan ibu dan janin bisa selalu terjaga hingga mampu menjalani persalinan dengan lancar. Semoga informasi singkat ini bermanfaat


==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top