Sakit Kepala Semasa Mengandung, Apa Obatnya ?

Sakit kepala semasa mengandung - Di awal kehamilan seorang wanita akan mengalami banyak keluhan seperti mual disertai muntah, keluar bercak darah, kram perut dan pusing. Keadaan tersebut terjadi karena perubahan hormon ibu hamil yang meningkat tajam. Bagi orang yang biasa (tidak hamil) sakit kepala bisa diatasi dengan mudah, yaitu dengan mengkonsumsi obat pereda pusing.

Namun ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi obat pusing sembarangan karena janin masih sangat sensitif. Oleh sebab itu, cara paling tepat dan aman untuk mengatasi sakit kepala ibu hamil adalah dengan cara alami. Dengan melakukan cara alami sakit kepala (pusing) semasa mengandung bisa diredakan bahkan bisa disembuhkan.

Sakit kepala yang menyerang ibu hamil tidak perlu ditakutkan karena itu umum dialami oleh ibu hamil akibat perubahan hormon tubuh. Pusing ibu hamil tidak mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang janin dan biasanya akan hilang sendiri menginjak kehamilan trimester kedua.

Sakit Kepala Semasa Mengandung
source of flickr


Penyebab Sakit Kepala Semasa Mengandung


Sakit kepala saat hamil sebenarnya tidak hanya disebabkan karena pengaruh hormon, namun ada banyak faktor pemicunya. Para ahli kesehatan belum bisa menjelaskan secara pasti mengenai penyebab sakit kepala ibu hamil selain karena hormon. Namun ada sebagian pakar kesehatan yang menerangkan bahwa sakit kepala ibu hamil itu terkadang disebabkan karena meningkatnya aliran darah di awal masa kehamilan.
[baca juga : sakit tulang belakang ketika hamil]

Selain itu, kebiasaan yang dihentikan secara mendadak seperti minum kopi, minum teh dan sejenisnya bisa juga menjadi pemicu sakit kepala ibu hamil. Hal lain yang bisa memicu sakit kepala semasa mengandung antara lain adalah sebagai berikut :
  • Dehidrasi
  • Stress
  • Kurang tidur
  • Mual dan muntah
  • Kelaparan karena nafsu makan ibu hamil menurun
  • Letih dan lelah

Cara Mengatasi Sakit Kepala Semasa Mengandung


Jika sakit kepala mengiringi kehamilan Anda silakan lakukan beberapa tips alami berikut ini untuk mengatasinya :

1. Kurangi sakit kepala dengan istirahat cukup


Untuk meredakan sakit kepala, sebaiknya Anda beristirahat cukup. Ketika sakit kepala muncul baringkan badan di tempat yang nyaman dan tidak berisik. Setelah berbaring dengan nyaman silakan pejamkan mata dan nikmati istirahat Anda dengan rileks.

2. Pijat Kepala


Ketika pusing datang, Anda bisa memijit kepala dengan pelan dan lembut untuk mengusirnya. Jika Anda merasa tidak nyaman memijit kepala sendiri, silakan minta bantuan orang lain untuk memijatkan kepala, leher dan pundak Anda. Apabila Anda kesulitan dalam mencari orang yang bisa dimintai bantuan untuk memijat Anda, silakan datang ke tempat pijat profesional untuk mendapatkan pijatan yang enak.

3. Kompres Kepala


Untuk menghilangkan pusing sebenarnya bukan kepala yang dikompres, malainkan anggota badan yang berkaitan erat dengan kepala yaitu jidat, mata, wajah dan leher. Caranya adalah dengan mengompres leher bagian belakang dengan air dingin dan jidat dengan air hangat yang telah dicelupkan pada kain kompres.

Cara Lain untuk Mengatasi Sakit Kepala Semasa Mengandung


Untuk menghilangkan pusing dan sakit kepala saat hamil selain dengan tips di atas Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini :
  • Minum air putih yang banyak
  • Makan cukup dengan porsi kecil tapi sering
  • Hindari stress
  • Olahraga ringan secara teratur
  • Jangan sampai kurang tidur (usahakan bisa tidur siang)
  • Jangan memakai bumbu masakan yang bisa memicu sakit kepala seperti MSG dan sejenisnya

Sakit kepala semasa mengandung memang umum terjadi namun jangan sampai dianggap remeh, apalagi jika sakit kepala tersebut dialami ketika kehamilan telah memasuki usia trimester ketiga. Mengapa demikian ? karena sakit kepala yang dialami saat usia kehamilan trimester ketiga bisa saja menjadi sebuah pertanda kesehatan yang kurang baik seperti tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dan preeklamsia (keracunan kehamilan).
[baca juga : sakit pinggang di awal kehamilan]

Kiat Mengatasi Sakit Kepala Semasa Hamil


Selain beberapa cara di atas, sakit kepala saat hamil bisa dicegah dengan melakukan beberapa kiat di bawah ini :
  • Cari udara segar saat pusing menyerang Anda
  • Jangan biarkan perut lapar
  • Makan porsi kecil namun sering
  • Konsumsi camilan jika perut mulai lapar
  • Minum jus buah atau air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh
  • Rubah posisi dengan hati - hati, misalnya jika Anda sedang tiduran lalu mau duduk jangan dilakukan dengan serta merta

Sakit kepala semasa hamil bisa Anda atasi dengan beberapa tips dan kiat di atas. Jika terpaksa harus minum obat penghilang pusing sebaiknya jangan sembarangan, tapi harus dengan resep dokter. Hal itu dilakukan karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat kimia termasuk zat kimia dalam obat - obatan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top