Sakit Tulang Belakang ketika Hamil, Berbahayakah ?

Sakit tulang belakang ketika hamil -  Tulang belakang terasa sakit saat hamil sebenarnya bukanlah keluhan kehamilan yang mengejutkan, pasalnya mayoritas ibu hamil mengalaminya. Semakin bertambahnya usia kehamilan, keluhan kehamilan pun semakin banyak yang dirasakan, namun jangan khawatir karena semua keluhan tersebut akan segera hilang dengan sendirinya.

Pada kesempatan kali ini, akan kami sajikan informasi seputar tips menghindari dan mengatasi sakit tulang belakang yang dialami oleh ibu hamil mulai dari sikap badan, aktifitas fisik tiap hari dan beberapa terapi ringan untuk mengatasi sakit tulang belakang. Meskipun sakit tulang belakang ini wajar dialami oleh ibu hamil tapi jika tidak segera mendapat penanganan yang benar bisa memperparah keadaan dan membuat aktifitas sehari - hari menjadi tidak nyaman.

Sakit Tulang Belakang ketika Hamil Perlu dicegah dan diatasi


Ketidak nyamanan yang disebabkan karena sakit tulang belakang saat hamil memang umum dialami ibu hamil namun jangan  biarkan keluhan ini mengiringi masa indah kehamilan Anda. Lakukan beberapa tips berikut ini untuk menghindari dan mengatasi sakit tulang belakang ketika hamil :

Sakit Tulang Belakang ketika Hamil,
source of flickr.com

Sikap tubuh ibu hamil yang tepat


Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, berat badan janin semakin hari kian bertambah pesat. Hal ini mengakibatkan gravitasi tubuh ibu hamil cenderung pindah ke bagian depan. Keadaan ini harus Anda sikapi dengan benar, jangan memposisikan badan dengan salah karena bisa menyebabkan beberapa keluhan kehamilan seperti sakit punggung, sakit pinggang dan sakit tulang belakang. Adapun posisi tubuh yang benar adalah sebagai berikut :
  • Berdirilah dengan sikap tegak (tidak condong ke belakang)
  • Usahakan untuk tidak mengatupkan lutut
  • Saat duduk bersandar, usahakan pundak bisa bersandar dengan santai
Selain sikap tubuh di atas, dalam duduk sebaiknya ibu hamil tetap berhati - hati. Usahakan duduk di kursi yang ada sandarannya dan diberi bantal kecil di punggung agar lebih nyaman. Posisi kaki sebaiknya jangan menggantung (harus menempel pada alas / lantai). Setelah Anda merasa lelah duduk maka posisikan diri untuk berdiri dengan baik. Jangan berdiri dalam waktu yang terlalu lama dan luangkan waktu beberapa saat untuk mengistirahatkan kaki. Sikap tubuh yang baik ini selain bisa mencegah sakit tulang belakang, juga bisa mencegah sakit pinggang ketika hamil. Info lengkap mengenai sakit pinggang di saat hamil bisa Anda baca pada artikel kami dengan judul [sakit pinggang di awal kehamilan]

Memakai pakaian yang tepat saat hamil


Untuk menghindari semua sakit tulang belakang saat hamil hendaknya ibu hamil memakai pakaian yang tepat yaitu :
  • Pakai celana dan baju khusus ibu hamil
  • Ikat pinggang rendah
  • Gunakan sabuk khusus ibu hamil
  • Jangan memakai sepatu atau sandal dengan hak tinggi

Ibu hamil sebaiknya mengambil benda dengan benar


Ketika Anda hendak mengambil benda yang berada di bawah, jangan langsung mengambilnya dengan membungkuk, tapi tekuklah salah satu kaki, rendahkan badan dan angkat barang yang hendak diambil. Selain itu ibu hamil jangan mengangkat beban yang terlalu berat karena bisa memperparah sakit tulang belakang.

Tidur miring saat hamil


Posisi tidur juga mempengaruhi munculnya keluhan kehamilan. Sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring, jangan tidur terlentang apalagi tengkurap. Selain itu gunakan bantal yang nyaman untuk ibu hamil dan sebaiknya letakkan juga bantal diantara lutut. Pada saat tidur lutut hendaknya diposisikan dalam keadaan tertekuk.

Gosok punggung dengan sesuatu yang hangat


Ketika sakit tulang belakang mulai terasa alangkah baiknya gosok - gosok punggung dengan sesuatu yang hangat, atau sebaliknya jika keadaan punggung terasa panas gosok - gosok dengan sesuatu yang dingin. Langkah ini tidak bisa Anda lakukan sendiri tapi perlu bantuan orang lain, maka jangan sungkan - sungkan untuk meminta bantuan sang suami untuk melakukan ini.

Olahraga ringan saat hamil


sakit tulang belakang saat hamil bukanlah sebuah penghalang untuk menerapkan pola hidup sehat. Luangkan waktu untuk tetap melakukan olahraga ringan selama kehamilan berlangsung. Konsultasikan kepada dokter sebelum Anda berolahraga untuk memastikan kesehatan Anda benar - benar mampu untuk melakukan aktifitas. Tidak sembarang olahraga bisa dilakukan dengan aman oleh ibu hamil, maka Anda perlu tahu apa saja olahraga yang aman untuk ibu hamil itu ? Silakan kunjungi [olahraga yang aman untuk ibu hamil]

Ibu hamil perlu terapi


Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan sakit tulang belakang adalah dengan melakukan terapi. Dari beberapa macam terapi kesehatan, akupuntur merupakan salah satu terapi yang paling bayak dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi keluhan - keluhan kehamilan termasuk untuk menghilangkan rasa sakit pada tulang belakang.

Sakit tulang belakang ketika hamil berbahayakah ?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu diketahui lebih jelas apa penyebab sakit tulang belakang pada ibu hamil itu. Kalau sakit tersebut terjadi akibat bertambah beratnya janin dalam kandungan berarti itu umum dialami oleh ibu hamil dan tidak membahayakan kesehatan. Namun jika sakit tulang belakang tersebut terjadi karena faktor lain berarti tergantung dari penyebabnya, berbahaya atau tidak.

Agar lebih tepat dalam menangani keluhan kehamilan ini sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan terdekat guna mendapat kepastian apa penyebab sakit tulang belakang Anda. Dokter akan melakukan penanganan tepat setelah melakukan pemeriksaan dan memberikan obat yang aman dikonsumsi ibu hamil.

Sakit tulang belakang ketika hamil tidak perlu Anda takutkan namun jangan dianggap remeh. Sekian informasi singkat yang bisa kami tulis semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai keluhan kehamilan, cara menghindari dan mengatasinya.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top