Tanda Awal Mengandung 1 Minggu Pertama

Tanda awal mengandung 1 minggu - Kehadiran anak di dalam anggota rumah tangga merupakan suatu dambaan pasangan suami istri untuk memperlengkap kebahagiaan dalam berumah tangga. Anugerah Tuhan yang berupa kehamilan tidak bisa dianggap sebagai kenikmatan kecil, faktanya pasangan suami istri yang telah lama menikah namun tidak segera dikarunia anak rela mengeluarkan banyak biaya demi mendapatkan kehamilan.

Tanda awal mengandung adalah perlu diketahui oleh setiap pasangan suami istri agar nantinya kehamilan bisa diperlakukan sebagaimana mestinya sejak awal. Sebenarnya wanita telah dibekali pengetahuan oleh Sang Maha Pencipta tentang tanda kehamilan yang ada pada dirinya meski tanpa menggunakan alat, yaitu terjadinya perubahan diri baik secara psikis maupun secara fisik.

Tanda awal kehamilan umumnya dikenali oleh pasangan suami istri dengan terlambat datang bulan dibarengi dengan mual dan muntah (morning sicknes). Meski demikian,namun untuk mengetahui secara pasti apakah wanita sedang mengandung atau tidak, pasangan suami istri bisa melihat tanda lain yang muncul pada diri ibu hamil sebagai tanda kehamilan awal.

Tanda Awal Mengandung
source of pixabay

Tanda Awal Mengandung 1 Minggu


Wanita yang sedang mengandung akan mengalami perubahan fisik dan psikis sejak minggu awal kehamilan. Semakin banyak tanda kehamilan yang muncul pada diri seseorang maka kemungkinan kehamilan semakin mendekati kepastian. Di antara beberapa tanda wanita mengandung ada yang terlihat jelas dan ada yang tidak begitu jelas. Ada yang bisa dilihat dengan cara medis dan non medis. Informasi selengkapnya silakan kunjungi postingan kami dengan judul [tanda kehamilan secara medis dan non medis]

Ketika tanda kehamilan telah muncul pada diri sang istri, sang suami pasti merasa bahagia. Ketika tanda kehamilan telah muncul sebaiknya segera lakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack atau langsung memeriksakan ke dokter agar kepastian kehamilan segera diketahui. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan bahas tentang tanda wanita mengandung minggu pertama.

Perdarahan Kecil di Awal Kehamilan


Pada awal kehamilan biasanya ibu hamil mengeluarkan bercak darah dari jalan lahir yang diakibatkan karena pendarahan implantasi (implantation bleeding). Implantation bleeding adalah proses menempelnya embrio pada dinding rahim yang mengakibatkan keluarnya bercak darah dari jalan lahir disertai dengan kram ringan. Bercak darah yang keluar akibat pendarahan implantasi ini berbeda dengan darah haid dari segi warna dan volume. Darah haid umumnya keluar dengan volume lumayan banyak,sedangkan pendarahan implantasi hanya sedikit. Jika Anda mengalami pendarahan kecil dengan disertai tanda kehamilan lain kemungkinan besar Anda sedang mengandung.

Kram Perut


Tanda wanita mengandung 1 minggu pertama berikutnya adalah kram perut yang terasa melilit namun tidak terlalu sakit dan terjadinya tidak terus - terusan. Kebanyakan wanita hamil mengalami kram perut pada awal kehamilannya hampir mirip dengan kram perut jelang haid. Kram perut ini terjadi karena proses implantation bleeding (menempelnya embrio pada didnding rahim)

Mual dan Muntah (Morning Sickness)


Sebagai tanda awal wanita mengandung biasanya mereka mengalami morning sickness (mual disertai muntah). Morning sickness umumnya selalu menemani kehamilan di usia 3 bulan pertama dan akan hilang dengan sendirinya memasuki usia kehamilan trimester kedua. Pada umumnya morning sickness terjadi pada pagi hari, namun sebagian orang ada yang mengalaminya tanpa mengenal waktu. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat mual di awal kehamilan karena bisa membahayakan keselamatan janin. Sebaiknya lakukan tips - tips sederhana untuk mengatasinya secara alami. Silahkan baca informasi lengkapnya pada artikel kami dengan judul [cara mengatasi mual saat hamil muda]

Sering Buang Air Kecil


Sebagai salah satu tanda wanita sedang mengandung adalah frekuensi kencing meningkat. Hal ini disebabkan karena cairan tubuh ibu hamil meningkat tajam sehingga dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, frekuensi buang air kecil ibu hamil semakin meningkat karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang semakin membesar. Sering buang air kecil bukanlah sebuah tanda kehamilan yang akurat karena sering buang air kecil terkadang terjadi karena faktor lain.

Mudah Lelah


Memang setiap orang pasti mengalami lelah setelah melakukan berbagai macam aktifitas, namun berbeda dengan wanita hamil, mereka akan merasakan letih lelah meskipun tidak habis melakukan aktifitas berat. Mudah lelah bisa saja diakibatkan oleh kehamilan sehingga salah satu tanda wanita mengandung minggu awal adalah tubuh terasa letih dan lelah. Tanda ini juga tidak begitu akurat karena banyak juga orang yang mengalami letih lelah karena sebab lain. Oleh sebab itu untuk memastikan kehamilan silakan amati perubahan tubuh, apakah ada tanda kehamilan lainnya atau tidak.

Itulah tanda wanita mengandung 1 minggu pertama yang bisa kami rangkum pada artikel ini. Selain tanda hamil di atas sebetulnya masih banyak tanda kehamilan lainnya yang tidak bisa kami tulis pada kesempatan kali ini. Silakan lengkapi info seputar kehamilan Anda dengan memperbanyak berkunjung ke blog ini. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top