Cara Mengatasi Sakit Punggung saat Hamil Paling Aman

Cara Mengatasi sakit punggung saat hamil perlu diketahui oleh pasangan suami istri, pasalnya keluhan ini kerap dialami oleh kebanyakan wanita terutama ketika memasuki usia kehamilan trimester kedua. Hal ini menyebabkan ibu hamil kurang nyaman dalam beraktifitas bahkan dalam beristirahat sekalipun. Rasa nyeri ini bisa Anda rasakan terlalu sakit terutama ketika sedang membungkuk, bangun dari tidur, mengangkat beban, berdiri dari duduk dan berjalan dalam waktu yang lama.

Walaupun banyak dikeluhkan oleh ibu hamil, namun Anda jangan tinggal diam saat menjumpai keadaan ini. Mengapa ? karena jika keadaan ini dibiarkan berlarut bisa membuat masa kehamilan terganggu bahkan bisa sakit. Jika sampai ibu hamil sakit, janin dalam kandungan pun ikut mendapat efek yang kurang baik.

Maka dari itu, ketika usia kehamilan Anda telah memasuki bulan ke 4 dan punggung mulai terasa sakit sebaiknya segera lakukan langkah - langkah sederhana untuk mengatasinya. Apa saja tips yang dianjurkan untuk meringankan keluhan tersebut ? baca artikel ini sampai selesai untuk menemukan jawabannya, namun sebelumnya jika di bulan keempat Anda mengalami sakit tulang belakang silakan baca dulu [penyebab dan cara mengatasi sakit tulang belakang ketika hamil] 
Cara Mengatasi Sakit Punggung saat Hamil
sourceof pixabay

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil Itu ?


Saat punggung Anda mulai terasa sakit, jangan tinggal diam, segera bertindak untuk mengatasinya meski dengan langkah sederhana. Perlu Anda tahu bahwa ibu hamil yang mengalami keluhan ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Hormon

Tulang manusia antara satu dengan yang lain terikat kuat oleh ligamen. Peningkatan hormon relaxin pada tubuh ibu hamil membuat ligamen tulang menjadi rileks dan persendian menjadi agak longgar guna mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan. Keadaan inilah yang akhirnya membuat punggung anda terasa sakit

2. Meningkatnya Berat Badan Seiring Perkembangan Bayi

Jangan heran jika berat badan Anda meningkat saat usia kehamilan mulai memasuki bulan keempat. Penambahan berat badan membuat tulang belakang semakin terbebani, wal hasil tulang belakang dan tulang punggung bagian bawah terasa nyeri. Selain itu, perkembangan janin yang semakin besar menekan pembuluh darah dan syaraf di bagian punggung dan panggul yang berakhir dengan rasa sakit di area tersebut.

3. Perubahan Postur Tubuh dan Stress

Rasa nyeri pada bagian punggung bisa juga diakibatkan karena perubahan postur tubuh. Keadaan ini membuat pusat grafitasi tubuh bergeser, akibatnya nyeri punggung tak terhindarkan. Selain itu, stress juga bisa menjadi penyebab keluhan ini karena fikiran stress membuat otot tubuh tegang dan nyeri.

Tips Mengatasi Sakit Punggung

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri di bagian punggung. Lakukan beberapa cara di bawah ini agar keluhan Anda segera teratasi.
Eitss.. nanti dulu, kami perlu memastikan dulu, apakah Anda benar - benar mengalami sakit di bagian punggung atau di bagian pinggang ??
Jika sakit pinggang baca ini ya ==> ["sakit pinggang saat hamil muda dan cara mengatasinya"]
Adapun untuk sakit punggung tips mengatasinya adalah sebagai berikut :

1. Pijat Lembut Area punggung

Jangan takut untuk memijit pelan bagian punggung yang terasa nyeri karena cara ini terbukti sangat amuh untuk meredakan sakit punggung saat hamil dengan aman. Anda bisa minta tolong kepada suami, adik, kakak atau anggota keluarga yang lain untuk melakukannya sebab Anda tidak mungkin melakukannya sendiri.

2. Kompres Punggung

Jika nyeri punggung datang Anda bisa meredakannya dengan mengompres pakai handuk yang telah dicelupkan pada air es. Biarkan handuk menempel pada punggung kira kira 15 menit lalu angkat. Setelah itu celupkan handuk pada air hangat lalu gunakan untuk mengompres punggung kurang lebih 15 menit. Selain aman, tips ini banyak dilakukan oleh ibu hamil dan hasilnya cukup memuaskan.

3. Hati Dati Dalam Beraktifitas

Bukan berarti ibu hamil yang tidak punya keluhan nyeri punggung boleh bergerak bebas tanpa harus berhati - hati. Ketika Anda sedang berdiri dan hendak mengambil barang yang ada di bawah, jangan sekali - kali melakukannya dengan membungkukkan badan karena bisa memperparah rasa sakit. selain itu sebaiknya Anda tidak duduk dan berdiri terlalu lama. Saat lagi, posisi tidur usahakan menyamping dengan bantal di punggung bawah dan di antara lutut.

4. Olahraga Teratur

Walaupun perut semakin besar namun jangan takut untuk berolahraga karena dengan berolahraga tubuh menjadi bugar dan peredaran darah semakin lancar. Karena ada keluhan di bagian punggung, sebaiknya Anda memilih jenis olahraga yang ringan saja seperti senam yoga, senam pernafasan, lari kecil dan sejenisnya.

5. Meluruskan Punggung

Nyeri punggung yang tiba - tiba datang jangan dibiarkan, coba luruskan punggung untuk meredakannya. Caranya luruskan tulang punggung kemudian turunkan kepala agar pundak dan leher rileks.
Note : lakukan cara ini dengan hati - hati, jangan sembrono dan ulangi beberapa kali.

6. Akupuntur

Terapi yang aman dilakukan oleh ibu hamil meringankan nyeri punggung saat hamil salah satunya adalah akupuntur. Sebaiknya Anda memilih orang yang benar - benar ahli di bidang akupuntur agar tidak sampai terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Itulah cara mengatasi sakit punggung saat hamil paling aman karena tidak memasukkan bahan berbahaya dalam tubuh. Apabila sakit punggung tak kunjung sembuh silakan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan resep obat yang aman untuk janin dan ibu. Sekian dan terima kasih...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top