Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Kebutuhan vitamin ibu hamil harus terpenuhi agar janin dapat tumbuh berkembang dengan baik. Jika kebutuhan vitamin tidak bisa Anda dapatkan dari makanan, Anda bisa mengkonsumsi suplemen kehamilan atas resep dokter. Selama hamil, sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi makanan bervitamin agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.

Vitamin dan mineral yang terdapat dalam makanan sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Walaupun sudah banyak mengkonsumsi makanan bergizi terkadang ibu hamil masih kekurangan nutrisi karena saking banyaknya kebutuhan gizi yang diperlukan. Itulah alasan mengapa ibu hamil masih memerlukan suplemen kehamilan dalam menjalani masa kehamilannya.

Beberapa hari yang lalu kami telah membahas mengenai nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil khususnya dari sayur, buah dan jenis makanan lainnya. Kali ini kami akan sedikit mengulas tentang vitamin ibu hamil yang diperoleh dari suplemen kehamilan. Jika Anda belum membaca tentang nutrisi ibu hamil dari yang bersumber dari makanan silakan menuju ke link berikut
nutrisi kehamilan trimester pertama
Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil
source of pixabay

Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil dalam Suplemen Kehamilan


Dokter dan Bidan memberikan suplemen kehamilan itu bukan tanpa alasan, ada alasan kuat yang mengharuskan ibu hamil mengkonsumsi suplemen kehamilan. Bunda hamil perlu tambahan vitamin walaupun telah mengkonsumsi banyak makanan bergizi, pasalnya janin dalam rahim perlu banyak nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Ibu hamil yang kekurangan vitamin tertentu bisa mengakibatkan pertumbuhan janin terhambat. Sebenarnya  vitamin apa saja yang terkandung dalam suplemen kehamilan itu ? 

1. Asam Folat

Suplemen kehamilan harus mengandung asam folat, karena janin sangat memerlukannya untuk membantu perkembangan sistem syaraf. Jika kebutuhan janin akan asam folat sampai kurang akibatnya adalah cacat pada sistem syaraf. Suply asam folat harus segera dilakukan oleh ibu hamil minimal sejak usia kehamilan 4 minggu, karena di usia itu janin sudah mulai berkembang. Hal inilah yang sering terlalaikan oleh ibu hamil sebab mereka belum menyadari kehamilan yang dialaminya. Ibu hamil memerlukan asam folat tiap hari minimal 400 mikrogram sehingga tak berlebihan jika dokter memberikan suplemen kehamilan guna memenuhi kebutuhan tersebut. Selain mengkonsumsi suplemen kehamilan, sebaiknya ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan berfolat tinggi. Apa saja makanan yang banyak mengandung asam folat ?
baca : makanan yang mengandung asam folat tinggi
2. Vitamin D dan Kalsium

Kedua vitamin ini mempunyai kaitan erat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil.  Khusus untuk ibu hamil, kebutuhan kalsium yang harus dipenuhi  tiap harinya adalah 200 - 300 mikogram, sedangkan vitamin D cukup 10 mikogram perhari. Tubuh manusia memerlukan kalsium dan vitamin B untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, sedangkan pada ibu hamil kebutuhan kalsium dan vitamin D sangat berperan dalam membantu proses pembentukan tulang dan gigi janin. Oleh sebab itu ibu hamil memerlukan kalsium dan vitamin D lebih banyak daripada orang yang tidak hamil. Suplemen kehamilan dibuat dengan tujuan mencukupi kebutuhan vitamin ibu hamil, maka ibu hamil tidak boleh hanya mengandalkan suplemen kehamilan, ibu hamil masih perlu mengkonsumsi makanan bergizi tiap hari.Beberapa makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D antara lain adalah susu, daging, telur, sarden, tempe, tahu dan aneka jenis kacang - kacangan.

3. Zat Besi

Zat besi sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu proses pembentukan sel darah merah, sedangkan darah merah berperan dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh dan kepada janin. Ibu hamil yang kekurangan zat besi akan mengalami anemia (kurang darah), sehingga membuat ibu hamil merasa lemas, lelah dan pusing terus terusan, bahkan ada yang sampai jatuh pingsan. Resiko kekurangan zat besi bagi janin adalah kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Sebaiknya ibu hamil mulai mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti buah kering, sayur hijau dan kacang - kacangan agar kebutuhan zat besi terpenuhi.

Detail tentang kandungan suplemen ibu hamil adalah sebagai berikut :
  • Vitamin C 50mg
  • Zat besi 30mg
  • Asam Folat 400-800mg
  • Kalsium 250mg
  • Vitamin B6 2mg
  • Vitamin D 400
  • Tembaga 2mg
  • Zink 15mg
NB : Sebaiknya suplemen kehamilan Anda konsumsi atas resep dokter atau bidan agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.
Kebutuhan vitamin ibu hamil memang harus terpenuhi, namun jangan sampai hanya mengandalkan suplemen kehamilan, apalagi mengkonsumsinya dengan dosis terlalu banyak. Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi adalah langkah tepat yang paling direkomendasikan oleh pakar kesehatan. Apabila ada keluhan kehamilan yang Anda rasakan segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan janin.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top