Manfaat Salak Bagi Ibu Hamil Apa Saja ?

Manfaat salak bagi ibu hamil - Negara kita adalah Negara yang banyak menghasilkan aneka macam buah - buahan tak terkecuali buah salak. Buah ini tergolong dalam kategori tumbuhan jenis palem namun buahnya enak untuk dikonsumsi dan hampir semua orang menyukainya. Jika Anda perhatikan buah ini, pasti Anda menjumpai keunikan pada kulit buahnya yang keras bersisik laksana kulit naga.

Walaupun kulitnya kasar tapi jangan salah sangka dengan rasa daging buahnya, karena daging buah salak ini ternyata begitu nikmat. Buah salak memiliki biji yang keras berwarna coklat dan tidak enak untuk dimakan. Bagi Anda yang suka mengkonsumsi buah ini, Anda tidak perlu takut kehabisan stock karena buah salak merupakan salah satu jenis buah tak kenal musim.

Konsumsi buah salak bisa dilakukan oleh siapa saja tak terkecuali ibu hamil, namun ada mitos yang tersebar di masyarakat bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi buah salak karena bisa membuat anaknya terlahir dengan kulit bersisik seperti ular. Mitos ini tidak lah benar, karena tidak ada hubungan antara penyakit kulit dan buah salak, justru buah salak ini mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil. Beberapa manfaat akan kami share kepada Anda agar tidak ada lagi keraguan dalam mengkonsumsi buah - buahan saat hamil. Mengenai berbagai macam mitos ibu hamil silakan baca pada [mitos seputar kehamilan era modern]
Manfaat Salak Bagi Ibu Hamil
source of pixabay

Manfaat Salak Bagi Ibu Hamil


Sebagaimana yang telah kami ulas di atas bahwa salak itu adalah salah satu buah yang manis, enak dan menyegarkan. Selain itu salak juga memiliki kandungan vitamin yang banyak dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1.Sebagai Antioksidan dan Menjaga Kesehatan Ibu Hamil


Buah salak adalah salah satu jenis makanan yang mengandung beta karoten yang bermanfaat sebagai antioksidan. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam buah salak cukup besar, yaitu melebihi kandungan beta karoten buah mangga hingga 3 kali lipat. Ibu hamil sangat memerlukan antioksidan selama menjalani kehamilan untuk menghalau berbagai macam penyakit yang akan menyerang janin dan dirinya sendiri, bahkan ada pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa senyawa beta karoten dalam buah salak bisa digunakan untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.
Selain mencegah datangnya penyakit buah salak juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap segar dan bugar karena kandungan vitamin C dan zat tanin dalam buah ini cukup banyak. Zat tannin dan vitamin C selain membuat tubuh sehat dan bugar juga mampu melawan infeksi yang akan masuk ke tubuh ibu dan janin.

2. Mengatasi Anemia dan Asam Lambung Ibu Hamil


Tiamin dan zat besi adalah zat yang sangat diperlukan tubuh untuk mengatasi anemia karena keduanya mempunyai peran urgent dalam memproduksi sel darah merah, dan kedua zat itu bisa Anda temukan pada buah salak. Mengapa ibu hamil perlu banyak sel darah merah ? karena sel darah merah tersebut digunakan oleh ibu hamil untuk menyalurkan oksigen kepada janin melalui plasenta. Anda pasti tahu kira - kira apa yang terjadi jika janin sampai kekurangan oksigen ? yang pasti kesehatannya akan terganggu.
Ibu hamil pada usia trimester pertama umumnya mengalami mual dan muntah yang disebabkan karena meningkatnya asam lambung. Untuk mengatasi mual dan muntah itu Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat yang dijual bebas di pasaran, tapi lakukan cara - cara alami untuk mengatasinya dengan bijak salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah salak. Selengkapnya Anda bisa membaca [obat mual ibu hamil yang aman bagi janin

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Menjaga Berat Badan Ibu Hamil


Kesehatan jantung manusia perlu dijaga agar tidak sampai disinggahi berbagai macam jenis penyakit jantung. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar jantung tetap sehat adalah dengan mensuply tubuh dengan kalium. Inilah alasan mengapa salak bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu dengan kandungan kalium yang ada di dalamnya.
Tanpa disadari berat badan ibu hamil terkadang meningkat cukup signifikan sehingga membuat takut kalau sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. Berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan pun dilakoni demi mendapatkan berat badan seimbang seperti olahraga teratur, mengatur pola makan, mengkonsumsi sayur dan buah. Pilihan buah yang cocok untuk menurunkan berat badan adalah buah dengan kandungan serat tinggi, salah satunya adalah buah salak.

4. Mendukung Pembentukan Tulang dan Mengatasi Diare Ibu Hamil


Pembentukan tulang janin membutuhkan kalsium yang diperoleh dari ibunya sehingga ibu hamil perlu mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Buah salak berperan dalam menyumbangkan kalsium yang cukup banyak bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsinya ibu hamil akan mendapatkan asupan kalsium sehingga baik untuk mendukung pertumbuhan tulang janin.
Selain banyak mengandung kalsium salak juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi diare pada ibu hamil. Perlu Anda sadari bahwa semasa hamil tubuh bumil sangat rentan terhadap efek buruk bakteri jahat penyebab sakit perut / diare. Untuk mengatasi diare dengan buah salak Anda cukup mengkonsumsi daging buahnya secukupnya saja.

5. Membantu Menguatkan Ingatan Janin dan Mencegah penyakit mata


Salak mengandung pektin yang bermanfaat bagi janin sebagai senyawa aktif penambah  kecerdasan otak. Oleh karena itu, konsumsi salak saat hamil bermanfaat juga untuk membantu meningkatkan ingatan dan kecerdasan janin. Selain itu salak juga bermanfaat untuk mencegah sakit mata janin yang masih dalam kandungan. Perlu Anda ketahui bahwa sakit mata itu tidak hanya menyerang orang yang telah lahir ke dunia tapi juga bisa menyerang janin. Kandungan beta karoten dan antioksidan dalam buah salak itulah yang berguna untuk mencegah segala macam penyakit yang akan menyerang janin termasuk sakit mata.

Amankah Salak Bagi Ibu Hamil ?


Salak memang mempunyai bayak manfaat bagi manusia tak terkecuali wanita hail, namun ada satu pertanyaan yang perlu kita jawab, yaitu "amankah konsumsi salak bagi ibu hamil ?" Jawabnya Aman selama tidak berlebihan dan tidak sedang dalam keadaan susah BAB. Biasanya, ibu hamil sering mengalami sembelit (susah BAB) dan jika ibu hamil nekat mengkonsumsi salak (apalagi dalam jumlah banyak) maka bisa memperburuk keadaan. Namun jika ibu hamil sedang dalam keadaan normal dan tidak mengalami masalah pada BAB konsumsi salak sangat lah baik karena banyaknya kandungan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Tips Konsumsi Salak untuk Ibu Hamil


Agar Anda bisa memperoleh manfaat yang sempurna dari buah salak, sebaiknya lakukan beberapa tips ringan berikut ini :
  • Pilihlah buah salak yang terlihat bagus (tidak lecet / mengelupas kulitnya)
  • Jangan konsumsi salak yang telah disimpan dalam waktu lama meski masih terlihat bagus
  • Cuci tangan sebelum mengkonsumsi buah salak
  • Jika sedang sembelit jangan makan salak dulu

Itulah manfaat salak bagi ibu hamil dan beberapa tips agar dalam mengkonsumsi buah salak bisa sempurna. Menjaga kehamilan tetap sehat adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan agar tidak terjadi hal - hal buruk yang tidak diinginkan. Selalu konsultasikan ke dokter jika Anda menjumpai keluhan kehamilan yang terasa tidak biasa.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top