Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil tidak bisa Anda anggap remeh, karena kandungan nutrisi di dalamnya sangat banyak dan sangat membantu tumbuh kembang bayi sampai tiba saatnya persalinan terjadi. Kedelai adalah salah satu sumber protein dan minyak nabati yang tergolong dalam kategori kacang - kacangan.

Awalnya kedelai banyak dibudidayakan di Negara Amerika Serikat, namun karena banyaknya manfaat yang bisa didapat darinya, sekarang ini kedelai banyak dikembangkan di berbagai negara termasuk negara kita tercinta Indonesia. Banyak hasil olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai, yang paling terkenal dan paling banyak menyebar di negara kita adalah tahu dan tempe.

Selain tahu dan tempe, kedelai bisa dibuat sebagai susu kedelai. Sebenarnya istilah ini tidak begitu pas, karena susu itu adalah cairan yang murni dihasilkan oleh kelenjar susu manusia dan hewan,  tidak bisa dibuat dengan bahan kedelai atau lainnya. Namun akhir - akhir ini sering terdengar di sekitar kita istilah susu kedelai yang sebenarnya merupakan sari kedelai.
Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil
source of pixabay

Manfaat Susu Kedelai untuk Manusia


Susu kedelai banyak mengandung manfaat bagi kesehatan, hal itu akan jelas Anda ketahui setelah mengetahui kandungan nutrisinya. Semua kandungan nutrisi dalam susu kedelai semua merupakan zat yang banyak diperlukan oleh tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil. Singkatnya, manfaat susu kedelai itu antara lain adalah sebagai berikut :
  • Kolesterol turun dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai
  • Menjaga berat badan agar tetap seimbang
  • Membantu mencegah pertumbuhan sel kanker
  • Susu kedelai berguna sebagai antioksidan tubuh
  • Mencegah dan membantu mengatasi pengeroposan tulang (osteoporosis)
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah terjadinya penuaan dini
  • Menyehatkan ginjal dan mencegah kencing manis
  • Mencegah datangnya berbagai macam penyakit
  • dan lain - lain

Kandungan Nutrisi Susu Kedelai


Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam sussu kedelai, terutama adalah kandungan protein dan minyak nabati. Lengkapnya, susu kedelai itu mengandung nutrisi sebagai berikut :
  • Protein per 100 gram --> 3,5 gram
  • Karbohidrat per 100 gram --> 5 gram
  • Lemak nabati per 100 gram -->2,5 gram
  • Fospor per 100 gram --> 45 miligram
  • Kalsium per 100 gram --> 50 miligram
  • Zat besi per 100 gram --> 1 miligram
  • Vitamin B1 per 100 gram --> 0,08 miligram
  • Vitamin C per 100 gram --> 2 miligram

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil


Minuman dari kedelai yang terkenal dengan susu kedelai ini memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil karena kandungan nutrisinya sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan membantu pertumbuhan janin dengan baik. Jangan ragu untuk mulai mengkonsumsi susu kedelai selam hamil karena manfaat yang bisa Anda peroleh antara lain adalah sebagai berikut :

Susu Kedelai Bantu Cerdaskan Janin


Selain kandungan nutrisi yang telah kami tulis di atas, kedelai juga mengandung asam folat meski tidak terlalu banyak. Telah kita ketahui bersama bahwa Asam Folat merupakan zat penting yang dibutuhkan janin untuk membantu perkembangan syaraf otaknya. Jika kebutuhan asam folat janin bisa terpenuhi kecerdasan janin pun kemungkinan besar meningkat, namun jika janin kekurangan asam folat banyak ahli kesehatan yang menerangkan bahwa janin tersebut besar resiko mengalami cacat lahir. Selain susu kedelai Anda bisa mengkonsumsi makanan - makanan yang banyak mengandung asam folat. Apa saja makanan ber folat tinggi itu ? silakan kunjungi posting kami dengan judul [ makanan yang mengandung asam folat tinggi]

Susu Kedelai sebagai Sumber Energi


Perlu Anda tahu bahwa wanita yang sedang hamil itu akan membutuhkan banyak energi dibandingkan sebelum hamil, mengapa demikian ? karena perubahan hormon ibu hamil membuat tubuhnya merasa lelah dan letih meski tidak banyak melakukan aktifitas. Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat adalah salah satu solusi untuk menghilangkan rasa lelah itu, di situlah peran susu kedelai sebagai pemasok karbohidrat untuk ibu hamil. Ketika usia kehamilan telah memasuki trimester kedua dan ketiga, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kedelai dengan rutin agar tubuh tetap terjaga kebugarannya.

Susu Kedelai Membantu Perkembangan Janin


Kandungan vitamin dan mineral dalam susu kedelai cukup baik dalam membantu pertumbuhan janin terutama pertumbuhan  tulang, meningkatkan fungsi indra penglihatan dan mencegah janin dari keguguran. Selain itu susu kedelai juga bermanfaat untuk membantu perkembangan organ dalam janin karena protein dalam kedelai tersusun dari beberapa zat yang bermanfaat seperti lisin, arginin, glisin, lesitin, niasin, leusin dan lain lain.

Susu Kedelai Mampu Membantu Menjaga Kesehatan


Kesehatan ibu hamil bisa terjaga dengan baik apabila asupan nutrisi tubuh bisa dipenuhi dengan baik, menerapkan pola hidup sehat dan menghindari pola hidup tak sehat. Dengan kandungan protein, mineral dan vitamin susu kedelai tergolong minuman sehat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Hamil


Kandungan vitamin C dalam kedelai memang tidak banyak, namun setidaknya susu kedelai juga menyumbangkan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Agar kebutuhan vitamin C Anda tercukupi dengan baik sebaiknya konsumsi buah - buahan segar. Silakan baca [buah yang baik untuk ibu hamil] agar Anda tidak salah mengkonsumsi buah yang membahayakan kehamilan. 

Susu Kedelai Hilangkan Kolesterol


Gangguan kolesterol bisa menyerang pada siapa saja tak terkecuali ibu hamil, padahal resiko yang diakibatkan karena kolesterol tinggi selam hamil cukup berat karena berhubungan dengan kesehatan janin. Susu kedelai berbeda dengan susu sapi atau produk susu lainnya, kalau susu sapi dan produk susu yang lain umumnya banyak mengandung lemak, sedangkan susu kedelai justru bisa mengurangi kolesterol dalam darah.

Menjaga Kebugaran Ibu Hamil


Kebugaran ibu hamil memang perlu dijaga dengan baik karena kebugaran tubuh bisa membuat hari - hari kehamilan bisa dijalani dengan nyaman dan menyenangkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar tubuh tetap tegar dan bugar adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi tinggi. Susu kedelai hadir untuk menyumbangkan kemanfaatannya dalam menjaga kebugaran tubuh ibu hamil.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil sangatlah banyak. jangan ragu untuk mulai mengkonsumsi susu kedelai secara rutin, namun perlu Anda ketahui bahwa umumnya susu kedelai itu diberi gula, sedangkan zat gula yang banyak masuk ke dalam tubuh ibu hamil itu kurang bagus karena bisa membuat berat badan ibu hamil meningkat pesat. Oleh karena itu sebaiknya susu kedelai yang akan Anda konsumsi adalah susu kedelai buatan sendiri dengan diberi sedikit gula. Demikian informasi yang bisa kami tulis semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top