Perut Kencang Saat Hamil 4 Bulan Apa Sebabnya ?

Perut kencang yang dialami oleh ibu hamil ketika usia kehamilan memasuki 4 bulan adalah hal yang kerap dialami ibu hamil. Walaupun banyak ibu hamil yang mengalaminya namun perasaan khawatir umumnya muncul, terlebih bagi wanita yang baru pertama kali hamil.

Ibu hamil perlu mengetahui apa saja penyebab perut kencang yang dialaminya agar tidak salah dalam menangani karena ibu hamil terkadang masih belum bisa membedakan mana yang termasuk sakit perut akibat kontraksi dan mana sakit perut yang umum terjadi dimasa kehamilan. Itulah alasan mengapa ibu hamil harus tahu penyebab perut kencang saat hamil.

Untuk menjawab keingin tahuan Anda mengenai perut kencang saat hamil kali ini kami akan bagikan kepada Anda informasi terkait mengenai hal itu. Semoga saja informasi yang akan kami tulis ini benar - benar bisa menyumbangkan manfaat bagi Anda.
Perut Kencang Saat Hamil 4 Bulan
source of pixabay

Kenali Perut Kencang Saat Hamil


Agar kekhawatiran Anda segera hilang dan berganti dengan rasa bahagia, Anda perlu memastikan kehamilan yang Anda alami sehat wal afiat tanpa ada masalah yang membuat janin sakit. Lalu apa yang harus Anda lakukan ? Silakan ikuti petunjuk di bawah ini

Hitung Usia Kehamilan


Langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk menangai masalah ini adalah memastikan usia kehamilan. Pada saat perut terasa kencang, coba Anda hitung usia kehamilan Anda sekarang sudah memasuki bulan ke berapa ? Jika ternyata usia kandungan Anda masih tergolong muda bersyukurlah dan hilangkan rasa was - was karena perut kencang pada usia kehamilan muda itu normal dan banyak dialami ibu hamil. Hal ini terjadi karena terdorongnya perut oleh rahim yang diakibatkan karena semakin membengkaknya rahim. Sakit perut yang normal ini biasanya terjadi pada area perut bagian bawah. Jika usia kehamilan yang Anda jalani ternyata sudah memasuki kehamilan tua, bisa jadi perut kencang itu disebabkan karena pergerakan janin dalam rahim.
[baca juga : kram perut di awal kehamilan, normalkah ?]

Penyebab Perut Kencang saat Hamil


Sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas bahwa perut kencang saat hamil itu bisa disebabkan karena banyak faktor dan umumnya tidak berbahaya. Jelasnya penyebab perut kencang tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  • Membesarnya janin dalam rahim yang membuat perut semakin terdorong
  • Adanya gas dalam perut yang terlalu banyak
  • Gerakan janin pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga
  • Kontraksi perut
  • dan sebab lain yang bisa diketahui setelah diadaka pemeriksaan

Perut Kencang Karena Kontraksi


Dari beberapa sebab yang telah kami tulis di atas, ada satu hal yang perlu Anda catat yaitu mengencangnya perut ibu hamil dikarenakan kontraksi. Mengapa perlu Anda catat ? karena umumnya kontraksi perut itu dialami oleh ibu hamil menjelang kelahiran. Oleh sebab itu ada baiknya Anda kenali macam kontraksi yang dialami ibu hamil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks)


Ketika usia kehamilan telah menginjak usia 6 bulan jangan kaget jika Anda mengalami kontraksi perut karena umumnya ibu hamil mulai mengalami kontraksi perut pada usia kehamilannya yang keenam, itulah yang disebut dengan kontraksi Braxton Hicks atau kontraksi palsu. Bertambahnya usia kehamilan kemungkinan besar kontraksi ini terjadi semakin sering meskipun kapan terjadinya tidak mudah untuk diprediksi.

Kontraksi ini memang wajar dialami oleh ibu hamil, namun Anda harus tetap waspada karena banyak dijumpai ibu hamil yang kurang tahu mengenai kram perut akibat kontraksi palsu atau karena mau melahirkan prematur. Ada beberapa ciri yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kontraksi Braxton Hicks yaitu :
  • Kontraksi tidak terasa semakin parah saat ibu hamil jalan
  • Kontraksi terasa sakit namun tidak terasa semakin melilit dan menguat
  • Terjadinya tidak  begitu lama
Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi rasa sakit akibat kontraksi Braxton Hicks yaitu dengan melakukan beberapa tips sederhana berikut ini :
  • Tiduran dengan posisi tidur berubah - ubah
  • Santai, rileks dan jangan panik
  • Gerakkan tubuh dengan lambat
  • Ketika hendak berdiri usahakan perut disanggah dengan mengunakan tangan

2. Kontraksi persalinan


Sesuai dengan namanya kontraksi persalinan adalah kontraksi yang dialami ibu hamil menjelang proses persalinan. Untuk mengetahui  kontraksi jenis ini Anda bisa mengamatinya apakah sesuai dengan ciri - ciri berikut ini :
  • Sakit perut bagian bawah
  • Punggung sakit
  • Tekanan pada daerah panggul
  • Kram perut seperti mau haid 
  • Kontraksi tidak akan hilang meskipun melakukan beberapa tips menghilangkan kram perut seperti yang telah kami tulis di atas
  • Kontraksi akan datang dan pergi dengan jeda waktu yang teratur
  • Semakin lama jeda waktu semakin pendek dan semakin kuat
Lakukan semua saran dokter agar proses persalinan bisa Anda jalani dengan lancar tanpa hambatan. Info selengkapnya silakan baca [tanda akan melahirkan]

Perut Kencang Saat Hamil 4 Bulan Berbahayakah ?


Setelah Anda membaca ulasan di atas pasti Anda masih belum puas karena belum mendapatkan kejelasan mengenai perut kencang saat usia kehamilan 4 bulan, berbahaya atau tidak. Sebenarnya jika Anda mencermati semua penjelasan di atas Anda akan menemukan jawabannya, namun jika Anda belum juga menemukan jawaban berikut akan kami jelaskan lagi.

Penyebab kencang perut itu ada banyak, salah satunya adalah karena gerakan janin. Perlu Anda ketahui bahwa pada usia kehamilan 4 bulan janin sudah mulai bisa bergerak, jadi ada kemungkinan perut kencang tersebut disebabkan karena gerakan janin dan ini tidak membahayakan siapapun (aman). Selain itu perut kencang juga bisa diakibatkan karena kembung setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gas. Untuk kasus ini silakan Anda atasi dengan cara alami saja, jangan minum obat kimia atau obat herbal yang dijual di toko obat.

Perut kencang saat hamil 4 bulan pada dasarnya aman dan umum dialami oleh ibu hamil, namun jika Anda mencurigai adanya hal yang tidak beres kami sarankan segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam menjaga dan merawat kehamilan tetap sehat serta terhindar dari hal yang berbahaya


==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top