10 Tanda Kehamilan yang Wajib Anda Ketahui

10 tanda kehamilan yang akan kami tulis pada artikel ini memang perlu diketahui oleh pasangan suami istri agar nanti ketika hamil bisa segera terdeteksi. Hal ini penting karena kehamilan yang tak segera diketahui memungkinkan ibu hamil melakukan aktifitas yang membahayakan keselamatan janin dan mengkonsumsi makanan yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Dengan mengetahui tanda wanita mengandung secara lengkap, Anda akan segera tahu jika sewaktu - waktu mengalaminya. Kalau sudah tahu sedang hamil, tentu kehati - hatian dalam melakukan aktifitas akan lebih ditingkatkan. Sebagian orang menganggap bahwa kehamilan itu hal wajar yang tak perlu diperlakukan istimewa. Mereka berdalih bahwa kodrat wanita itu bisa hamil jadi santai aja.

Memang benar, dalam menjalani kehamilan itu sebaiknya santai, akan tetapi Anda tetap harus waspada dan hati - hati dalam menjalani kehamilan karena janin dalam kandungan itu masih perlu dijaga dengan baik, mengingat keadaannya yang masih sangat tergantung pada ibu. Untuk itu, penjelasan yang kami tulis berikut ini perlu Anda baca dengan cermat sampai selesai.
10 Tanda Kehamilan
source of pixabay

10 Tanda Kehamilan


Berikut ini adalah gejala awal kehamilan yang biasa dialami oleh ibu hamil. Walaupun tidak semua ibu hamil mengalaminya namun setidaknya dengan informasi berikut ini semakin menambah wawasan kita mengenai kehamilan awal.

1. Morning Sickness


Morning sickness adalah rasa mual dan muntah yang dialami ibu hamil pada usia kehamilan awal. Morning sickness banyak dialami ibu hamil pada waktu pagi meski sebagian ada yang mengalaminya tanpa mengenal waktu. Mual dan muntah ini biasa dialami ibu hamil mulai minggu awal mengandung hingga 3 bulan pertama kehamilan. Anda tak perlu mengkonsumsi obat penghilang mual karena seiring berjalannya waktu keluhan ini akan segera hilang. Namun jika morning sickness yang Anda alami terlalu parah silakan konsultasikan ke dokter atau bidan terdekat.

2. Keluar Bercak Darah


Gejala hamil berikutnya adalah keluarnya bercak darah dari jalan lahir. Bercak darah ini keluar karena terjadinya proses implantasi, yaitu menempelnya bakal janin pada dinding rahim. Bercak darah tanda kehamilan ini keluar dalam waktu tak terlalu lama dan dalam jumlah kecil. Jika ternyata bercak darah yang keluar terlalu banyak dan tak kunjung henti silakan konsultasikan ke dokter.
baca : bercak darah tanda hamil berapa lama dan berapa banyak ?

3. Kram Perut


Sebagai efek dari implantation bleeding, bukan hanya bercak darah yang bisa Anda lihat tapi terkadang Anda juga merasakan kram perut. Perlu kami sampaikan bahwa kram perut masuk dalam kategori 10 tanda kehamilan jika terjadinya hanya ringan dan tidak terus - terusan. Jika ternyata kram perut yang Anda jumpai terlalu sakit dan tak kunjung henti, ada kemungkinan disebabkan oleh faktor lain.

4. Telat Haid


Inilah tanda ibu wanita mengandung yang paling banyak dijadikan acuan oleh pasangan suami istri. Sebenarnya telat datang bulan bukan merupakan tanda pasti hamil, karena wanita bisa saja mengalami telat haid karena faktor lain. Meski demikian, keadaan umum yang terjadi di masyarakat seakan menganggap telat haid merupakan acuan utama yang digunakan untuk mengetahui kehamilan.

5. Sering Pipis


Ketika seorang wanita telah hamil, ada yag berubah pada frekuensi buang air kecil. Jika sebelumnya tak terlalu sering pipis, tapi setelah kehamilan datang frekuensi buang air kecil menjadi semkin sering. Hal ini disebabkan karena kebutuhan cairan tubuh ibu hamil meningkat dan karena perubahan hormon.

6. Ngidam


Ngidam atau menginginkan makanan tertentu sudah menjadi pemandangan wajar yang dialami oleh ibu hamil. Tak diketahui secara pasti apa penyebab dari hal ini, namun banyak pendapat yang menyebutkan bahwa perubahan hormon lah yang membuat ibu hamil ngidam terhadap makanan tertentu. Terkadang makanan yang diidamkan ibu hamil itu aneh, makanan yang dulu sebelum hamil sangat dibenci terkadang malah diidamkan.

7. Mudah Lelah


Mudah lelah juga kami masukkan dalam 10 tanda kehamilan karena sering dialami oleh ibu hamil muda. Ketika kehamilan mulai terjadi, ibu hamil akan menjumpai keadaan tubuh yang tak seperti biasa. Letih, lelah dan lungkrah sering dijumpai oleh ibu hamil karena perubahan hormon dalam tubuhnya. tak jarang ibu hamil yang inginnya tidur terus saat hamil muda.

8. Perubahan Bentuk Tubuh


Di awal kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan pada beberapa anggota badan seperti p@yud@ra, lengan, paha dan beberapa bagian tubuh lainnya. Pada bagian p@yud@r@ akan menjadi lebih besar dan lebih sensitif terhadap sentuhan bahkan terkena sentuhan kain pun sudah sangat terasa. Sedangkan bagian lengan dan paha akan terlihat lebih besar daripada sebelum hamil.

9. Indra Penciuman Sensitif


Indra penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif terhadap aroma makanan yang menyengat. Makanan yang sebelum hamil sangat diminati bisa jadi menjadi makanan yang paling dibenci karena aromanya menyengat. Efek dari keadaan ini adalah memperparah morning sickness (mual muntah) yang dialami ibu hamil.

10. Susah BAB


Sembelit (susah BAB) juga bisa menjadi petunjuk kehamilan wanita jika dibarengi dengan tanda hamil yang lain. Pada umumnya ibu hamil mengalami sembelit karena peningkatan hormon menyebabkan proses pencernaan terganggu. Jika Anda ingin mengatasi susah BAB dengan buah pepaya, sebaiknya pilih pepaya yang benar - banar matang karena jika belum matang dan masih banyak mengandung getah, bisa membahayakan keselamatan janin.
baca : pantangan makanan saat hamil muda
Itulah 10 tanda kehamilan yang bisa Anda jadikan sebagai tambahan informasi untuk memastikan kehamilan. Jika tanda tersebut telah muncul, cobalah test kehamilan anda dengan menggunakan testpack untuk memastikan kehamilan. Jika testpack menunjukkan dua garis, berarti Anda positif hamil dan selamat menjalani kehamilan. Dan jika ternyata testpack menunjukkan 1 garis, berarti Anda negatif hamil. Sekian informsi yang dapat kami tulis semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top