Bahaya Ibu Hamil Tidur Pagi Hari Waspadalah !!

Bahaya ibu hamil tidur pagi hari memang perlu diketahui oleh pasangan suami istri. Mengapa demikian ? karena di awal kehamilan biasanya wanita badan terasa lemes, lungkrah dan inginnya tiduran terus.  Tak jarang dari sekian banyak ibu hamil yang memutuskan untuk tidur di pagi hari karena badannya benar - benar terasa letih dan lelah. Tidur memang merupakan istirahat yang paling sempurna dan sangat baik untuk mengembalikan stamina yang hilang. Akan tetapi jika tidur itu dilakukan pada pagi hari ternyata kurang baik bagi kesehatan.

Pada usia kehamilan trimester pertama memang ibu hamil banyak mengalami keluhan yang membuatnya harus banyak beristirahat. tidur memang diperlukan ibu hamil untuk mengembalikan stamina, namun menurut penelitian tidur di pagi hari ternyata menimbulkan efek negatif bagi kesehatan ibu dan janin. Banyak ibu hamil yang tak ambil pusing dengan pernyataan ini, bahkan ada yang menganggap bahwa bahaya tidur di waktu pagi hanyalah sebagai mitos.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan beberapa informasi terkait tentang efek negatif tidur waktu pagi terutama jika dilakukan oleh ibu hamil. Silakan disimak baik - baik dan semoga setelah membaca tulisan ini Anda bisa memahami beberapa hal yang bisa membahayakan kesehatan terkait dengan masalah tidur.
Bahaya Ibu Hamil Tidur Pagi Hari
source of pixabay

Bahaya Ibu Hamil Tidur Pagi Hari


Ada beberapa bahaya yang mengancam ibu hamil jika suka tidur di waktu pagi, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Insomnia Akut


Apabila ibu hamil sering tidur di waktu pagi besar resiko terkena insomnia akut yang mengakibatkan ibu hamil tidak bisa mendapatkan tidur berkualitas di malam hari. Padahal tidur berkualitas pada saat hamil itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan membantu tumbuh kembang janin. Faktanya banyak diantara ibu hamil yang mengeluhkan sulit tidur di waktu malam sehingga baru bisa memejamkan mata ketika malam telah begitu larut. Hal ini membuat badan terasa sangat letih dan lelah dan ngantuk berat di pagi hari. Jika ibu hamil menuruti keinginan untuk tidur di waktu pagi, kemungkinan besar di malam hari akan sulit tidur lagi.

2. Lesu


Tidur bertujuan untuk mengembalikan stamina, namun apa yang Anda jumpai setelah tidur pagi ? apakah badan terasa lebih segar, tegar dan bugar ? ternyata tidak, setelah bangun tidur pagi badan justru terasa letih dan lesu. Itulah salah satu dampak negatif yang diakibatkan karena tidur di waktu pagi. Hal ini terjadi karena istirahat tidur memang telah dirancang sedemikian rupa untuk dilakukan secara efektif waktu malam, sehingga jika tidur banyak dilakukan di waktu pagi justru mengganggu metabolisme tubuh.

3. Gangguan Metabolisme


Sebagaimana telah kami singgung di atas bahwa bahaya ibu hamil tidur pagi hari salah satunya adalah mengakibatkan gangguan metabolisme. Gangguan metabolisme ini menimbulkan beberapa efek negatif seperti mengalami lapar yang berkepanjangan sehingga ibu hamil harus banyak makan. Kalau sudah banyak makan, tahu sendiri kan apa yang terjadi ? pasti berat badan ibu hamil meningkat drastis.

4. Sulit Konsentrasi


Apabila ibu hamil banyak tidur di waktu pagi maka ibu hamil akan mengalami masalah pada konsentrasi. Ibu hamil menjadi sulit konsentrasi karena aliran darah ke otak tidak bisa berjalan dengan lancar. Konsentrasi akan segera di dapat kembali jika setelah tidur pagi, ibu hamil melakuakn aktifitas yang bisa melancarkan aliran darah seperti olahraga dan lainnya.

5. Bingung dan Sakit Kepala


Memang terasa asyik ketika badan terasa letih lalu digunakan untuk tidur, namun hati - hati ! bahaya mengancam !!. Tidur di waktu pagi bisa mengakibatkan ibu hamil bingung akan keadaan dirinya. Setelah bangun perasaannya sudah malam, padahal masih pagi. Selain itu, tidur waktu pagi juga bisa mengakibatkan sakit kepala karena menumpuknya cairan serebrospinal di kepala. Jangan anggap remeh bahaya ini sebab penumpukan cairan serebrospinal yang terjadi terus menerus bisa mengakibatkan kebutaan permanen.
baca : sakit kepala semasa mengandung dan cara mengatasinya

6. Cairan Ketuban Banyak


Bahaya ibu hamil tidur pagi hari berikutnya adalah meningkatnya volume air ketuban. Air ketuban ibu hamil volumenya normal apabila banyak melakukan aktifitas, jika pagi hari sering digunakan untuk tidur, air ketuban menjadi banyak. Volume air ketuban yang melebihi batas normal itu kurang menguntungkan bagi janin karena membuatnya sering berubah - ubah posisi. Wal hasil saat persalinan terjadi kelahiran normal sulit didapat.

7. Sel Darah Putih Meningkat


Gangguan metabolisme tubuh mengakibatkan sel darah putih meningkat. Meningkatnya sel darah putih dalam tubuh memperbesar resiko terkena kanker darah. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya mengganti kebiasaan tidur di waktu pagi dengan aktifitas lain yang lebih bermanfaat seperti olahraga, senam dan lain - lain.

8. Diabetes


Penyakit diabetes akan menyerang pada siapa saja terutama mereka yang lemak tubuhnya tidak bisa terbakar dengan baik. Aktifitas yang paling cocok dilakukan waktu pagi adalah menggerakkan tubuh hingga keluar keringat, jika malah digunakan untuk tidur, pembakaran lemak tidak akan terjadi sehingga menimbulkan penumpukan lemak dalam tubuh. Apabila ibu hamil sampai terkena serangan diabetes, banyak efek negatif yang ditimbulkan, tak jarang yang akhirnya sampai mengalami komplikasi kehamilan.

9. Jantung


Ada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur pagi yang dilakukan terlalu lama memperbesar resiko terkena serangan jantung hingga 38 persen. Resiko ini tidak hanya berlaku bagi orang biasa, ibu hamil pun terancam. Serangan jantung benar - benar perlu kita hindari apalagi jika Anda sedang mengandung calon buah hati tercinta.

10. Anemia


Tak hanya resiko di atas, bahaya ibu hamil tidur pagi hari ternyata masih banyak. Anemia (kurang darah) adalah keluhan kesehatan yang sering di alami oleh ibu hamil apalagi pada usia kehamilan awal. Jika ibu hamil tidak bisa menjaga pola hidup dengan baik, anemia akan semakin parah, bahkan bisa mengakibatkan sering pingsan. Apakah sering pingsan saat hamil itu berbahaya ?
Temukan jawabannya pada : pingsan saat hamil berbahayakah ?

11. Gangguan Pencernaan


Pencernaan ibu hamil sering kali mengalami gangguan hingga mengakibatkan sembelit (susah buang air besar). Kurangnya aktifitas di pagi hari menyebabkan gangguan pencernaan saat hamil di rasa semakin parah. Hal ini bisa membuat ibu hamil merasa tak nyaman dalam menjalani masa kehamilannya.

Tips Ibu Hamil Tidur Berkualitas


Untuk melengkapi informasi ini kami sengaja menuliskan beberapa tips sederhana agar ibu hamil bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Apa saja yang perlu dilakukan agar di waktu malam bisa tidur nyenyak, nyaman dan tenang ? Inilah yang perlu Anda lakukan :
  • Olahraga ringan secara rutin di waktu pagi
  • Buatlah jadwal tidur sehingga bisa tidur dengan teratur
  • Kenali kebiasaan tidur Anda
  • Jangan makan berat di malam hari
  • Jangan langsung tidur setelah mengoperasikan komputer
  • Jangan pegang hp saat mau tidur
  • Matikan lampu
  • Buat tempat tidur Anda senyaman mungkin
Itulah bahaya ibu hamil tidur pagi hari dan tips sederhana untuk mendapatkan tidur berkualitas. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda dalam menjaga kehamilan tetap sehat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top