Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian Sedikit ?

Bolehkah ibu hamil makan durian ? berbahaya atau tidak ? mungkin pertanyaan ini selalu terngiang di benak Anda ketika sedang hamil. Hal ini umum dialami oleh ibu hamil mengingat buah yang satu ini menyimpan rasa yang sangat lezat. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa buah durian merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh berkembang di Tanah Air kita dan cukup banyak di sukai oleh masyarakat.

Tak hanya suka, banyak di antara mereka yang benar - benar suka terhadap buah ini sampai rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya. Jika sudah mulai mengkonsumsi, seakan jagad raya hanya miliknya sendiri sampai akhirnya makan durian dalam jumlah berlebihan tak terasa, wal hasil ada yang sampai mabuk durian.

Walaupun rasanya cukup menggoda, namun Anda harus berhati - hati dalam mengkonsumsi, apalagi jika Anda sedang hamil karena dibalik rasanya yang lezat buah durian juga mengancam kesehatan Anda terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Sesuai dengan judul, kali ini kami kami akan membahas tentang buah durian bagi ibu hamil, boleh dikonsumsi atau tidak.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian Sedikit
source of pixabay

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian ?


Dalam menjaga kehamilan tetap sehat, ibu hamil hendaknya berhati - hati dalam mengkonsumsi semua jenis makanan dan minuman. Jangan pernah mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa membahayakan keselamatan janin. Buah dan sayur memang sangat dianjurkan untuk ibu hamil, namun tidak semua buah dan sayur aman bagi janin.

Buah durian memang memiliki rasa yang cukup lezat, namun bagi ibu hamil buah ini tidak dianjurkan karena mengandung zat yang memicu terjadinya masalah kehamilan. Apalagi kalau ibu hamil mempunyai sejarah penyakit diabetes, buah ini sangat perlu dihindari karena bisa memicu peningkatan gula darah dalam tubuh.

Karena saking sukanya terhadap durian, banyak orang yang menanyakan : bolehkah ibu hamil makan durian sedikit saja ?. Perlu kami sampaikan bahwa buah durian dilarang untuk ibu hamil itu sebenarnya hanyalah sebuah langkah hati - hati untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Belum ada hasil kajian kesehatan yang benar - benar melarang buah ini untuk ibu hamil. Hanya saja sebagian besar ahli kesehatan menyarankan kepada ibu hamil untuk tidak makan durian, andaikan harus makan porsinya jangan sampai terlalu banyak.

Bahaya Ibu Hamil Makan Durian Berlebihan


Apabila ibu hamil nekat mengkonsumsi buah durian dengan porsi terlalu banyak, kemungkinan ibu hamil akan menjumpai efek negatif baik bagi ibu hamil itu sendiri maupun bagi janin. Berikut ini adalah bahaya mengancam jika durian terlalu banyak dikonsumsi :

Gula Darah Meningkat


Rasa manis dalam buah durian tak bisa dipungkiri lagi. Rasa manis tersebut tentu disebabkan karena kandungan gula yang cukup tinggi. Ibu hamil yang banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi bisa membuat janin tumbuh terlalu besar, akibatnya saat proses persalinan nanti janin akan akan mengalami kesulitan untuk lahir ke dunia. Tak hanya pada saat di dalam kandungan, saat bayi telah lahir pun bisa jadi mengalami obesitas (kelebihan berat badan). Tak hanya bagi janin, ibu pun bisa terkena efek negatif dari kandungan gula pada buah durian jika ibu hamil mempunyai sejarah penyakit diabetes.

Banyak Mengandung Alkohol


Buah durian yang telah matang mempunyai kandungan alkohol yang cukup banyak sebagaimana makanan yang telah difermentasi. Alkohol sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan masalah pada kehamilan. Apabila ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi durian, alkohol yang terkandung di dalamnya bisa sampai kepada janin, akibatnya janin terancam berbagai macam masalah kesehatan, bahkan janin yang banyak menyerap alkohol sangat beresiko mengalami perkembangan organ tubuh yang tak normal. Dengan demikian, jika Anda bertanya "bolehkah ibu hamil makan durian ? jawabnya : sebaiknya dihindari dan jika terpaksa harus mengkonsumsi maka jangan terlalu banyak.
baca : makanan penyebab keguguran kandungan

Obesitas


Karbohidrat dan kalori yang tersimpan dalam buah durian ternyata sangat tinggi. Daging buah durian satu butir saja bisa menyumbangkan kalori hingga 60. Dengan demikian jelas bahwa ibu hamil yang terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi buah durian sangat beresiko mengalami kelebihan berat badan (obesitas). Hal ini tidak bisa dianggap remeh, karena bu hamil yang mengalami obesitas cukup rentan terhadap masalah kesehatan seperti preeklamsia, diabetes gestasional, infeksi saluran kemih dan bayi lahir prematur. Memang rasa yang disuguhkan oleh buah durian cukup memikat hati, namun sebagai wanita hamil Anda jangan kalap dengan lezatnya buah durian. Kalau mau konsumsi buah durian, sebaiknya perhatikan porsinya, jangan sampai berlebihan.

Mitos Ibu Hamil Makan Durian


Selain uraian di atas, banyak mitos yang berkembang di masyarakat mengenai bahayanya buah durian untuk ibu hamil. Mitos ini bisa Anda percaya jika memang benar - benar ada bukti ilmiah yang membenarkan, jika tidak Anda tidak perlu takut karena malah membuat kehamilan terasa membosankan. Beberapa mitos tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Janin akan kepanasan


Pada saat Anda bertanya kepada orang disekitar "bolehkah ibu hamil makan durian ?" banyak diantara mereka yang menjawab tidak boleh karena durian bisa membuat janin kepanasan. Perlu Anda ketahui bahwa kepercayaan ini memang sudah ada sejak zaman dulu yang merupakan kepercayaan bangsa Tinghoa. Ternyata sampai sekarang masih belum dijumpai bukti ilmiah yang menguatkan bahwa buah durian bisa menyebabkan janin mengalami kepanasan.

Durian meningkatkan kolesterol jahat


Banyak kabar yang berhembus bahwa buah berkulit duri ini bisa membuat kolesterol jahat dalam tubuh meningkat. Benarkah pernyataan tersebut ? Ternyata tak benar, kenyataannya buah ini sama sekali tidak bisa meningkatkan lemak jahat. Lemak jahat biasa ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti susu, ikan laut, daging merah dan sejenisnya. Sedangkan buah durian itu mengandung lemak tak jenuh yang justru dapat mengurangi kadar lemak jahat di dalam tubuh.
baca juga : mitos seputar kehamilan era modern

Manfaat Ibu Hamil Makan Durian


Apabila ibu hamil mengkonsumsi buah durian dengan jumlah wajar dan tak berlebihan, bukan bahaya yang didapat, justru kemanfaatan yang akan diperoleh. Mengapa demikian ? karena buah durian ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Salah satu contohnya adalah potasium, buah durian ternyata mengandung banyak potasium yang sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan cairan tubuh dan menyeimbangkan tekanan darah ibu hamil. Selain itu potasium juga berkhasiat untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi pada anggota tubuh ibu hamil seperti kaki dan lengan. Buah durian juga mengandung zat besi yang cukup banyak sehingga dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan buah durian sedikit ? jawabnya boleh. Sekali lagi kami ingatkan jika Anda mengkonsumsi buah durian sebaiknya perhatikan porsinya, jangan terlalu banyak karena membahayakan keselamatan janin. Jika hanya makan sedikit boleh - boleh saja karena justru memberikan kemanfaatan bagi ibu hamil.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top