Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol Mentah ?

Apakah boleh ibu hamil makan jengkol mentah ? Tentu pertanyaan in membuat Anda penggemar jengkol menjadi ragu saat mau mengkonsumsinya. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa tanah air kita ini begitu kaya akan aneka macam bahan makanan khas yang bisa meciptakan sensasi luar biasa ketika disantap. Dengan banyaknya bahan makanan yang tersedia di negara kita tentu banyak hasil olahan makanan yang menggoda hati.

Nikmat sebuah makanan akan bisa dirasakan ketika orang dalam keadaan sehat walafiat. Saat tubuh sehat, semua organ tubuh akan bekerja  dengan baik dalam menjalankan masing - masing fungsinya. Dengan demikian rasa lezat makanan akan terasa sangat sempurna dan membuat selera makan meningkat. Berbeda dengan orang yang sakit, meskipun makanan yang dihidangkan sangat enak, namun rasanya tetap saja pahit.

Selain orang sakit, makanan tertentu tidak boleh dikonsumsi ibu hamil mengingat kondisi janin masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Jika ibu hamil sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, hal buruk bisa menimpa janin dalam kandungan. Ibu hamil yang nekat mengkonsumsi makanan yang seharusnya dipantang bisa membuat janin terganggu pertumbuhan dan kesehatannya, bahkan ada yang sampai mengalami keguguran gara - gara mengkonsumsi makanan tertentu.
source of flickr
Ibu hamil makan jengkol mentah itu apakah membuat kesehatan janin terganggu ? Setelah Anda membaca artikel ini sampai selesai pasti Anda akan menjumpai jawaban yang sedang Anda cari. Jengkol memang aromanya begitu menyengat, namun rasanya tak bisa dianggap remeh. Hasil olahan jengkol yang dipadu dengan racikan bumbu nusantara menyajikan rasa yang mampu menggoyang lidah. Tak hanya itu, bagi sebagian orang yang suka dengan lalapan, jengkol mentah bisa juga dijadikan lalapan yang cukup nikmat.

Setelah kami melihat hasil pencarian di mesin pencarian google saat ini cukup banyak orang yang mencari informasi seputar jengkol bagi ibu hamil. Mungkin karena saat ini lagi musim jengkol hingga banyak orang yang mulai tergoda hatinya untuk mengkonsumsinya. Walaupun keinginan untuk menyantap jengkol tak terbendung namun banyak ibu hamil yang takut jangan - jangan jengkol bisa membahayakan kesehatan janin.

Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini kami akan coba menyajikan informasi kepada Anda mengenai hal itu. Silakan simak penjelasan berikut ini untuk secara cermat agar tidak salah faham.

Bolehkah ibu hamil makan jengkol ?


Perempuan yang sedang hamil memang perlu berhati hati dalam menentukan makanan yang akan dikonsumsinya karena segala jenis makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan berdampak pada janin dalam kandungannya. Nutrisi selama menjalani masa kehamilan memang perlu diperhatikan ibu hamil untuk membantu tumbuh kembang janin. Selain itu, ibu hamil juga wajib menghindari makanan dan minuman yang membahayakan keselamatan janin. Lalu bagaimana dengan jengkol ? apakah membahayakan janin ?

Sampai tulisan ini ditulis kami belum menemukan hasil penelitian yang menyebutkan bahaya jengkol bagi kehamilan. Bisa disimpulkan bahwa sebenarnya konsumsi jengkol baik mentah atau matang saat hamil itu boleh dan aman, namun sebaiknya dalam mengkonsumsi jenis makanan ini jangan terlalu banyak, apalagi jika dimasak dengan rasa pedas. Jika ibu hamil mengkonsumsi jengkol dalam jumlah wajar justru sejumlah kemanfaatan akan didapat. Apa saja manfaatnya ?

Manfaat Ibu Hamil Makan Jengkol


Sebagaimana yang telah kami terangkan di atas bahwa mengkonsumsi jengkol dalam jumlah wajar akan berdampak baik pada kesehatan karena jengkol memiliki kandungan nutrisi yang baik. Inilah manfaatnya

Sumber Energi yang Baik


Makanan dengan aroma menyengat ini ternyata mempunyai kandungan glukosa, sukrosa dan fruksosa cukup tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selama menjalani kehamilan, perempuan sangat banyak memerlukan energi guna membantu kelancaran kinerja tubuhnya. Dengan kandungan glukosa, sukrosa dan fruksosa pada jengkol, energi bunda hamil akan tetap stabil sehingga kondisi tubuh akan terasa selalu fit walaupun dalam keadaan lagi berbadan dua.

Membantu Atasi Sembelit


Jengkol ternyata mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi sembelit. Wanita yang sedang hamil biasanya  mengalami sembelit (susah BAB).  Bagaimana cara mengatasinya ? yaitu dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat. Di sinilah peran jengkol dalam membantu mengatasi masalah sembelit. Ibu hamil bisa mengatasi sembelit dengan makan jengkol namun tetap harus memperhatikan jumlah yang yang dikonsumsi, jangan berlebihan.

Membantu Pertumbuhan Janin


Jengkol tidak hanya bermanfaat bagi ibu, namun juga bermanfaat bagi janin yang masih ada di kandungan. Jengkol mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga sangat membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kekurangan kalsium bisa mengakibatkan tulang keropos dan masalah tulang lainnya. Sumber kalsium yang banyak dianjurkan untuk ibu hamil adalah susu, namun sebenarnya ada makanan selain susu yang banyak mengandung kalsium. Apa saja makanan itu ?
baca : kalsium untuk ibu hamil selain susu

Bahaya Ibu Hamil Makan Jengkol


Apabila ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi jengkol, ada efek negatif yang ditimbulkan antara lain adalah sebagai berikut :

Mengakibatkan Sakit Punggung


Zat yang terkandung dalam jengkol tak semuanya baik bagi tubuh kita. Selain mengandung manfaat yang telah kami terangkan di atas, jengkol ternyata bisa membuat sakit punggung apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Nyeri di bagian punggung ini memang sering dialami oleh ibu hamil terutama jika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga. Konsumsi jengkol berlebih bisa memperparah sakit punggung saat hamil. Oleh karena itu perhatikan porsi makan jengkol, jangan terlena dengan kelezatannya sehingga lupa terhadap kehamilan.
baca : cara mengatasi sakit punggung saat hamil

Mengakibatkan Gangguan Pecernaan


Apabila dikonsumsi dalam jumlah wajar, jengkol sangat baik untuk mengatasi sembelit, namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa mengganggu pencernaan yaitu membuat perut sakit dan diare. Apabila terlanjur banyak mengkonsumsi sampai mengalami sembelit sebaiknya jangan sembarangan minum obat anti diare yang bayak dijual di toko obat. Pastikan Anda konsumsi obat diare atas resep dokter agar janin tidak terkena dampak negatifnya.

Bolehkah ibu hamil makan jengkol mentah ? Jawabnya adalah boleh selama dikonsumsi dalam jumlah wajar. Sedangkan konsumsi dalam jumlah berlebih bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti yang telah kami tulis di atas. Demikian informasi yang dapat kami tulis, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top