Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka Kuning ?

Bolehkah ibu hamil makan semangka kuning ? Pertanyaan ini sering kali muncul di benak ibu hamil karena keraguan terhadap bahaya dan tidaknya makanan tertentu bagi kehamilan. Sudah seharusnya ibu hamil melakukan langkah - langkah tertentu guna mendapatkan kehamilan berkualitas dan janin dalam kandungan bisa tumbuh berkembang dengan baik.

Jauh berbeda dengan wanita tak hamil, ibu hamil perlu waspada dan hati - hati sebelum memutuskan untuk melakukan aktifitas tertentu. Pola hidup dan pola makan pun harus diatur sedemikian rupa sehingga kehamilan bisa berjalan dengan normal sebagaimana mestinya. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin, jika ibu hamil salah dalam menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi maka bisa berakibat fatal.

Ibu hamil tentu mempunyai harapan agar janin dalam kandungannya bisa tumbuh berkembang dengan baik dan bisa lahir ke dunia dengan normal tanpa kurang suatu apa. Harapan ini tak akan menjadi kenyataan apabila dalam menjalani masa kehamilan ibu hamil sembrono dalam menjaga pola hidup dan pola makan. Untuk itu, ibu hamil sudah sepantasnya menerapkan pola hidup sehat dan selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka Kuning
source of pixabay

Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka ?


Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh ibu hamil mengingat janin dalam kandungan masih sangat bergantung pada ibu. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi dengan baik akan berdampak baik pada janin, sedangkan kebutuhan nutrisi ibu hamil yang tak tercukupi bisa mengakibatkan hal buruk bagi janin.

Anda tak ingin jika calon buah hati keselamatannya terancam bukan ? Jika iya, anda sejak sekarang harus berhati - hati dalam menjalani kehamilan, jangan sembarangan mengkonsumsi makanan meskipun makanan tersebut sebenarnya bergizi tinggi. Seiring dengan meningkatnya petani buah yang tersebar di seluruh pelosok negeri, buah semangka merah dan kuning sekarang ini banyak sekali dijual di pasaran.

Di musim panas, buah yang satu ini sangat menggoda hati karena kandungan airnya cukup tinggi. Ibu hamil pun tak ketinggalan, keinginannya untuk mengkonsumsi buah semangka seakan tak bisa dibendung. Akan tetapi banyak ibu hamil yang ragu mengenai efek makan semangka bagi janin, berbahaya atau tidak.

Buktinya, banyak hasil pencarian di internet dengan mengetikkan kata kunci "bolehkah ibu hamil makan semangka ?". Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan coba tuliskan beberapa informasi terkait dengan buah semangka bagi ibu hamil agar perasaan ragu - ragu dalam hati bisa terjawab dengan jelas.

Memang mitos tentang ibu hamil yang tersebar di masyarakat saat ini sangat banyak. Sebaiknya ibu hamil tidak segera mempercayai mitos itu sebelum menemukan bukti kebenaran secara ilmiah mengenai mitos tersebut. Mungkin saja mitos yang banyak tersiar itu ada kaitannya dengan makanan sehat yang diperlukan ibu hamil. Jika makanan sehat tersebut dilarang tanpa sebab yang jelas kan sayang ?? Mestinya ibu hamil bisa mendapatkan tambahan asupan nutrisi akhirnya gak jadi.

Misalnya saja mitos ibu hamil makan semangka, ada kabar yang menyebutkan bahwa makan semangka saat hamil itu tidak baik karena bisa menyebabkan janin kelebihan berat badan sehingga mempersulit proses persalinan. Apakah kabar ini benar menurut ahli kesehatan ?  ternyata tidak. Makan semangka dalam jumlah wajar pada saat sedang menjalani kehamilan  justru bermanfaat karena buah ini banyak mengandung air dan vitamin.

Manfaat Ibu Hamil Makan Semangka


Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah semangka saat sedang hamil. Apa saja manfaatnya ?

1. Meringankan Mual dan Muntah


Mual dan muntah (morning sickness) adalah gejala awal kehamilan yang banyak dialami oleh ibu hamil. Morning sickness memang wajar dialami ibu hamil, namun jika terjadinya cukup parah, Anda tidak boleh menyepelekannya. Mual dan muntah yang dialami ibu hamil bisa mengakibatkan janin kekurangan asupan nutrisi sebab perut ibu tidak mau menerima makanan bergizi yang dikonsumsi. Apalagi kalau mual dan muntahnya terjadi sangat parah, ibu hamil akan mendapati banyak masalah kesehatan seperti pusing, lemes bahkan banyak yang sering pingsan. Untuk meringankan mual saat hamil muda, Anda bisa mengkonsumsi buah - buahan yang banyak mengandung air termasuk buah semangka.
baca : cara mengatasi mual dan pusing saat hamil

2. Meringankan Hartburn


Rasa panas yang muncul di area sekitar perut dan dada (Heartburn) seringkali dialami oleh ibu hamil karena otot tubuh tegang. Konsumsi buah semangka secara rutin membuat otot tubuh menjadi lebih rileks sehingga dapat meringankan Heartburn. Oleh karena itu, kalau ada orang bertanya bolehkah ibu hamil makan semangka ? jawabnya boleh karena banyak manfaatnya.

3. Mengurangi Kram Kaki


Kram kaki sering kali mengiringi kehamilan wanita, terkadang tak hanya kram tapi kaki juga membengkak. Kram kaki ini terjadi karena kurangnya aktifitas yang dilakukan oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi buah semangka secara rutin otot kaki menjadi rileks sehingga tak akan ada lagi kram kaki yang menyerang.
baca : tips atasi kaki bengkak saat hamil

4. Mencegah Pigmentasi


Selam hamil, seorang wanita akan banyak menjumpai perubahan pada kulitnya. Jika sebelum hamil kulit terlihat kencang dan cerah, namun setelah hamil kulit  menjadi agak kendur dan gelap. Memang keadaan ini wajar dan umum dialami ibu hamil, namun cukup mengganggu penampilan sehingga membuat ibu hamil tidak merasa nyaman. Kandungan air dalam buah semangka bermanfaat untuk tubuh dalam melancarkan pencernaan dan mencegah pigmentasi.

Kesimpulan :
Bolehkah ibu hamil makan semangka ? jawab : boleh, asalkan tidak berlebihan. Meskipun banyak mengandung manfaat namun konsumsi buah semangka dalam jumlah terlalu banyak bisa menimbulkan efek kurang baik, apalagi kalau semangka itu dipanen dari hasil pertanian yang banyak menggunakan zat kimia dalam perawatannya. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top