Buah Buahan yang dilarang untuk Ibu Hamil

Buah buahan yang dilarang untuk ibu hamil - Kehamilan merupakan sebuah masa yang cukup berat bagi wanita. Betapa tidak, sejak awal kehamilan berjalan ibu hamil telah merasakan banyak keluhan seperti mual muntah pusing lelah dan lainnya. Tak hanya itu, banyak aktifitas yang biasanya disukai harus berhenti demi menjaga kehamilan tetap sehat.

Pola makan ibu hamil juga tak boleh sembarangan, jika sembarangan mengkonsumsi makanan efek negatif bisa menimpa sang janin. Wanita hamil sudah seharusnya mengetahui apa saja makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi dan apa saja makanan yang dianjurkan untuknya. Jangan meremehkan urusan makanan sebab janin dalam kandungan itu masih sangat sensitif terhadap zat tertentu.

Pada kesempatan yang baik ini, kami akan sampaikan kepada Anda tentang informasi seputar kehamilan, khusus mengenai buah buahan yang perlu dipantang ibu hamil selama kehamilannya. Setelah informasi Anda dapat, kami berharap buah tersebut mampu Anda hindari untuk sementara waktu sehingga calon buah hati Anda tidak mengalami masalah kesehatan dan Anda bisa menjalani kehamilan dengan nyaman.
source of pixabay

Buah Buahan yang dilarang untuk Ibu Hamil


Buah - buahan pada dasarnya sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama hamil. Buah dengan kandungan nutrisi yang bagus perlu dikonsumsi ibu hamil guna menjaga kehamilan tetap tegar dan bugar. Namun Anda perlu selektif dalam memilih buah yang akan Anda konsumsi karena ada beberapa buah yang kurang baik untuk dikonsumsi selama hamil. Apa saja buah itu ?

1. Buah Durian


Buah durian adalah salah satu buah yang perlu dihindari saat Anda sedang hamil karena buah ini bisa mengakibatkan efek panas pada perut.  Durian memang lezat dan nikmat  namun di dalamnya mengandung senyawa aktif yang membuat perut kram. Selain itu, buah durian juga memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi sehingga membuat kepala terasa pusing. Sampai sekarang pakar kesehatan masih memperbincangkan tentang alkohol untuk ibu hamil. Intinya banyak diantara mereka yang melarang ibu hamil untuk mengkonsumsi alkohol dalam rangka menjaga kehamilan tetap sehat.

2. Buah Pepaya


Buah buahan yang dilarang untuk ibu hamil berikutnya adalah pepaya mentah dan atau setengah matang. Ibu hamil perlu menghindarinya selama masa kehamilan berlangsung karena getah pepaya (lateks) bisa menyebabkan kontraksi rahim bahkan ada yang sampai mengalami keguguran. Ketika usai kehamilan baru menginjak trimester pertama (3 bulan pertama) biasanya ibu hamil suka makan buah yang aneh - aneh, dan ada diantara mereka yang memilih pepaya setengah matang untuk bahan lotes. Sekali lagi, hindari  buah ini karena tidak aman bagi kesehatan janin.

Lalu bagaimana dengan pepaya yang benar - benar telah matang ? jawabnya boleh dan aman dikonsumsi. Sebelum mengkonsumsi pepaya matang pastikan kulit pepaya dikupas hingga benar - benar bersih lalu dicuci sampai tak ada getah yang menempel. Setelah itu Anda bisa menikmati kelezatan buah pepaya sesuka hati asalkan tidak berlebihan. Buah pepaya mengandung banyak serat sehingga sangat efektif untuk mengatasi sembelit (susah BAB) yang biasa dialami ibu hamil terutama pada usia kehamilan muda.

3. Buah Nanas


Nanas merupakan salah satu jenis buah dengan rasa manis yang mempunyai kandungan bromelain cukup tinggi. Bromelain yang banyak masuk ke tubuh ibu hamil cukup berbahaya karena bromelain ini mampu menyebabkan pelunakan leher rahim hingga mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur. Sebenarnya buah nanas yang dikonsumsi dengan porsi tak terlalu banyak mampu menyumbangkan kemanfaatan bagi ibu hamil.
Baca : nanas untuk ibu hamil
Namun jika ibu hamil mengkonsumsi nanas dalam jumlah banyak karena terlena dengan rasanya yang sangat enak, akibat yang ditimbulkan cukup berbahaya, apalagi nanas muda. Oleh sebab itu, selama menjalani masa kehamilan sebaiknya ibu hamil jangan terlalu banyak mengkonsumsi nanas. Apabila benar - benar ingin mengkonsumsi nanas sebaiknya konsumsi dalam jumlah kecil saja.

4. Buah yang tidak dicuci


Buah buahan yang dilarang untuk ibu hamil berikutnya adalah semua jenis buah yang tidak dicuci. Sebaiknya ibu hamil berhati - hati dalam mengkonsumsi setiap makanan yang akan dikonsumsi. Walaupun buah yang dikonsumsi kaya vitamin, namun jika terkontaminasi dengan bakteri maka bisa membahayakan kesehatan janin.

Jika Anda membeli produk olahan buah, sebaiknya pilih produk olahan buah yang telah dipasteurisasi. Hal ini tidak hanya berlaku pada buah, tapi berlaku juga pada semua jenis makanan seperti susu, keju dan lainnya. Ibu hamil sebaiknya tidak menganggap remeh dengan hal ini untuk menghindari berbagai macam bakteri berbahaya yang terkandung dalam makanan.

Menjaga kehamilan adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh pasangan suami istri agr buah cintanya sehat dan aman hingga tiba saatnya persalinan nanti. Banyak cara perawatan kehamilan yang telah kami tulis pada blog tandalagihamil.com ini silakan dibaca - baca dengan cermat. Memang menjaga kehamilan itu penting, termasuk menghindari segala macam buah buahan yang dilarang untuk ibu hamil

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top