Buah yang Baik dikonsumsi Ibu Hamil Segala Usia

Buah yang baik dikonsumsi ibu hamil itu ada banyak. Buah yang mengandung vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan janinnya. Sebenarnya hampir semua buah segar itu baik dikonsumsi oleh ibu hamil, namun Anda perlu hati - hati sebab ada beberapa macam buah yang sebenarnya mengandung banyak vitamin tapi dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil.

Kebutuhan ibu hamil terhadap nutrisi sangatlah urgen. Buah dan sayur merupakan pilihan cerdas dan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Buah - buahan yang cocok dikonsumsi ibu hamil itu umumnya adalah buah yang mengandung antioksidan, asam folat, vitamin dan kalsium yang kesemuanya itu besar perannya dalam membantu proses pertumbuhan janin.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami tuliskan 10 jenis buah kaya nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil.
Buah yang Baik dikonsumsi Ibu Hamil
source of pixabay

Buah yang Baik dikonsumsi Ibu Hamil

Karena keterbatasan waktu dan ruang berikut ini hanya kami tulis 10 jenis buah saja walaupun sebenarnya banyak sekali yang lainnya. Buah - buahan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Buah apel

Buah ini merupakan salah satu buah dengan kandungan nutrisi cukup tinggi dan aman bagi janin sehingga patut untuk dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan. Buah apel selain bermanfaat bagi ibu hamil juga membantu janin dalam proses tumbuh kembangnya.

2. Buah pir

Buah pir mengandung cukup banyak air, vitamin C dan asam folat. Ketiga zat itu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil baik untuk menjaga kesehatan dirinya maupun untuk membantu pertumbuhan janin. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kekebalan tubuh, sedangkan asam folat sangat penting untuk membantu pembentukan sistem syaraf janin.

3. Jambu air

Jangan pernah menyepelekan buah yang satu ini karena buah ini sangat banyak mengandung air dan vitamin. Kandungan air dalam buah ini sangat cocok untuk ibu hamil mengingat kebutuhan air selama hamil cukup tinggi. Jika ibu hamil sampai kekurangan cairan (dehidrasi) hal buruk akan menimpa pada dirinya. Oleh sebab itu tidak berlebihan jika jambu air dimasukkan dalam ketegori buah yang baik dikonsumsi ibu hamil.

4. Buah alpukat

Buah alpukat sangat terkenal dengan kandungan folatnya yang cukup tinggi. Selain kandungan folat, buah ini juga mengandung vitamin yang dibutuhkan ibu hamil seperti vitamin B kompleks dan kalium. Asam folat berguna untuk membantu pembentukan sistem syaraf, Vitamin B kompleks berguna untuk mengatasi mual di awal kehamilan dan kalium berguna untuk membantu perkembangan tulang.
Info lengkap : Manfaat alpukat untuk ibu hamil

5. Buah manggis

Antioksidan yang terkandung di dalam buah ini cukup baik bagi ibu hamil selama menjalani kehamilannya. Dengan mengkonsumsi buah manggis daya tahan tubuh akan terus terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai macam serangan penyakit.

6. Buah kiwi

Buah kiwi adalah buah yang berasal dari negeri seberang dengan daging buah berwarna putih dan ada biji kecil - kecil di dalamnya. Walaupun kelihatan sederhana namun buah ini sangat baik untuk ibu hamil dalam menjaga kehamilan tetap sehat.

7. Buah naga

Buah naga termasuk buah yang baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung banyak vitamin C. Sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas bahwa vitamin C sangat berperan dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam jenis penyakit sehingga ibu hamil bisa menjaga kehamilan dengan sehat tegar dan bugar.

8. Buah pisang

Buah pisang mengandung vitamin C dan asam folat cukup banyak. Selain bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu pertumbuhan janin, buah pisang juga bisa untuk membantu proses pencernaan dan mengatasi sembelit.
Info lengkap : Manfaat pisang  bagi ibu hamil dan janin

9. Buah semangka

Kandungan air dalam buah ini sangatlah banyak sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu hamil. Selain untuk mencegah dehidrasi buah semangka juga berkhasiat untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil dan mengurangi morning sickness (mual dan muntah)

10. Buah pepaya

Sembelit yang umumnya dialami oleh ibu hamil bisa diatasi dengan menggunakan buah pepaya untuk mengatasinya karena buah ini banyak mengandung serat. Akan tetapi Anda harus benar - benar memilih pepaya matang sebab getah buah ini mengandung papain yang bisa memicu kontraksi perut bahkan bisa menyebabkan terjadinya keguguran.

Itulah buah yang baik dikonsumsi ibu hamil yang bisa kami tulis pada kesempatan kali ini. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi Anda dalam menjaga kehamilan tetap sehat sampai persalinan nanti.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top