Cara Mengatasi Mual dan Pusing Saat Hamil

Mengatasi mual dan pusing saat hamil - Kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga akan terasa lengkap dengan kehadiran sang buah hati. Lahirnya sang buah hati di awali dengan kehamilan sehingga moment ini sangat ditunggu - tunggu oleh pasangan suami istri. Ketika kehamilan testpack telah memperlihatkan positif hamil, pasangan suami istri rasanya tak sabar untuk segera menimang sang buah hati. Di sisi lain, perempuan yang sedang mengandung akan mengalami keluhan kehamilan yang membuat tak nyaman.

Pada usia kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama) ibu hamil sering kali menjumpai pusing, mual dan muntah. Umumnya mual dan muntah itu hanya muncul di pagi hari sehingga disebut dengan morning sickness, namun tak jarang pula ibu hamil yang mengalaminya tanpa mengenal waktu, pagi siang dan malam perut terasa mual dan ingin muntah. Keadaan ini membuat ibu hamil lemes, lelah capek bahkan ada yang sampai jatuh pingsan karena telah kehabisan tenaga.

Jika Anda termasuk ibu hamil yang mengalami mual, muntah dan pusing cukup berat, coba luangkan waktu sebentar untuk membaca artikel ini sampai selesai karena pada artikel ini kami akan coba menjelaskan tentang cara mengatasi keluhan kehamilan tersebut. Cara yang akan kami tulis ini adalah cara alami, bukan kimia sehingga aman bagi janin.
Cara Mengatasi Mual dan Pusing Saat Hamil
source of pixabay

Cara Mengatasi Mual dan Pusing Saat Hamil


Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa sebagian besar ibu hamil mengalami morning sickness pada masa kehamilannya. Berdasarkan informasi yang telah kami terima, sekitar 70 persen ibu hamil mengalami mual dan pusing dan 50 persen darinya mengalami muntah setelah mual. Penyebab morning sickness secara umum adalah karena perubahan hormon ibu hamil, namun bukan berarti keluhan ini tidak bisa diatasi.

Karena keluhan ini terasa sangat mengganggu aktifitas, ibu hamil boleh saja mengatasi nya dengan berbagai macam cara. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan obat mual atas resep dokter. Ingat ! atas resep dokter. Jangan pernah mengkonsumsi obat sembarangan karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat - zat tertentu.

Selain dengan obat, Anda bisa mengatasi keluhan ini dengan melakukan tips kesehatan sederhana dan mengkonsumsi beberapa makanan yang terbukti ampuh untuk meringankannya. Jika morning sickness yang Anda alami tidak terlalu parah sebaiknya jangan minum obat anti mual lakukan saja langkah sederhana untuk menghilangkan mual secara alami seperti yang kami tulis di bawah ini.

1. Makan sedikit tapi sering


Cara mengatasi mual dan pusing saat hamil yang pertama adalah makan sedikit tapi sering. Sebagaimana orang yang sedang melakukan program diet, ibu hamil bisa menerapkan makan sedikit tapi sering untuk mencegah / menghilangkan mual dan pusing. Anda bisa makan 4 kali atau 5 kali dalam sehari dengan porsi kecil dengan jadwal makan sesuai dengan selera. Aturlah menu makan dengan baik agar tidak bosan, karena asupan nutrisi selama hamil sangat penting untuk membantu perkembangan janin. Bagaimana kalau berat badan meningkat ? tidak apa - apa, karena berat badan ibu hamil itu umumnya meningkat tajam. Akan tetapi jika peningkatannya terlalu berlebihan Anda bisa mengurangi porsi makan dan jika ingin makan camilan pastikan mengkonsumsi camilan sehat.
baca : cemilan sehat untuk ibu hamil trimester pertama

2. Jangan langsung beranjak saat bangun tidur


Ketika Anda bangun tidur, sebaiknya jangan langsung beranjak dari tempat tidur karena bisa membuat rasa mual dan pusing semakin menjadi - jadi. Setelah bangun tidur, cobalah untuk duduk, buka mata, berhenti sejenak lalu bangun dengan pelan - pelan. Nikmati udara pagi yang segar di jendela kamar, beberapa saat setelah itu nikmati camilan sehat yang telah Anda siapkan sebelumnya. Dengan langkah sederhana ini, morning sickness akan tercegah dengan sendirinya.

3. Tidak makan pedas dan berlemak


Cara mengatasi mual dan pusing saat hamil selanjutnya adalah mengatur pola makan yang baik. Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan  karena beberapa jenis makanan bisa memperparah mual dan pusing yang Anda alami. Jika sebelum hamil Anda adalah pecinta makanan pedas dan berlemak, sebaiknya tahan dulu sampai masa kehamilan Anda berakhir. Jika Anda terpaksa harus mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak, sebaiknya perbanyak minum air putih setelahnya.

4. Olahraga Ringan


Perempuan yang sedang hamil memang harus menjaga aktifitas sehari - hari agar kehamilan berjalan dengan aman dan nyaman. Banyak wanita hamil yang takut untuk olahraga padahal olahraga itu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menjaga tubuh tetap bugar. Olahraga selain membuat badan fit juga terbukti mampu mengurangi morning sickness yang dialami ibu hamil terutama pada usia kehamilan tiga bulan pertama. Tak semua olahraga aman dilakukan oleh ibu hamil, hanya olahraga ringan saja yang boleh dilakukan. Apa saja olahraga yang aman untuk ibu hamil itu ?
Baca : olahraga yang aman untuk ibu hamil muda
Selain berolahraga, ibu hamil bisa menerapkan metode akupresur dan akupuntur untuk meghilangkan mual dan pusing. Kedua metode ini dilakukan dengan cara menstimulasi bagian badan tertentu yang berkaitan dengan sistem syaraf. cara ini memang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam keluhan saat hamil, namun jangan salah pilih tempat. Pastikan Anda datang pada klinik akupuntur yang benar - benar ahli agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan.

5. Konsumsi makanan dan minuman pencegah mual


Cara mengatasi mual dan pusing saat hamil selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang terbukti mampu meringankan mual, muntah dan kepala pusing. Buah - buahan adalah salah satu jenis makanan yang kaya nutrisi dan bisa meringankan mual sehingga konsumsi buah sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Jangan salah pilih buah, karena ada beberapa buah yang membahayakan kehamilan seperti durian, nanas, pepaya muda dan lainnya.

Selain buah, Anda juga bisa mengkonsumsi minuman tradisional yang cukup ampuh untuk mengatasi mual. Apa itu ? wedhang jahe adalah salah satu minuman yang sangat baik untuk mengatasi morning sickness dan perut kembung. Anda cukup membuat wedhang jahe sederhana lalu menikmatinya secara rutin. Selain wedhang jahe jus lemon juga bisa Anda jadikan sebagai minuman pereda mual.

Cara mengatasi mual dan pusing saat hamil memang bisa dilakukan dengan cara minum obat, namun jika dengan langkah sederhana di atas Morning sickness telah dapat diatasi Anda tidak perlu minum obat. Sekian informsi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top