Cara Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Cara tidur untuk ibu hamil yang baik dan benar perlu diketahui oleh setiap pasangan suami istri, pasalnya wanita yang sedang hamil perlu nyaman dalam beristirahat guna menunjang kelancaran proses kehamilannya. Pada usia kehamilan muda posisi tidur bagaimanapun tidak terlalu berpengaruh pada kenyamanan tidur karena perut masih kecil.  Namun ketika perut mulai membesar, tidur mulai terasa tak nyaman dan ibu hamil banyak yang cemas.

Sebenarnya Anda tidak perlu cemas, karena sebenarnya tubuh ibu hamil itu sengaja didesain oleh Allah SWT dengan bentuk seperti itu guna melindungi janin dari berbagai hal yang membahayakan. Janin tidak akan tertekan ketika Anda salah tidur karena posisi janin dalam rahim mengapung dalam cairan ketuban. Namun demikian, demi menjaga kehamilan tetap sehat pilihlah posisi tidur yang baik.
Cara Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil
source of pixabay

Cara Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil


Berhati - hati dalam memilih posisi tidur adalah langkah paling tepat untuk menjaga kesehatan kandungan dan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Selain memposisikan tidur dengan baik Anda juga perlu mengatasi susah tidur apabila nanti mengalaminya. Bagaimana caranya ?
baca : cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil
Tidur dengan posisi miring paling direkomendasikan untuk ibu hamil terutama setelah usia kehamilan memasuki minggu ke 16 karena dengan posisi ini ibu hamil bisa beristirahat dengan nyaman. Menurut penelitian posisi tidur miring selain nyaman juga bermanfaat untuk janin yaitu memaksimalkan suply darah dan nutrisi dari tubuh ibu ke plasenta.

Tidur miring bisa Anda lakukan dengan miring ke kanan atau ke kiri karena semuanya baik dan nyaman. Apabila di tengah malam Anda terbangun dan ternyata posisi tidur berubah menjadi tengkurap atau terlentang Anda tidak perlu panik karena bayi tetap dalam keadaan aman. Berubahnya posisi tidur ini semakin sering terjadi ketika usia kehamilan memasuki trimester akhir karena perut semakin membuncit, frekuensi kencing semakin tinggi dan bayi semakin banyak gerak.

Posisi tidur miring merupakan salah satu cara tidur yang baik untuk ibu hamil karena paling membuat nyaman tidur wanita hamil dan membantu melancarkan transportasi nutrisi dan darah ke plasenta. Selain itu tidur dengan posisi miring bisa mengurangi resiko kaki bengkak saat hamil. Mengenai kaki bengkak, info bisa Anda baca pada artikel yang kami telah kami tulis dengan judul
tips atasi kaki bengkak saat hamil 

Tidur Tengkurap dan Terlentang Amankah ?


Pada awal usia kehamilan posisi tidur tengkurap dan terlentang masih bisa dikatakan aman bagi ibu hamil. Namun setelah usia kehamilan memasuki trimester kedua kedua posisi tidur ini dirasa kurang nyaman bagi ibu hamil. Posisi tidur tengkurap tentu bisa Anda bayangkan kira - kira bagaimana rasanya jika ibu hamil yang perutnya sudah mulai membesar lalu tidur tengkurap, pasti tidak nyaman banget.

Sedangkan posisi tidur terlentang di usia kehamilan trimester kedua dan ketiga selain tidak nyaman juga membuat ibu hamil mengalami sakit pada bagian tulang belakang dan pinggang, karena berat rahim akan terfokus pada bagian belakang tubuh. Selain itu tidur terlentang juga mempengaruhi perubahan tekanan darah ibu hamil, ada yang tekanan darahnya semakin menurun namun ada juga yang malah naik. Oleh sebab itulah posisi tidur ini sangat tidak direkomendasikan untuk ibu hamil.

Cara tidur yang paling baik untuk ibu hamil menurut penelitian adalah miring. Untuk menambah kenyamanan tidur, Anda bisa membeli bantal khusus ibu hamil dan menggunakannya sesuai petunjuk. Demikian dan semoga artikel singkat ini bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top