Gejala Awal Hamil 1 Bulan Pertama

Gejala awal hamil 1 bulan pertama yang paling banyak digunakan pasangan suami istri sebagai acuan adalah terlambat datang bulan / haid. Sebenarnya telat datang bulan bukanlah tanda pasti hamil karena telat datang bulan itu bisa saja terjadi karena faktor lain. Di sisi lain, ada sebagian pasutri yang ingin segera mengetahui kehamilannya tanpa harus menunggu siklus haid datang sehingga banyak di antara mereka yang mencari cari informasi tentang tanda wanita hamil sebelum haid.

Memang kerap kali terjadi seorang wanita telah kelihatan tanda kehamilannya beberapa hari setelah ter,jadi pembuahan. Hal ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh telah mengalami perubahan setelah pembuahan terjadi. Bahkan ada wanita yang hasil test negatif hamil sedangkan tanda kehamilan telah banyak yang muncul. Ini adalah  rahasia Tuhan, kita hanya bisa mengira - ira sesuai dengan ilmu pengetahuan kita, sedangkan Tuhan lah yang maha tahu terhadap apa yang sedang kita alami.

Dengan mengetahui tanda awal kehamilan setidaknya kita bisa lebih hati - hati dalam beraktifitas dan mengkonsumsi makanan apabila tanda tersebut telah muncul. Ada beberapa kasus yang menimpa wanita, mereka tetap melakukan aktifitas ekstrim dan mengkonsumsi makanan pemicu keguguran padahal sedang hamil muda. Hal itu sebenarnya tidak dilakukan dengan sengaja, tapi karena mereka tidak tahu kalau sedang hamil. Akibatnya ada diantara mereka yang mengalami keguguran dan masalah kehamilan serius. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengetahui tanda kehamilan sejak awal.
Gejala Awal Hamil
source of pixabay

Gejala Awal Hamil 1 Bulan


Menebar kebaikan adalah hal wajib yang perlu dilakukan umat manusia agar sesama manusia bisa saling mengambil kemanfaatan. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan berusaha menyebarkan informasi sederhana terkait dengan tanda - tanda wanita hamil di bulan pertama. Berikut ini adalah tanda yang kerap muncul pada perempuan mengandung :

1. Telat Haid


Pertanda kehamilan yang paling banyak menyadarkan seseorang bahwa dirinya sedang hamil adalah telat datang bulan. Ketiak pembuahan sel telur wanita berhasil, darah haid tidak akan keluar sampai janin dilahirkan. Namun demikian, ada perempuan yang telat haid bukan dikarenakan kehamilan tetapi karena faktor lain.

2. Penciuman Sensitif


Wanita yang sedang hamil umumnya ditandai dengan meningkatnya kesensitifan indra penciuman. Makanan yang dulu paling Anda suka terkadang malah menjadi makanan yang aromanya membuat mual. Penyebab dari keadaan ini belum bisa dipastikan namun dugaan terkuat adalah karena meningkatnya hormon progesteron saat hamil.

3. Kram Perut disertai Bercak Darah


Gejala awal hamil berikutnya adalah karam perut dan bercak darah. Kram ini terjadi karena sel telur yang telah berhasil dibuahi telah mengambil posisi untuk melekat pada dinding rahim. Proses ini sering disebut dengan istilah implantasi bleeding yang biasa terjadi pada hari ke 8 sampai 10 setelah proses pembuahan berlangsung. Banyak wanita yang mengira bahwa kram perut disertai bercak darah ini adalah menstruasi padahal sebenarnya adalah tanda kehamilan. Mengenai berapa lama dan berapa banyak bercak darah itu silakan Anda baca infonya pada artikel yang telah kami tulis sebelum ini dengan judul
bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak?

4. Morning Sickness


Morning sickness (mual dan muntah) merupakan salah satu tanda orang hamil yang paling banyak dialami oleh perempuan. Mual disertai muntah ini umumnya terjadi pada usia kehamilan muda trimester pertama. Sebenarnya apa sih penyebab mual dan muntah ini ? lagi - lagi, banyak pendapat yang menyatakan bahwa morning sickness terjadi karena meningkatnya hormon progesteron ibu hamil. Setelah kehamilan memasuki usia 4 bulan keatas, mual dan muntah akan hilang dengan sendirinya.

5. Sering Pipis


Sering buang kecil terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah sebagai gejala awal hamil. Kenapa hal ini bisa terjadi ? karena saat wanita sedang hamil aliran darah menuju ke ginjal berjalan lebih cepat sehingga kandung kemih akan lebih cepat penuh. Keadaan itu lah yang akhirnya membuat ibu hamil sering pipis.

6. Lelah


Selain beberapa tanda di atas, masih ada tanda lain yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbadan dua, yaitu merasa letih dan lelah meski tidak habis menjalankan aktifitas berat. Keadaan ini jangan membuat Anda panik kemudian minum obat capek karena jika Anda benar - benar hamil keselamatan calon bayi Anda terancam karena masih sangat sensitif.

7. Kepala pusing


Kepala pusing tidak semata - mata menandakan Anda sekarang sedang hamil tapi barang kali saja kehamilan lah yang membuat Anda seperti itu. Ada sebagian ibu hamil yang mengalami sakit kepala / pusing pada saat awal kehamilannya. Hal ini terjadi karena tekanan darah ibu hamil menurun dan kadar gula darahnya juga turun.

Itulah gejala awal kehamilan yang sering dialami ibu hamil. Setelah membaca artikel di atas tentu ada sedikit informasi bermanfaat yang bisa Anda dapatkan. Jangan biarkan kemanfatan artikel ini berhenti pada diri Anda. Sebarkan kepada sanak saudara handai taulan dan teman Anda agar mereka ikut mendapatkan manfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top