Ibu Hamil Makan Mie Instan Berbahayakah ?

Ibu hamil bolehkah makan mie instan ?? pertanyaan ini sering kita dengar karena saking hati - hatinya ibu hamil dalam menjaga kehamilannya. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa mie instan adalah salah satu jenis makanan cepat saji yang sangat praktis. Di tanah air kita mie instan sangat populer sebagai santapan cepat yang bisa digunakan sebagai pengganjal perut lapar. Tak hanya digunakan sebagai pegganjal perut, banyak juga yang suka menggunakan mie instan sebagai lauk makan.

Keadaan ini tidak lagi menjadi pemandangan yang mengherankan karena saking banyaknya pecinta mie instan di tanah air kita, padahal sebenarnya kita tidak boleh sembarangan mengkonsumsi mie instan, ada aturan khusus yang harus diperhatikan, mengingat makanan cepat saji ini cukup mengandung bahan kimia yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.
Ibu Hamil Makan Mie Instan
source of pixabay
Berhubung ibu hamil itu tidak hanya bertanggung jawab atas kesehatan dirinya maka ibu hamil harus berhati - hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman agar tidak terjadi masalah pada kesehatan calon bayinya. Untuk itu sebelum Anda mengkonsumsi mie instan ada baiknya ketahui dulu apa saja komposisi mie instan itu.

Ibu Hamil Makan Mie Instan


Sebenarnya apa saja sih komposisi mie instan itu ?
Caba lihat bagian kemasan mie, disitu Anda bisa melihat  bahan utama yang digunakan untuk membuat mie adalah tepung, kemudian diberi bumbu minyak, cabai, garam dan paduan bumbu lainnya. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat tekstur mie menjadi kenyal adalah natrium polifosfat. Dengan paduan komposisi yang pas dan tekstur kenyal, mie akan terasa nikmat ketika disantap sensasi rasa kuah yang begitu gurih.

Perlu Anda ketahui bahwa rasa nikmat yang dihasilkan dari mie instan itu tidak hanya dikarenakan paduan bumbu alami, namun diberi penguat rasa memakai monosodium glutamate dan menggunakan natrium karbonat untuk mengatur keasaman mie. Komposisi mie secara umum mengandung nutrisi yang banyak diperlukan oleh ibu hamil seperti karbohidrat, serat, lemak, asam folat, vitamin, zat besi dan kalsium. Semua zat tersebut merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Sebenarnya ibu hamil makan mie itu boleh - boleh saja asalkan tidak terlalu banyak. Jangan sampai ibu hamil hanya mengkonsumsi mie tiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi karena makan mie saja tidak cukup. Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan sehat seperti buah - buahan, sayuran daging, ikan, susu dan makanan lain yang bergizi tinggi.
baca : makanan sehat untuk ibu hamil
Mie instan sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi ibu hamil demi menjaga kehamilan tetap sehat. Ibu hamil sebaiknya tidak makan mie tiap hari, jangan sampai makan mie lebih dari 3 kali dalam seminggu. Jika Anda mau mengkonsumsi mie sebaiknya ikuti tips berikut ini untuk mengurangi zat kimia yang terkandung di dalamnya.

Tips Makan Mie saat Hamil


Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tidak banyak bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh ketika Anda mengkonsumsi mie. Tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  • Sebelum dimasak rebus mie terlebih dahulu dengan takaran air dua kali lipat dari petunjuk penyajian lalu buang air rebusan mie
  • Masak mie dengan bahan campuran lain seperti sayuran, telur, ikan, tomat dan lainnya agar nilai gizi lebih lengkap dan efek negatif mie berkurang
  • Jangan memasak mie dalam plastiknya karena lebih beresiko terhadap kesehatan.
Makan mie saat hamil, berbahayakah ? setelah menyimak pembahasan di atas tentu Anda sudah tahu jawabannya. Pada intinya makan mie itu aman asalkan tidak berlebihan dan cara memasaknya benar. Demikian informasi ini kami tulis semoga banyak manfaatnya

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top