Jaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi dengan Ini

Kesehatan ibu hamil dan bayi perlu dijaga sejak kehamilan diketahui. Pasalnya, ada ibu hamil yang sembrono dalam menjaga kehamilan dan akhirnya berakibat buruk pada kesehatan janin, bahkan ada yang sampai keguguran. Banyak diantara ibu hamil yang bertanya mengenai cara menjaga kehamilan agar janin sehat dan tak banyak keluhan selama kehamilan berlangsung.

Memang kehamilan itu sudah seharusnya dirawat dengan baik, karena janin dalam kandungan masih sangat rentan terhadap serangan penyakit. Selain itu, pertumbuhan janin juga sangat tergantung pada nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu. Maka dari itu langkah awal untuk merawat kehamilan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nilai gizi.

Selanjutnya Anda harus berusaha menghindari segala sesuatu yang mengakibatkan terjadinya masalah kehamilan, baik itu aktivitas maupun makanan jenis tertentu. Sebagai contoh masalah olahraga, aktivitas ini memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh tetap fit, namun jika Anda sedang hamil sebaiknya jangan sembarangan memilih jenis olahraga karena jika ibu hamil suka melakukan olahraga ekstrim, keselamatan janin sangat terancam.
Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi
source of pixabay

Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi


Untuk menjaga kehamilan, coba Anda perhatikan beberapa uraian yang akan kami tulis pada artikel ini. Di sini akan kami jelaskan mengenai apa saja yang perlu Anda perhatikan  selama menjalani masa kehamilan, apa saja yang perlu Anda hindari dan bagaimana langkah awal jika ternyata ibu hamil menjumpai masalah pada kehamilannya. Selengkapnya silakan simak penjelasan berikut :

Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil


Selama menjalani kehamilan sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :
  • Konsumsi makanan bergizi dengan cara makan sedikit tapi sering, terutama pada usia kehamilan trimester pertama.
  • Lengkapi menu makanan Anda dengan aneka macam makanan bernutrisi tinggi seperti sayur, buah, daging, telur, kacang - kacangan, ikan dan lain - lain
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat
  • Periksakan kehamilan Anda ke dokter dan atau bidan terdekat secara rutin minimal sebulan sekali
  • Tambahan suplemen yang diberikan oleh dokter atau bidan sebaiknya dikonsumsi secara rutin selama masa kehamilan berlangsung
  • Pastikan Anda mendapatkan suntikan TT sebanyak dua kali selama masa hamil
  • Gunakan produk garam beryodium sebagai bumbu masakan karena bisa membantu menjaga kesehatan janin
  • Lakukan aktivitas keseharian seperti biasa namun jangan sampai kecapekan
  • Istirahat cukup untuk mengurangi resiko pingsan saat hamil

Hal yang Perlu Dihindari Ibu Hamil


Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi tidak hanya anjuran di atas yang perlu dilakukan, tapi harus menghindari segala hal yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin. Apa saja yang perlu dihindari selama masa kehamilan berlangsung ? Berikut ulasannya
  • Melakukan aktivitas yang terlalu berat dan kurang istirahat
  • Mengkonsumsi obat-obatan tanpa menggunakan resep dokter
  • Melakukan terapi pijat di area perut
  • Melakukan pola hidup tak sehat seperti merokok, mengkonsumsi makanan dan minuman beralkohol dan memakai narkoba
  • Kontak langsung dengan bahan kimia berbahaya seperti herbisida, pestisida dan lain-lain
  • Mengkonsumsi makanan pemicu keguguran
Baca makanan penyebab keguguran kandungan

Penanganan Masalah Kehamilan


Dalam menjalani kehamilan Anda akan menjumpai beberapa macam keluhan, terutama pada usia kehamilan trimester pertama, seperti kepala pusing, perut mual, muntah, badan lelah dan lain-lain. Agar kehamilan bisa berjalan dengan nyaman dan aman, Anda perlu melakukan beberapa langkah sederhana yang bisa untuk mengatasi hal tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Untuk meringankan mual dan muntah silakan Anda konsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering, mengkonsumsi camilan sehat dan buah - buahan yang bisa menghilangkan mual. Sebenarnya mual dan muntah itu akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu, namun jika Anda merasa sangat terganggu dengan keadaan ini, Anda bisa minta obat mual kepada dokter. Ingat ! jika Anda terpaksa harus minum obat mual, pastikan obat tersebut atas resep dokter, jangan sembarangan minum obat.

Selain mual dan muntah, ibu hamil banyak juga yang mengeluhkan kaki bengkak. Hal ini terjadi karena kadar garam dalam tubuh menumpuk pada salah satu anggota badan yaitu kaki, lengan, dan muka. Untuk mengatasi keluhan ini sebaiknya Anda kurangi segala macam makanan yang mengandung kadar garam terlalu tinggi. Tips untuk mengatasi keluhan ini sudah kami tulis beberapa bulan yang lalu,
silakan baca : tips atasi kaki bengkak saat hamil
Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi, sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter apabila menjumpai keluhan kehamilan yang Anda rasakan cukup serius. Kami contohkan sakit punggung, jika masih ringan Anda bisa melakukan penanganan sederhana dengan melakukan olahraga ringan dan melakukan sikap berdiri tegap. Namun jika Anda merasakan keluhan ini cukup sakit, silakan langsung konsultasi ke dokter

Tanda Bahaya Kehamilan


Ibu hamil sebaiknya waspada dengan segala perubahan yang dialami saat hamil. Jika dalam kehamilan menjumpai beberapa hal berikut ini sebaiknya kehamilan segera diperiksakan karena ada tanda bahaya pada kehamilan.
  • Pendarahan disertai kram perut hebat yang tak kunjung berhenti
  • Mengalami anemia akut
  • Kaki bengkak pada pada usia kehamilan trimester ketiga dengan disertai pembengkakan di bagian tubuh lain seperti tangan dan muka. Keadaan ini perlu diwaspadai karena bisa jadi disebabkan karena toxemia (keracunan kehamilan)
Itulah cara menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang bisa kami tulis, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top