Makan Pedas Saat Hamil Trimester Pertama Bolehkah ?

Makan pedas saat hamil trimester pertama - Kabar paling menyenangkan setelah menjalani kehidupan rumah tangga adalah mengetahui bahwa sang istri sedang mengandung. Setelah mengetahui dirinya sedang hamil, segala hal dijalani hati - hati dengan harapan kehamilan bisa berjalan dengan lancar hingga saat persalinan tiba. Ibu hamil mulai memikirkan berbagai macam aktifitas yang akan dikerjakan, apakah membahayakan keselamatan janin atau tidak.

Tak hanya dalam hal aktifitas sehari - hari, ibu hamil juga perlu berhati - hati dalam menentukan makanan yang akan dikonsumsi. Semua makanan yang disuka sewaktu belum hamil belum tentu cocok dikonsumsi selama menjalani masa kehamilan. Terkadang makanan yang menurutnya paling lezat justru saat hamil harus dihindari karena jika nekat dikonsumsi bisa membahayakan keselamatan janin.

Banyak ibu hamil yang menjumpai keraguan saat mau mengkonsumsi makanan tertentu karena adanya mitos yang banyak berkembang di masyarakat. Makan makanan pedas pada saat hamil menurut sebagian orang merupakan sebuah larangan karena bisa mengganggu pencernaan ibu dan membahayakan janin. Apakah kabar tersebut benar adanya ? silakan simak penjelasan kami di bawah ini.
source of pixabay

Makan Pedas Saat Hamil Trimester Pertama


Mulai dari usia kehamilan muda, seorang wanita harus sudah memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik dan menghindari semua jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Bagaimana dengan masakan yang dibuat dengan rasa pedas baik dengan menggunakan merica atau lombok ? apakah makanan tersebut membahayakan janin ?

Banyak orang yang mengatakan bahwa masakan tanpa rasa pedas itu sama hal nya dengan masakan tanpa garam, sama sekali gak mantap. Namun bagaimana jika ternyata Anda sedang hamil ? apakah tidak membahayakan kesehatan janin ? Perlu kami jelaskan bahwa sebenarnya makanan pedas itu tidak membahayakan janin, hanya saja kurang baik untuk pencernaan ibu, apalagi yang perutnya gak terlalu tahan dengan masakan pedas, masalah pencernaan seperti diare mengancam dirinya.

Makan pedas saat hamil trimester pertama meski tidak dilarang mutlak sebaiknya perlu dikurangi untuk mengurangi resiko terkena diare. Ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan tersebut tentu membuat kondisi tubuhnya tak sehat, nafsu makan menurun dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi tidak bisa diserap oleh tubuh dengan baik.

Mengurangi bukan berarti harus meninggalkan penuh,karena sebenarnya cabe itu mengandung banyak vitamin C. Banyak pakar kesehatan yang menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan pedas itu aman bagi ibu hamil dan janin bahkan bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin tubuh. Selain itu makanan dengan rasa pedas bisa membuat selera makan meningkat, sehingga kebutuhan makanan ibu hamil bisa tercukupi. Namun ingat ! jangan terlalu banyak makan pedas karena bisa membuat perut mules.

Ibu hamil sebaiknya tetap memperhatikan makanan apa yang diberi bumbu pedas, jangan sampai mengkonsumsi makanan yang dilarang selama masa kehamilan berjalan. Ikan laut yang banyak mengandung merkuri seperti ikan todak dan tengiri lalu dimasak dengan bumbu pedas sebaiknya tetap dihindari meski membuat selera makan meningkat. Larangan ini bukan karena rasa pedas makanan tersebut tapi karena kandungan merkuri di dalamnya cukup membahayakan keselamatan janin.

Makanan pedas saat hamil trimester pertama perlu dikurangi untuk memperkecil resiko sakit perut. Jika Anda memutuskan untuk makan di restauran atau rumah makan jangan sampai lupa pada pelayan untuk menyajikan hidangan makanan yang tak terlalu pedas. Pastikan makanan yang akan Anda konsumsi adalah makanan yang tidak menyebabkan masalah pada kehamilan. Apa saja makanan itu ?
baca : makanan penyebab keguguran kandungan
Pada usai kehamilan trimester pertama ibu hamil masih sering menjumpai keluhan kehamilan seperti mual, muntah, pusing, mudah lelah dan lainnya. Makanan terlalu pedas yang dikonsumsi saat usia kehamilan awal akan membuat mual dan muntah ibu hamil semakin parah. Menjadi lebih sensitifnya indra penciuman ibu hamil membuatnya semakin terasa mual saat mencium aroma makanan yang menyengat, tak menutup kemungkinan bau rempah dalam makanan pedas memicu rasa mual ibu hamil semakin parah.

Makanan pedas saat hamil trimester pertama memang sudah seharusnya untuk dikurangi mengingat badan ibu hamil banyak merasakan keluhan. Keluhan awal hamil akan menjadi semakin parah jika ibu hamil sembarangan dalam melakukan aktifitas dan sembarangan mengkonsumsi makanan. Jika Anda terpaksa harus makan makanan pedas sehingga perut merasa mules silakan untuk minum susu untuk mengurangi rasa mules tersebut.

Ibu hamil yang punya keluhan sakit magg sebaiknya juga menghindari makanan pedas karena makanan pedas bisa meningkatkan asam lambung. Apabila tanpa disadari Anda mengkonsumsi makanan pedas sampai magg kambuh sebaiknya minum madu satu sendok makan untuk meredakannya. Jangan konsumsi obat magg tanpa resep dokter karena janin masih sangat sensitif.

Jika Anda ragu untuk mengkonsumsi makanan pedas saat hamil trimester pertama , silakan coba konsumsi makanan pedas dalam jumlah kecil. Jika ternyata Anda tidak menjumpai keluhan apa - apa kemungkinan perut Anda mampu menerima makanan pedas. Namun jika terjadi masalah pencernaan sebaiknya jangan diteruskan. Yang jelas makanan pedas itu tidak membahayakan janin, hanya saja bisa menyebabkan masalah pencernaan bagi orang tertentu.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top