Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Makanan ibu hamil agar anak cerdas tidak sembarangan, tapi harus mengandung banyak nutrisi seperti omega3, omega6, omega9, DHA, asam amino dan lainnya. Nutrisi itulah yang sangat berperan dalam membantu perkembangan otak janin yang akhirnya bisa lahir ke dunia dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Sebenarnya kecerdasan anak itu ditunjang oleh beberapa faktor seperti keturunan, pola hidup orang tua dan makanan yang dikonsumsi. Kebutuhan nutrisi yang bisa terpenuhi dengan baik, berdampak baik pula pada kecerdasan anak.

Selain itu, asupan nutrisi ibu hamil juga berpengaruh besar pada kecerdasan anak. Oleh karena itu ibu hamil dituntut untuk menjaga pola makan sehat dan banyak mengkonsumsi makanan bergizi agar janin sehat dan kelak bisa lahir menjadi orang yang cerdas. Untuk itu ibu hamil harus tahu makanan apa saja yang bisa menyumbangkan nutrisi terbaik untuk perkembangan otak janin.

Pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit menjelaskan kepada Anda mengenai contoh makanan yang baik untuk perkembangan otak janin. Silakan lanjut membaca sampai selesai artikel ini
source of pixabay

Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas


Menurut pakar gizi, kecerdasan anak itu sangat dipengaruhi oleh asupan protein dan nutrisi penting lain seperti DHA, AA, omega 3, omega 6, omega 9, asam amino, zat besi, vitamin B dan vitamin E. Beberapa contoh bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Kacang Tanah


Kacang tanah sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencukupi nutrisi selama masa hamil berjalan. Kacang tanah tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi tapi juga banyak mengandung protein dan asam folat sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan janin dan meningkatkan kecerdasannya. Kandungan protein dan asam folat pada kacang tanah sangat baik untuk membantu perkembangan otak janin. Perlu kami sampaikan bahwa asam folat itu banyak dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah cacat otak pada bayi dan gangguan tulang belakang. Walaupun kandungan gizinya cukup baik untuk ibu hamil namun bagi Anda yang punya alergi terhadap kacang sebaiknya tidak usah nekad mengkonsumsi. Sedangkan bagi Anda yang tidak punya alergi terhadap kacang silakan makan kacang setidaknya dua sendok perhari.

Ikan Salmon


Ikan salmon merupakan salah satu jenis makanan ibu hamil agar anak cerdas, namun tidak mudah untuk mendapatkan makanan yang satu ini. Bagi Anda yang hidup di daerah perkotaan mungkin tidak ada masalah untuk mendapatkannya karena olahan ikan salmon banyak disajikan di rumah makan dan restoran - restoran. Ikan salmon mempunyai kandungan  nutrisi lengkap yang sangat baik untuk membantu perkembangan jaringan otak seperti DHA, AA, omega3 dan lainnya. Kalau dilihat dari nilai gizi, ikan salmon memang sangat bagus, akan tetapi ibu hamil perlu berhati - hati dalam mengkonsumsinya karena ikan ini bisa saja terkontaminasi bakteri berbahaya. Untuk itu, silakan masak ikan salmon sampai benar - benar matang agar terbebas dari bakteri berbahaya.
baca : makanan penyebab keguguran kandungan

Daging Sapi Matang


Selanjutnya adalah daging sapi yang telah dimasak sampai matang. Mengapa daging sapi harus dimasak sampai benar - benar matang ? agar terbebas dari bakteri berbahaya yang barangkali ada di dalamnya. Daging sapi mempunyai kandungan protein dan zat besi yang cukup  tinggi sehingga bermanfaat sekali untuk membantu mencerdaskan bayi, membentuk struktur tulang, membentuk otot dan menjaga kekebalan tubuh ibu hamil. Kandungan zat besi pada daging sapi selain baik untuk janin juga bermanfaat terhadap ibu hamil untuk mencegah anemia (kurang darah).

Telur


Jangan pernah menganggap remeh bahan makanan yang satu ini. Telur termasuk jenis bahan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin karena banyak mengandung nutrisi bermanfaat. Telur mempunyai kandungan vitamin, mineral, kalsium dan protein cukup tinggi. Protein dan omega3 yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan jaringan otak janin. Kalau bisa, makanan telur tiap hari berukuran besar untuk mendapatkan kemanfaatannya. Karena mengandung banyak nutrisi, tidak berlebihan jika telur dikategorikan sebagai makanan ibu hamil agar anak cerdas.
baca : manfaat telur buat ibu hamil

Sereal


Sareal adalah makanan yang cukup lezat dan nikmat serta mengandung nutrisi cukup banyak. Sareal banyak mengandung asam folat, karbohidrat dan serat  yang cukup tinggi. Sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas bahwa salah asam folt merupakan nutrisi yang sangat membantu pembentukan jaringan sel otak janin sehingga bayi akan terlahir sehat dan cerdas. Selain bermanfaat untuk janin, sareal juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil dan sebagai sumber energi. Terutama di usia kehamilan trimester pertama, selain membantu meningkatkan kecerdasan janin, sareal bisa menjadi sumber energi ibu hamil pengganti nasi karena biasanya di usia itu ibu hamil mengalami morning sickness.

Daging Ayam


Tidak hanya daging sapi, daging ayam pun sangat baik untuk membantu perkembangan otak janin karena banyak mengandung protein.  Selain kaya protein, daging ayam juga banyak mengandung vitamin B yang cukup bermanfaat dalam membantu melancarkan metabolisme tubuh ibu hamil. Bagian ayam yang paling baik untuk dikonsumsi adalah dada karena mengandung lebih banyak protein dan rendah kolesterol jahat. Jika Anda ingin mengkonsumsi daging ayam sebaiknya pilih daging yang baik, segar, bersih dan kalau bisa daging ayam kampung.

Tips Agar Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan


Selain makanan ibu hamil agar anak cerdas, ibu hamil harus menerapkan pola hidup sehat karena pola hidup akan sangat berpengaruh pada anak. Pola hidup kurang baik seperti merokok, ternyata kurang baik untuk kesehatan dan kecerdasan anak. Baik perokok pasif maupun aktif sama saja, yang pasti asap rokok itu bisa mengurangi tingkat kecerdasan dan sangat beresiko pada kesehatan janin. Selain itu, ibu hamil supaya menghindari stress, tidak tidur terlalu malam serta istirahat cukup dan teratur.

Ibu hamil juga perlu melakukan kegiatan positif yang mampu memancing kecerdasan anak yaitu dengan mengajak janin dalam kandungan untuk berbicara terutama saat usia kandungan sudah memasuki trimester kedua karena pada saat itu janin sudah bisa menerima rangsangan bunyi. Meskipun masih dalam kandungan , janin sudah bisa belajar mengenali suara - suara yang di dengarnya apakah suara ibunya, ayahnya atau suara orang lain.

Selain itu Anda juga bisa memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran yang sangat berdampak positif pada perkembangan otak janin. Olahraga ringan juga perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk mengimbangi kesehatannya. Olahraga ibu hamil tidak boleh yang berat berat, cukup olahraga ringan saja seperti jalan kaki, senam kehamilan, senam yoga dan olahraga ringan lainnya yang penting peredaran darah lancar.

Makanan ibu hamil agar anak cerdas yang kami tulis di atas bisa anda jadikan sebagai menu makan tiap hari dengan diimbangi dengn pola hidup sehat serta tips sederhana untuk merangsang perkembangan otak. Semoga dengan mempraktekkan cara di atas, buah hati Anda terlahir dengan sehat dan cerdas sesuai dengan harapan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top