Makanan Penghilang dan Pencegah Mual Saat Hamil

Makanan penghilang dan pencegah mual saat hamil - Sebagaimana telah kita ketahui bahwa mual dan muntah merupakan keluhan kehamilan yang umum di alami ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama. Penyebab utama keluhan ini adalah meningkatnya hormon esterogen dan HCG selama masa kehamilan berlangsung. Meningkatnya kedua hormon tersebut membuat ibu hamil semakin sensitif terhadap ras dan aroma tertentu sehingga ibu hamil mengalami keadaan yang tidak biasa dialami pada saat sebelum hamil.

Selain karena meningkatnya hormon HCG dan esterogen, perkembangan janin dalam rahim yang mendesak saluran pencernaan membuat asam lambung meningkat, akibatnya mual dan muntah tak bisa dihindari selama hamil muda terutama di waktu pagi hari. Mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil tidak bisa dianggap sebagai masalah yang biasa karena jika ibu hamil tidak tercukupi nutrisinya, janin tidak akan berkembang dengan baik.

Sumber nutrisi janin hanyalah ari sang ibu, jika ibu tidak mau makan karena mual dan muntah darimana janin akan mendapat asupan nutrisi ? Jika janin kekurangan nutrisi, tumbuh kembangnya akan terganggu. Di usia kehamilan trimester pertama mestinya ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan dengan asam folat tinggi karena asam folat sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan jaringan otak janin. Apa yang terjadi jika ibu hamil tak bisa mengkonsumsi makanan berfolat tinggi karena mual dan muntah ? janin akan kekurangan asam folat sehingga sangat beresiko terlahir cacat.Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan tuliskan beberapa makanan yang sangat baik untuk mengatasi mual dan muntah.
Makanan Penghilang dan Pencegah Mual Saat Hamil
source of pixabay

Makanan Penghilang dan Pencegah Mual saat Hamil


Ada beberapa makanan yang cukup efektif untuk mengatasi mual dan muntah ketika perempuan sedang menjalani kehamilan trimester pertama. Jenis makanan tersebut telah dipercaya sejak dulu sebagai bahan obat tradisional yang kaya akan manfaat. apa saja makanan itu ? silakan ikuti penjelasannya berikut ini

1. Jahe


Sejak zaman dulu, tanaman jenis empon empon ini telah dipercaya sebagai bahan tradisional yang cukup efektif untuk mengatasi mual, muntah dan masuk angin. Aroma khas yang  dikeluarkan dari jahe serta rasa hangatnya membuat masuk angin minggat dan perut tak lagi mual. Bagaimana cara menggunakan tanaman ini untuk mengatasi morning sickness ? yaitu dengan menggunakannya sebagai minuman (wedhang jahe) dan diminum saat masih hangat. Ibu hamil juga bisa mengunyah premen jahe bila tak sempat membuat wedhang jahe.

2. Apel Hijau


Apel hijau adalah salah satu jenis buah yang sangat baik untuk menjaga kehamilan ibu hamil tetap sehat dan nyaman. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit (susah BAB) serta bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh selama masa kehamilan. Selain itu, buah apel juga bisa digunakan untuk mengatasi mual dan muntah (morning sickness) dan kandungan air di dalamnya sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi.

3. Buah Pisang


Makanan penghilang dan pencegah mual saat hamil berikutnya adalah pisang. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah ini, salah satunya adalah untuk mengatasi morning sickness. Selain bisa untuk meringankan mual, buah pisang juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan seperti asam folat, vitamin C, vitamin B6, kalsium dan lainnya. Manfaat buah pisang bagi ibu hamil bisa Anda baca secara lengkap pada :
manfaat buah pisang bagi ibu hamil dan janin

4. Buah Jeruk


Kandungan vitamin C yang cukup tinggi serta aroma harum dan rasa khas buah jeruk bisa digunakan sebagai makanan obat mual yang cukup bisa diandalkan. Mengkonsumsi jeruk secara rutin tiap hari membantu mengurangi keluhan morning sickness yang dialami ibu hamil. Untuk itu, anda bisa menggunakan jeruk sebagai menu sajian pelengkap makanan atau menjadikannya sebagai jus buah segar.
baca : manfaat buah jeruk untuk ibu hamil

5. Daun Mint


Daun mint adalah daun herbal dengan aroma segar yang sangat cocok untuk menyejukkan mood. Coba kunyah daun mint beberapa lembar tiap hari terutama pada saat pagi hari agar mual segera hilang. Apabila di daerah Anda jarang dijumpai daun mint, silakan cari permen rasa mint yang banyak dijual di warung lalu kunyahlah sebagai pengganti daun mint. Karena manfaat yang didapat cukup bagus, tidak berlebihan jika mint dimasukkan dalam kategori makanan penghilang dan pencegah mual saat hamil.

6. Kacang


Ibu hamil yang kekurangan asupan protein bisa membuat mualnya semakin parah. Oleh sebab itu ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Di sinilah kacang hadir dengan segudang protein sehingga bisa untuk mencukupi kebutuhan protein ibu hamil. Beberapa jenis kacang yang banyak mengandung protein antara lain adalah kacang tanah, kacang hijau dan kacang almond.

7. Buah tinggi kadar air


Buah buahan yang masuk dalam famili Cucurbitae (buah berair) seperti semangka, melon, tomat, blewah dan lainya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi morning sickness. Mengkonsumsi buah berair ini menyumbangkan manfaat doble, yaitu untuk menghilangkan mual dan muntah serta mencukupi cairan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi.

Makanan penghilang dan pencegah mual saat hamil yang kami tulis di atas bisa Anda konsumsi sebagai langkah sederhana yang aman dan tepat. Jika rasa mual dan muntah yang Anda alami cukup parah hingga tubuh terasa lemas dan bahkan sampai pingsan, silakan periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top