Makanan Sehat Ibu Hamil 2 Bulan Anjuran Dokter

Makanan sehat ibu hamil 2 bulan perlu dikonsumsi setiap ibu hamil karena pada masa itu, janin sedang menjalani proses perkembangan. Pada usia kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama) ibu hamil harus menjalani kehamilan dengan hati - hati karena janin dalam kandungan masih sangat rawan. Pada usia kehamilan ini, Anda harus melakukan aktifitas yang tidak membahayakan keselamatan janin dan mengkonsumsi makanan sehat.

Di usia ini, janin masih terlihat sangat kecil, namun janin terus berkembang dengan pesat hingga akhirnya terbentuk anggota tubuh yang mendekati sempurna. Bentuk perut ibu hamil pada bulan kedua masih belum kelihatan membuncit, pergerakan janin pun masih belum bisa dirasakan. Banyak keluhan yang mulai dirasakan oleh ibu hamil pada bulan ini seperti mual, muntah, pusing, lelah, letih dan lain - lain.

Untuk menghadapi kehamilan trimester pertama, ibu hamil harus benar - benar ekstra hati - hati dan berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Mengapa demikian ? karena pada usia ini janin masih sangat tergantung pada ibu, kalau kebutuhan nutrisi ibu kurang, akibat jelek bisa dialami oleh janin. Pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil pada usia kehamilan dua bulan.
Makanan Sehat Ibu Hamil 2 Bulan
source of pixabay

Makanan Sehat Ibu Hamil 2 Bulan


Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat selama mas kehamilan berjalan. Lalu apa saja yang perlu dilakukan oleh ibu hamil dalam menjaga kehamilan usia dua bulan ? salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut ini adalah ulasan mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama.

1. Sayuran Hijau


Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pada usia kehamilan muda, ibu hamil memerlukan banyak nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau. Brokoli dan bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk ibu hamil muda karena banyak mengandung asam folat dan zat besi. Zat besi diperlukan oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga bisa mencegah anemia (kurang darah). Jika ibu hamil sampai mengalami anemia, bisa jadi ibu hamil sering pingsan.
baca : sering pingsan saat hamil, berbahayakah ?

2. Buah Segar


Selain sayuran hijau, makanan sehat ibu hamil 2 bulan adalah buah segar. Buah mempunyai kandungan nutrisi yang diperlukan ibu hamil seperti buah alpukat dan buah pisang. Dua jenis buah ini mengandung banyak asam folat sehingga baik untuk membantu pertumbuhan janin. Asam folat sangat diperlukan oleh janin untuk membantu dalam pembentukan jaringan sistem syaraf dan jaringan otak. Jika ibu hamil sampai kekurangan asam folat, hal buruk bisa menimpa janin kelak setelah lahir.
baca : manfaat pisang bagi ibu hamil dan janin

Tips Kesehatan Ibu hamil 2 Bulan


Selain mengkonsumsi makanan yang baik, Anda juga harus menerapkan pola hidup yang sehat. Meskipun pola makan baik, namun jika pola hidup Anda kurang baik, kehamilan juga rawan terkena resiko yang membahayakan janin, bahkan tak jarang yang sampai mengalami keguguran. Berikut ini adalah beberapa tips agar Anda bisa menjalani kehamilan muda dengan aman dan nyaman.

Rutin Periksa


Pada usia kehamilan muda  sebaiknya Anda rutin memeriksakan kehamilan minimal sebulan sekali untuk mengetahui perkembangan janin. Pemeriksaan ini bisa Anda lakukan ke dokter atau bidan yang Anda percaya. Melalui pemeriksaan tersebut Anda akan mendapatkan informasi berharga mengenai perkembangan janin dan bagaimana cara memberi asupan nutrisi yang baik bagi janin.

Hindari Kebiasaan Buruk


Apabila sebelum hamil Anda termasuk orang yang suka merokok dan minum minuman keras, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut mulai dari usia kehamilan awal. Mengapa demikian ? karena kebiasaan tersebut sangat berefek buruk pada janin, bahkan bisa menyebabkan janin tidak berkembang. Tak hanya sebagai perokok aktif, Anda juga harus menghindari asap rokok sebab pada dasarnya perokok aktif dan perokok pasif itu sama-sama kurang baik bagi kesehatan.

Cara Makan Benar


Makanan sehat ibu hamil 2 bulan akan sia- sia jika Anda tidak menerapkan cara makan yang benar, karena pada usia kehamilan muda ibu hamil biasanya mengalami morning sickness sehingga banyak makanan yang tak diterima oleh perut meski sebenarnya mengandung banyak nutrisi. Lalu bagaimana cara makan yang benar ? yaitu makan dengan porsi sedikit tapi sering.

Istirahat Cukup


Pada awal masa kehamilan, Anda akan menjumpai kondisi badan yang tak seperti biasa. Badan terasa letih, lemas dan lelah seakan tak kuat untuk pergi jauh dari tempat tidur. keadaan ini terjadi pada ibu hamil bukan karena habis melakukan aktifitas berat, melainkan karena perubahan hormon dalam tubuh. Walaupun tidak habis melakukan aktifitas berarti, ibu hamil muda sering mengalami hal ini maka ibu hamil harus istirahat cukup agar kondisi badan tidak semakin parah.

Hindari Stress


Fikiran juga perlu Anda tata sedemikian rupa sehingga bisa menjalani kehamilan dengan rileks dan tanpa banyak dibebani fikiran. Hal ini sangat penting karena fikiran stress bisa membuat kehamilan menjadi tak terasa nyaman dan akhirnya membuat janin tidak nyaman pula. Untuk menghilangkan kepenatan fikiran Anda bisa pergi berwisata dengan anggota keluarga hanya sekedar untuk menghilangkan stress.

Konsumsi Makanan Sehat


Sebagaimana yang telah kami uraikan di atas bahwa ibu hamil harus berusaha sekuat tenaga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi guna membantu pertumbuhan janin. Makanan sehat tidak harus mahal, yang penting mengandung banyak nutrisi dan tidak membahayakan kandungan. Mengapa harus yang tidak membahayakan kandungan ? karena ada jenis makanan yang sebenarnya mengandung banyak nutrisi tapi jika dikonsumsi ibu hamil bisa membahayakan keselamatan janin.

Itulah makanan sehat ibu hamil 2 bulan dan beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat kehamilan. Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan memberi tambahan wawasan bagi kita.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top