Makanan Sehat untuk Perkembangan Janin

Makanan sehat untuk perkembangan janin tidak bisa disamakan dengan makanan umum. Oleh sebab itu makanan ibu hamil berbeda dengan wanita biasa. Perempuan biasa bebas memilih makanan yang disuka, sedangkan wanita hamil harus berhati - hati dalam menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Ibu hamil selain bertanggung jawab atas kesehatan dirinya juga bertanggung jawa atas kesehatan janin dalam kandungannya, berbeda dengan wanita biasa yang tidak mempunyai tanggung jawab selain terhadap kesehatan dirinya sendiri.

Makanan bergizi tinggi dapat membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Apabila janin mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, pertumbuhannya akan berjalan dengan baik dan lebih tahan terhadap serangan penyakit. Sebaliknya jika ibu hamil tak mau mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, dampak buruk akan menimpa janin, perkembangan janin terhambat dan mudah terserang penyakit. Kekebalan tubuh ibu hamil dan wanita biasa itu berbeda, perempuan hamil kekebalan tubuhnya cenderung menurun bila dibanding dengan wanita umum.

Selama tanda kehamilan muncul, ibu hamil harus berupaya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, jika tidak maka kekebalan tubuh bisa drop sampai tingkatan terendah. Makanan sehat untuk ibu hamil pada dasarnya adalah semua makanan yang  tinggi kandungan gizinya, bersih dan terbebas dari berbagai macam bakteri berbahaya. Walaupun banyak mengandung gizi tapi jika kotor dan mengandung bakteri berbahaya makanan tersebut juga tidak baik untuk ibu hamil, justru bisa membahayakan keselamatan janin.
Makanan Sehat untuk Perkembangan Janin
source of pixabay

Makanan Sehat untuk Perkembangan Janin


Perkembangan janin bisa berjalan dengan lancar apabila asupan nutrisi ibu hamil tercukupi. Makanan adalah faktor paling utama yang cukup berperan dalam meringankan keluhan kehamilan. Ketika kehamilan baru berusia satu hingga tiga bulan, kondisi tubuh masih belum stabil, banyak tanda hamil yang membuat ibu hamil merasa payah seperti mual, muntah, mudah lelah, nyeri di bagian tubuh tertentu dan lain - lain.

Tanda kehamilan itu semua muncul karena dampak pembuahan yang terjadi dalam rahim. Bahkan sebagian ibu hamil ada yang sampai demam karena proses pembuahan menimbulkan peradangan tubuh. Peradangan ini terjadi karena sel darah merah ibu hamil tidak bisa menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh dengan lancar.

Tak hanya demam, ibu hamil terkadang menjumpai beberapa anggota tubuhnya terasa nyeri. Ini semua merupakan tanda kehamilan yang umum terjadi di kalangan ibu hamil dan tidak berbahaya. Walaupun tidak bahaya namun jika ibu hamil tidak segera mencukupi nutrisi kehamilan dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, keadaan tersebut akan menjadi semakin parah. Banyak dijumpai kasus ibu hamil yang sering pingsan karena saking beratnya mual dan muntah di awal hamil.

Makanan sehat untuk perkembangan janin akan segera masuk ke dalam tubuh ibu jika ibu hamil tidak terlalu berat mengalami mual dan muntah. Menurut pengalaman  kehamilan trimester pertama umumnya selalu dibarengi dengan mual muntah yang tingkat keparahannya berbeda - beda. Apabila ibu hamil tidak banyak mengkonsumsi makanan tinggi zat besi, keadaan akan semakin parah. Oleh sebab itu ibu hamil muda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi.

Makanan bervitamin juga sangat diperlukan ibu hamil untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kadar asam lambung agar tetap stabil. Kelebihan asam lambung membuat mual ibu hamil semakin terasa parah saja. Untuk membantu perkembangan janin ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan tinggi protein.

Sel telur yang telah dibuahi akan terus berkembang dan pada prosesnya sel telur tersebut akan berbentuk seperti gumpalan darah. Pada masa ini ibu hamil sangat memerlukan makanan yang membantu pembentukan darah merah agar tidak sampai kurang darah (anemia). Apabila ibu hamil sampai mengalami anemia, rahim menjadi lemah dan ujung - ujungnya  terjadi pendarahan.

Seiring dengan bertambahnya usai, sel telur akan berubah menjadi segumpal daging. Pada masa ini ibu hamil perlu banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalsium agar pembentukan tulang janin berjalan dengan lancar. Kekurangan kalsium membuat tulang janin tidak berkembang sempurna, pada akhirnya bayi terlahir dengan tulang rapuh atau cacat.

Makanan sehat untuk perkembangan janin adalah makanan yang banyak mengandung gizi, sedangkan makanan yang baik untuk ibu hamil adalah makanan yang mampu membantu daya tahan tubuh tetap stabil serta tidak mengganggu tumbuh kembang janin. Sesuai dengan judul, artikel ini akan dilengkapi dengan beberapa catatan tentang makanan apa saja yang cocok dikonsumsi ibu hamil agar janin dalam kandungannya bisa tumbuh berkembang dengan baik.

Makanan Mengandung Folic Acid


Agar kebutuhan gizi terpenuhi, ibu hamil perlu mengatur makanan yang akan dikonsumsi. Ada dua cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan gizi, yaitu mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi 2 kali lipat dari biasanya dan menambah porsi makan lebih banyak 2 kali lipat daripada biasanya. Dari dua cara tersebut kebanyakan ibu hamil memilih untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi dua kali lipat, karena jika mau menambah porsi makan hingga 2 kali lipat rasanya tidak mungkin.

Selain itu menambah porsi makan juga kurang baik untuk kesehatan jantung karena dapat mengganggu kinerjanya. Apalagi saat rahim mulai terasa membesar, otomatis pencernaan ibu hamil menjadi agak sedikit terganggu dan jika makan dalam porsi besar gangguan pencernaan pun tak bisa dihindari, bahkan bisa jadi ibu hamil mengalami sembelit parah.

Untuk membantu perkembangan jaringan syaraf janin, ibu hamil hendaknya mengkonsumsi makanan dengan kandungan folic acid (asam folat) yang banyak. Selain membantu dalam proses pembentukan jaringan syaraf, asam folat juga berperan dalam proses pembentukan tulang belakang. Oleh sebab itu lah jika janin sampai kekurangan asam folat, kemungkinan buruk banyak mengancam. Apa saja makanan yang banyak mengandung asam folat itu ?
baca : makanan yang megandung asam folat tinggi

Camilan Sehat


Makanan sehat untuk perkembangan janin berikutnya adalah camilan sehat. Menjaga pola makan yang baik adalah hal wajib yang harus dilakukan selama menjalani masa kehamilan. Mengkonsumsi camilan bukanlah cara makan tak sehat, asalkan tahu kapan harus mengkonsumsi, seberapa banyak dan jenis camilan apa saja yang bagus.

Justru mengkonsumsi camilan tertentu itu direkomendasikan untuk ibu hamil untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan berjalan tanpa adanya keluhan berarti. Sebagaimana telah kami sampaikan di atas bahwa ibu hamil itu umumnya tak mampu menambah porsi makan karena membuatnya semakin terasa mual. Solusinya adalah mengkonsumsi camilan sehat, misalnya saat ibu hamil kurang berselera sarapan, ibu hamil bisa mengganti dengan camilan berkarbohidrat dan atau sareal. Mengenai camilan sehat untuk ibu hamil, beberapa waktu lalu kami telah merangkumnya pada artikel dengan judul
Cemilan sehat untuk ibu hamil trimester pertama

Sayur dan buah


Ibu hamil perlu banyak mengkonsumsi sayuran dan buah - buahan untuk mensuply asupan nutrisi tubuh. Sayur dan buah adalah jenis makanan sehat yang paling direkomendasikan untuk ibu hamil karena kandungan nutrisi di dalamnya sangat komplit dan paling aman untuk kehamilan, kecuali buah yang memang harus dihindari selama hamil muda seperti nanas, durian, nangka dan lain lain.

Makanan sehat untuk perkembangan janin itu banyak. Dengan tiga point dia atas tentu Anda bisa menyimpulkan sendiri makanan apa saja yang cocok untuk dikonsumsi ibu hamil dalam rangka membantu tumbuh kembang janin. Demikian, semoga info sederhana ini bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top