Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Luar Biasa

Manfaat buah naga untuk ibu hamil bisa dikatakan sangat banyak meski banyak orang yang belum mengetahuinya.  Buah naga adalah buah yang berasal dari Negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Buah ini telah lama berkembang di wilayah Asia terutama di Negara Cina dan digunakan sebagai salah satu bahan untuk melengkapi ritual keagamaan.

Warna merah dengan kulit bersisik merupakan ciri fisik buah ini. Jika Anda mulai mencicipinya, sensasi manis, lezat dan segar akan segera Anda rasakan. Terlepas dari rasa yang nikmat, buah ini mempunyai cukup banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia tak terkecuali perempuan yang sedang hamil.

Manfaat Buah Naga untuk ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil
source of pixabay
Pada kesempatan kali ini kami akan berusaha menjelaskan kepada Anda mengenai manfaat buah naga bagi manusia. Setelah Anda mengetahui manfaatnya Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi apalagi takut. Berikut ini adalah ulasan ringkas beberapa manfaat buah naga tersebut.

Membantu pembentukan sel darah merah

Buah naga mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Setidaknya 0,55 zat besi bisa Anda dapat dari 100 gram buah naga segar. Dengan kandungan zat besi yang sangat tinggi, ibu hamil bisa memanfaatkannya untuk mencegah kurang darah (anemia). Selain itu zat besi juga bermanfaat untuk janin dalam rangka membantu memaksimalkan tumbuh kembangnya karena zat besi mampu memperlancar pasokan nutrisi dan oksigen dari tubuh ibu ke plasenta. Oleh sebab itu jika Anda mengalami masalah anemia selama hamil cobalah untuk mengkonsumsinya secara rutin asal tidak berlebihan.
baca juga : manfaat buah anggur bagi ibu hamil

Mengandung Karbohidrat

Manfaat buah naga untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu memberikan pasokan energi. Mengapa demikian ? karena buah ini cukup banyak mengandung karbohidrat. Perlu kami informasikan kepada Anda bahwa selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil itu memerlukan kurang lebih 135 karbohidrat, sedangkan buah naga ukuran sedang bisa menyumbangkan karbohidrat 9 sampai 14 gram.

Mengandung Folat

Tidak hanya kaya zat besi dan karbohidrat, buah naga juga mempunyai kandungan asam folat yang cukup banyak. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa kebutuhan janin akan asam folat sangatlah tinggi. Asam folat sangat berguna untuk janin untuk membantu pembentukan sistem syaraf. Ahli kesehatan menuturkan bahwa janin yang kekurangan asam folat selama dalam kandungan bisa berakibat buruk pada mental bayi setelah lahir kelak.
Info lengkap : makanan yang mengandung asam folat tinggi

Mengandung serat

Perempuan yang sedang menjalani kehamilan biasanya mengalami susah BAB karena pengaruh meningkatnya hormon progesteron tubuh. Jika masalah ini tidak segera mendapat penanganan bisa membuat ibu hamil merasa tak nyaman, bahkan kehamilan bisa menyiksanya. Bagaimana cara mengatasi susah BAB ini ? caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya serat, salah satunya adalah buah naga. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi serat per hari sekitar 28 gram, sedangkan buah naga seberat 100 gram bisa menyumbangkan serat hingga 1 gram.

Tinggi nutrisi

Manfaat buah naga untuk ibu hamil lainnya tentu sangat banyak karena buah ini cukup banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh seperti kalium, protein, vitamin dan lain - lain. Salah satu vitamin yang terkandung dalam buah ini adalah vitamin B1, sedangkan vitamin B1 ini sangat bermanfaat bagi janin  untuk membantu pertumbuhan, membantu pembakaran karbohidrat dan membantu penyerapan protein.

Cara Makan Buah Naga

Karena saking banyaknya manfaat buah ini bagi manusia tentu ibu hamil pun dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Jika Anda mengkonsumsi secara monoton pasti rasa bosan akan muncul, maka Anda harus pandai - pandai membuat variasi baru dalam mengkonsumsinya. Cara makan paling mudah dilakukan adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung setelah kulitnya dikupas. Anda juga bisa membuatnya sebagai jus buah atau sebagai tambahan salad buah agar tidak bosan. Kalau suka, Anda juga bisa membuatnya sebagai milkshake yang ditambah dengan buah - buahan lainnya.

Itulah manfaat buah naga untuk ibu hamil dan cara mengkonsumsinya agar tidak bosan. Semoga dengan informasi singkat yang kami tulis di atas bisa menambah pengetahuan kita mengenai cara merawat kehamilan dengan baik.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top