Manfaat Udang untuk Ibu Hamil yang Jarang diketahui

Manfaat udang untuk ibu hamil masih belum begitu populer, bahkan masih banyak dijumpai ibu hamil yang takut mengkonsumsi udang karena adanya mitos menakutkan jika ibu hamil sampai makan udang. Sebenarnya Anda tidak perlu takut dengan mitos sebelum bisa membuktikannya secara ilmiah. Terkadang rasa takut muncul karena banyaknya mitos yang berkembang tapi apakah anda akan tetap terbelenggu dengan banyaknya mitos tanpa memperhatikan kebenarannya ??

Terlepas dari mitos kehamilan, udang adalah salah satu jenis makanan laut yang banyak disukai masyarakat. Bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih cukup membuat perut keroncongan jika melihat hasil olahannya. Tekstur dari hewan laut yang satu ini kenyal, empuk, lembut dengan daging di dalam tulang membuatnya semakin menggugah selera makan.

Udang termasuk jenis seafood yang banyak mengandung manfaat bagi tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil. Nutrisi yang disuguhkan dari makanan jenis ini memang tidak diragukan lagi, proteinnya sangat berlimpah. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk sedikit menyelami tentang kandungan manfaat pada udang terutama bagi ibu hamil.
Manfaat Udang untuk Ibu Hamil
source of pixabay

Manfaat Udang untuk Ibu Hamil


Jika Anda menilik kandungan nutrisi, udang merupakan salah satu jenis makanan hewani yang kaya akan vitamin, kolin, mineral,zat besi, seng, yodium, selenium dan zat - zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan omega 3, omega 6 dan DHA pada udang cukup banyak, ini sangat cocok bagi ibu hamil mengingat kebutuhan omega dan DHA ibu hamil sangat banyak. Lalu apa saja manfaat udang untuk ibu hamil itu ?

1. Membantu perkembangan otak bayi


Otak janin adalah organ tubuh yang sangat vital. Cerdas dan tidaknya bayi di kemudian hari itu sangat dipengaruhi oleh perkembangan otak saat masih dalam kandungan. Kandungan DHA, EPA dan kolin pada udang sangat membantu janin dalam proses pembentukan sinapsis yang nantinya sangat menentukan baik dan buruknya ingatan anak. Semakin banyak sinapsis yang terbentuk semakin baik pula ingatan anak dikemudian hari.

2. Meningkatkan sistem imun


Sistem imun atau kekebalan tubuh ibu hamil dan janin akan terjaga dengan baik apabila asupan vitamin C bisa terpenuhi. Di sinilah udang tampil dan berperan dalam menyumbangkan vitamin C kepada ibu hamil. Dengan asupan vitamin C yang cukup, ibu hamil akan menjalani masa kehamilannya dengan nyaman dan tidak mudah terserang penyakit. 

3. Mencegah terjadi anemia


Manfaat udang untuk ibu hamil berikutnya adalah mencegah anemia (kurang darah). Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa perempuan yang sedang hamil umumya mengalami anemia sebagai efek morning sickness yang dialami pada masa kehamilan trimester pertama. Kondisi dimana ibu hamil kekurangan darah ini membuatnya semakin terasa letih dan lelah. Kandungan zat besi pada udang sangat baik untuk mengatasi keluhan ini.

4. Mencegah terkena gondok


Penyakit yang menyerang pada kelenjar gondok ini ditandai dengan leher bengkak disertai dengan meningkatnya suhu tubuh dan rasa sakit yang cukup lumayan. Penyakit gondok ini terjadi karena tubuh kekurangan zat yodium, sedangkan udang mempunyai kandungan yodium cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi udang, ibu hamil akan terhindar dari penyakit gondok ini.

5. Rendah merkuri


Manfaat udang untuk ibu hamil tidak perlu diragukan, ditambah dengan kandungan merkuri yang sangat rendah membuat Anda tak perlu takut apa bila akan mengkonsumsinya. Merkuri adalah zat berbahaya yang bisa mengganggu perkembangan janin sehingga perlu dihindari. Oleh karena udang sangat rendah merkuri maka udang ini tergolong makanan yang aman bagi ibu hamil.
baca : makanan penyebab keguguran kandungan

6. Rendah kalori


Selama menjalani kehamilan, perempuan harus selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Makanan tinggi kalori sebaiknya sedikit dikurangi untuk menjaga berat badan tetap seimbang, terutama bagai ibu hamil yang mempunyai berat badan berlebih. Namun tenang saja ! Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi udang sebab kandungan kalorinya sangat rendah.

7. Membantu pembentukan tulang


Janin yang masih ada di dalam rahim sangat memerlukan banyak nutrisi untuk membantu tumbuh kembangnya. Janin membutuhkan kalsium dan vitamin D untuk dalam proses pembentukan tulang dan gigi sehingga ibu hamil perlu asupan kalsium dan vitamin D yang cukup banyak. Kalsium bisa didapat dari makanan - makanan berkalsium, salah satunya adalah udang, sedangkan vitamin D bisa didapat dari sinar matahari di pagi hari.

8. Mengontrol kolesterol


Kolesterol jahat yang menumpuk pada tubuh manusia merupakan sebuah ancaman kesehatan yang cukup berat. Bukan hanya ibu hamil, semua orang juga seperti itu. Oleh sebab itu, perlu kiranya kita kontrol kolesterol tubuh dengan cara menerapkan pola makan sehat dan berusaha menghindari segala macam makanan yang memicu naiknya kolesterol. Udang adalah salah satu jenis ikan laut yang rendah kolesterol sehingga bisa Anda jadikan sebagai pilihan lauk yang cocok.

9. Membantu mencerdaskan bayi


Manfaat udang untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu mencerdaskan anak karena kandungan omega3 dan omega 6 nya cukup tinggi. Omega3 dan omega6 sangat bermanfaat dalam membantu perkembangan otak anak. Perkembangan otak yang baik akan menghasilkan kecerdasan yang baik pula. Omega3 selain didapat dari udang juga bisa Anda dapatkan dari ikan laut lainnya. Namun Anda perlu hati - hati ! karena ikan laut itu ada yang mengandung merkuri.

Mitos Seputar Udang


Sampai sekarang banyak kabar yang terdengar bahwa udang itu tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil, jika ibu hamil sampai mengkonsumsinya, janin akan terkena gangguan kesehatan terutama penyakit kulit. Ada juga yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi udang saat hamil bisa menyebabkan janin keracunan dan berujung pada keguguran. Mitos tersebut menurut pengarang buku You and Your Baby: Pregnancy yang juga merupakan salah satu direktur persalinan Massachusetts General Hospital tidak lah benar. Beliau menyatakan bahwa konsumsi udang bagi ibu hamil itu aman.
baca : mitos dan fakta kehamilan era modern

Tips Konsumsi Udang yang Aman untuk Ibu Hamil


Walaupun kandungan gizi yang terdapat pada udang sangat banyak, namun Anda harus tetap hati - hati dan selektif dalam memilih udang yang baik. Anda harus benar - benar memilih udang yang berkualitas baik dan mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Berikut sekedar tips untuk mendapatkan manfaat udang dengan sempurna :

Tempat pembelian udang yang baik


Ketika Anda pergi keluar rumah, banyak sekali tempat yang menjual aneka macam ikan termasuk udang. Jika Anda benar - benar ingin memasak udang, sebaiknya jangan membeli udang dari sembarangan tempat. Usahakan membeli udang yang ditempatkan dalam wadah yang bersih dan udang udangnya kelihatan segar.

Pilih udang segar da bersih


Setelah Anda berhasil mendapatkan tempat penjual udang yang cocok, coba pilih udang yang masih segar dan bersih. Untuk melihat kesegaran udang, Anda bisa melihat tekstur dan warna dari udang itu. Pilih juga udang yang bersih karena udang yang kotor besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri dan parasit berbahaya lainnya.

Masak udang sampai matang


Usahakan dalam memasak udang sampai benar - benar matang agar semua bakteri yag masih tersisa bisa mati. Adapun cara memasak itu terserah Anda, sesuai dengan selera, yang penting tidak dicampur dengan bahan makanan yang membahayakan kandungan.

Itulah manfaat udang untuk ibu hamil dan beberapa informasi terkait lainnya. Semoga tulisan pendek di atas bisa memberikan informasi bermanfaat bagi Anda

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top