Minuman Sehat untuk Ibu Hamil Muda dan Janin

Minuman sehat untuk ibu hamil perlu diketahui oleh setiap ibu hamil , mengingat selama masa kehamilan berlangsung ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumi makanan dan minuman. Memang kelihatannya sangat sepele, namun jika ibu hamil meremehkan aturan minum hal buruk bisa saja menimpa kehamilan.

Ada beberapa minuman yang dianjurkan selama hamil, ada pula minuman yang dilarang. Apabila minuman yang dilarang itu nekad dikonsumsi, janin sebagai taruhannya. Jika sampai janin mengalami masalah, pasti orang tua kan yang bingung ??? Oleh sebab itu, ibu hamil harus bisa cermat dalam memilih segala macam produk makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Kali ini kami akan turut menyumbangkan informasi kepada Anda seputar minuman ibu hamil yang sehat dan aman bagi janin. Untuk lebih jelasnya silakan baca penjelasan di bawah ini
source of pixabay

Minuman Sehat untuk Ibu Hamil


Sebenarnya minuman apa saja yang bleh dan aman dikonsumsi ibu hamil itu ? Secara garis besar ada empat jenis minuman yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Empat jenis minuman tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Air Putih


Air putih sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Anjuran bagi ibu hamil setiap hari minimal harus minum 8 gelas (2 liter) air putih agar aliran darah ibu hamil berjalan lancar dan kesehatan tetap terjaga. 8 gelas itu adalah batas minimal, jadi apabila Anda minum lebih dari 8 gelas justru lebih baik.

2. Susu


Susu adalah minuman yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D sehingga sangat baik dikonsumsi ibu hamil guna membantu perkembangan janin terutama dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Kebutuhan kalsium yang cukup banyak ini perlu dipenuhi oleh ibu hamil, salah satunya adalah dengan minum susu secara rutin minimal dua gelas dalam satu hari. Apakah semua susu kehamilan itu baik dan aman ?
baca : susu ibu hamil yang bagus

3. Sport drink


Sebenarnya sport drink tidak termasuk minuman sehat untuk ibu hamil karena mengandung bahan pengawet, namun jika Anda habis melakukan aktifitas yang banyak menguras keringat sport drink bisa jadi jalan alternatif untuk segera memulihkan ion tubuh yang hilang. Perlu Anda fahami bahwa sport drink bukanlah minuman pengganti air putih, jadi jika Anda tidak banyak berkeringat jangan suka minum sport drink tapi cukup minum air putih yang banyak.

4. Jus buah


Vitamin yang terkandung dalam buah - buahan sangat diperlukan ibu hamil mulai dari awal kehamilan hingga masa kehamilan berakhir. Perlu diingat bahwa minum jus buah ini hanya untuk menambah asupan vitamin bukan untuk menggantikan air putih. Oleh sebab itu, jangan sampai meninggalkan air putih meskipun sudah minum jus buah. Apakah semua jus buah baik untuk ibu hamil ??
baca : jus buah yang baik untuk ibu hamil

Minuman yang tidak Sehat untuk Ibu Hamil


Setelah Anda mengetahui beberapa minuman ibu hamil yang direkomendasikan, tak lengkap kiranya jika Anda tidak mengetahui minuman apa saja yang dilarang. Walaupun banyak mengkonsumsi minuman yang baik namun jika sering mengkonsumsi minuman yang dilarang  kemungkinan buruk masih mengancam janin. Untuk itu Anda harus menghindari minuman di bawah ini

1. Minuman Berkafein


Kafein banyak terkandung pada minuman jenis kopi, coklat, teh dan softdrink. Pada initnya semua minuman berkafein itu tidak baik untuk ibu hamil, karena kandungan kafein itu bisa menyebabkan gangguan kehamilan bahkan bisa menyebabkan keguguran. Anda tidak perlu menghindari penuh minuman jenis ini tapi cukup membatasinya maksimal sehari secangkir saja.

2. Minuman Beralkohol


Minuman beralkohol adalah jenis minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena sangat beresiko bagi janin. Akibat yang ditimbulakn dari minuman ini cukup berat, misalnya bayi lahir dengan berat badan yang rendah, mengalami kelainan sistem syaraf, mengalami keterbelakangan mental dan ada yang sampai meninggal di kandungan. Oleh karena itu, minuman beralkohol tidak termasuk minuman sehat untuk ibu hamil.

Mitos Seputar Minuman Ibu Hamil


Ada beberapa mitos yang tersebar di masyarakat mengenai minuman yang dikonsumsi ibu hamil. Apakah mitos tersebut apakah hanya kabar yang tak benar adanya ataukah sebuah fakta yang bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah ?? Silakan simak penjelasan berikut ini :

1. Mitos minum es


Mitos pertama adalah jika ibu hamil sering minum es, bayi akan terlahir gemuk. Menurut ilmu kesehatan yang bisa membuat janin bisa gemuk adalah karbohidrat dan kalori sedangkan es sama sekali tidak mengandung dua zat tersebut, jadi mitos tersebut tidak benar. Namun jika es dicampur dengan sirup atau gula barulah bisa membuat janin gemuk.

2. Air rebusan kacang hijau


Banyak kabar yang menyebutkan bahwa minum air rebusan kacang hijau berdampak baik pada rambut janin, yaitu rambut janin bisa tumbuh dengan lebat. Benarkah kabar ini ? ternyata secara ilmiah kabar ini bukan hanya mitos. Rambut janin bisa tumbuh dengan lebat apabila protein ibu hamil tercukupi dengan baik, sedangkan air rebusan kacang hijau kandungan proteinnya sangat tinggi. Bisa dikatakan air rebusan kacang hijau merupakan minuman sehat untuk ibu hamil.

3. Minyak Goreng


Ada lagi sebuah kabar yang menyatakan bahwa persalinan ibu hamil bisa berjalan dengan lancar apabila ibu hamil mau minum minyak goreng. Sampai sekarang belum ada bukti ilmiah yang memperkuat pendapat ini jadi terserah Anda, mau percaya monggo, gak percaya ya monggo.

Pada intinya ibu hamil itu harus tetap menjaga kehamilan dengan sebaik - baiknya agar kehamilan bisa berjalan dengan baik. Jangan meremehkan bab minuman karena minuman sangatlah penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Contoh di atas bisa Anda kembangkan sendiri dalam menentukan mana saja minuman sehat untuk ibu hamil itu. Demikian info dari kami semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top