Olahraga Sehat Ibu Hamil Menurut Ahli

Olahraga sehat yang boleh dilakukan oleh ibu hamil itu apa saja sih ? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh pasangan suami istri yang sedang menjalani kehamilan terutama mereka yang saat belum hamil senang berolahraga. Sudah sepantasnya pertanyaan tersebut muncul mengingat selama menjalani kehamilan ibu hamil tidak boleh melakukan sembarang aktifitas. Kalau sembarangan melakukan jenis olahraga bisa jadi niatnya baik tapi kemalangan yang didapat.

Perempuan yang sedang hamil, semua organ tubuhnya akan bekerja lebih keras untuk menopang kehamilannya. Dalam menjalani kehamilan banyak perempuan yang mengeluhkan letih, lelah, malas, sakit kepala, sakit pinggang dan lain sebagainya. Oleh sebab itu ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan aktifitas berlebih yang membuatnya semakin kecapaian. Istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi dan melakukan olahraga ringan adalah langkah tepat agar masa kehamilan terasa menyenangkan.

Banyak istirahat bukan berarti harus bermalas - malasan di tempat tidur terus - terusan. Akan tetapi ibu hamil perlu menyeimbangkan antara melakukan aktifitas dan istirahat. Jangan berlebihan beraktifitas dan kurang istirahat karena membuat keadaan semakin kacau. Olahraga ringan justru sangat dianjurkan untuk ibu hamil guna menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.
Olahraga Sehat Ibu Hamil Menurut Ahli
source of pixabay
Olahraga sehat ibu hamil banyak manfaatnya seperti membuat nyaman istirahat tidur, menghilangkan pegal dan nyeri otot serta membuat mood ibu hamil lebih baik. Selain manfaat tersebut, olahraga di waktu hamil dimaksudkan agar nanti ketika ibu hamil menghadapi persalinan bisa menjalaninya dengan baik karena daya tahan tubuh dan otot - otot tubuhnya telah terlatih sejak awal kehamilan. Tidak hanya itu, olahraga pada saat sedang hamil juga bermanfaat untuk membantu pemulihan kondisi tubuh setelah menjalani persalinan.

pada intinya olahraga yang baik untuk ibu hamil itu adalah semua jenis olahraga yang bermanfaat untuk membantu kerja jantung, menjaga tubuh tetap bugar, menyeimbangkan berat badan dan menyiapkan otot tubuh bagian bawah dalam menghadapi persalinan. Untuk melihat lebih gamblang mengenai apa saja jenis olahraga untuk wanita mengandung, silakan Anda simak penjelasan berikut ini :

Olahraga Sehat Ibu Hamil


Jenis olahraga yang akan kami tulis di bawah ini merupakan jenis olahraga yang sangat cocok dilakukan oleh ibu hamil, namun tidak semua perempuan hamil bisa melakukannya dengan aman, semua tergantung dari kondisi kesehatan ibu hamil itu masing - masing. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan aktifitas olahraga di berikut ini.

Jalan Kaki


Jalan kaki adalah jenis olahraga ringan yang paling cocok dilakukan oleh ibu hamil. Dengan berjalan kaki, peredaran darah ibu hamil menjadi lancar dan kebugaran ibu hamil tetap terjaga dengan baik. Olahraga ini tentu sangat mudah dilakukan, hampir semua orang bisa melakukannya. Selain mudah dan murah, olahraga ini bisa dilaksanakan meski tanpa menggunakan alat apapun.

Beberapa dari pakar kesehatan ada yang menyarankan ibu hamil untuk melakukan gerakan jalan kaki minimal 30 menit dalam sehari selama masa kehamilan berlangsung. Dengan demikian dampak positif jalan kaki bagi kesehatan tubuh akan semakin terlihat jelas. Pada saat ibu hamil akan berjalan kaki sebaiknya membawa persediaan air minum mengingat kebutuhan cairan tubuh saat hamil itu sangat banyak. Jangan sampai gara - gara melakukan olahraga, ibu hamil sampai kekurangan cairan (dehidrasi).

Pilih perjalanan yang datar agar aktifitas jalan kaki terasa lebih nyaman dan tidak terlalu berat. Segera hentikan perjalanan Anda jika ternyata dalam perjalanan Anda menjumpai sesak nafas, pusing, kontraksi perut, kram kaki, pendarahan dan kram perut yang dicurigai sebagai tanda ketuban pecah. Setelah perjalanan selesai, kaki jangan ditekuk agar tidak terjadi masalah pada otot kaki.

Berenang


Olahraga sehat ibu hamil berikutnya adalah renang. Olahraga ini sangat cocok dilakukan oleh ibu hamil untuk melatih otot kaki dan tangan, membantu menurunkan berat badan dan memperbaiki kerja jantung. Meski berada di air, olahraga ini tergolong cukup banyak menguras tenaga, maka jangan lupa untuk minum air putih minimal satu gelas setiap 15 menit sekali. Walaupun termasuk jenis olahraga yang bagus, namun jangan terlalu lama dalam melakukannya agar tidak terlalu banyak memporsir tenaga. Lakukan paling tidak 30 menit saja dalam sehari, jangan lebih.
baca : manfaat olahraga renang untuk ibu hamil

Senam Hamil


Beberapa waktu yang lalu kami telah membahas tentang olahraga senam yang bisa dilakukan selama masa kehamilan berlangsung.
Info lengkap : senam hamil 9 bulan di rumah
Jangan lewatkan post di atas karena disana kami mengulas secara gamblang tentang gerakan - gerakan senam apa saja yang aman dan direkomendasikan untuk ibu hamil serta manfaatnya bagi ibu dan janin. Pada intinya senam hamil dimaksudkan untuk menjaga tubuh tetap fit, memperbaiki mood dan melenturkan otot bagian bawah dalam rangka mempersiapkan diri dalam menghadapi persalinan.

Yoga


ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam melakukan gerakan yoga, perlu atas bimbingan ahli agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. Yoga sangat cocok dilakukan oleh ibu hamil karena banyak manfaat yang bisa didapat darinya. Apa saja manfaatnya ? kurang lebih inilah manfaat yoga bagi ibu hamil
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh
  • Melatih pernafasan agar saat menjalani persalinan nanti tidak sampai kehabisan nafas
  • Menenangkan fikiran
  • Termasuk olahraga sehat ibu hamil yang mampu memperbaiki mood ibu hamil
  • dan lain - lain

Latihan beban


Banyak manfaat yang bisa didapat ibu hamil setelah melakukan latihan beban, salah satunya adalah mengurangi resiko terjadinya cidera otot dan menguatkan otot bagian bawah. Latihan ini bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah tanpa harus banyak mengeluarkan biaya. Cobalah untuk mengangkat beban ringan dan selalu sediakan air minum di samping Anda untuk berjaga - jaga bila sewaktu - waktu haus.

Peregangan


Gerakan peregangan tubuh juga sangat baik dilakukan perempuan hamil selama masa kehamilannya berlangsung. Mengapa demikian ? Karena dengan gerakan ini otot Anda akan semakin terlatih sehingga bisa mengurangi rasa sakit saat persalinan berlangsung. Selain itu, dengan latihan peregangan relaksasi ibu hamil akan banyak terbantu. 


Itulah olahraga sehat ibu hamil yang hanya bisa kami tulis sebagian saja. Jika Anda ingin berolahraga, silahkan saja ! asalkan tidak melakukan olahraga yang membahayakan keselamatan janin. bIla ada keluhan yang muncul setelah olahraga sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kehamilan Anda pada dokter kandungan terdekat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top