Pantangan Makanan saat Hamil Muda yang Jarang Diketahui

Pantangan makanan saat hamil muda memang harus diketahui oleh setiap pasangan suami istri agar kelak saat hamil kehamilannya bisa dijalani dengan baik tanpa ada masalah. Buah - buahan dan sayuran adalah jenis makanan hang sangat dianjurkan untuk ibu hamil, namun sebenarnya tidak semua jenis sayur dan buah aman dikonsumsi oleh bumil. Ada beberapa jenis buah dan sayur yang justru membahayakan keselamatan janin.

Untuk menjaga kehamilan tetap sehat, ibu hamil harus berhati - hati dalam menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Makanan yang aman dikonsumsi tak selamanya aman bagi ibu hamil. Misalnya saja buah durian, buah ini banyak disukai karena rasanya yang cukup lezat dan kandungan gizinya tinggi, namun bagi ibu hamil buah ini kurang begitu baik.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai beberapa jenis makanan yang perlu dipantang oleh ibu hamil agar kesehatan janin tetap terjaga. Untuk itu silakan Anda baca informasi berikut ini sampai dengan selesai.
Pantangan Makanan saat Hamil Muda
surce of pixabay

Pantangan Makanan saat Hamil Muda


Setelah Anda mengetahui makanan apa saja yang perlu dihindari ibu hamil selanjutnya silakan hindari semua jenis makanan tersebut agar tidak ada keluhan kehamilan yang berarti. Berikut daftar makanan yang perlu dipantang oleh ibu hamil :

1.  Lalapan


Bagi Anda yang tidak hamil, lalapan merupakan salah satu jenis makanan yang baik karena nilai gizinya sempurna dan belum rusak sama sekali. Akan tetapi bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya menghindarinya karena lalapan itu sangat rentan terhadap bakteri berbahaya. Jika Anda tetap ingin mengkonsumsi lalapan saat sedang hamil sebaiknya mencucinya sampai benar - benar bersih agar bakteri yang menempel hilang.

2.  Buah nanas


Buah nanas memang lezat dan menyegarkan, apalagi kalau dikonsumsi saat cuaca panas. Selain enak dimakan langsung, nanas juga cocok dibuat sebagai campuran es buah yang cukup menggoda hati. Namun saat Anda sedang hamil sebaiknya jangan sembarangan mengkonsumsi buah nanas karena buah ini mengandung zat aktif yang memicu kontraksi perut, dan jika konsumsinya terlalu banyak bisa menyebabkan keguguran.
baca : nanas untuk ibu hamil, berbahayakah ?

3.  Buah durian


Buah durian termasuk pantangan makanan saat hamil muda walaupun rasanya cukup lezat. Sebaiknya Anda tahan sebentar keinginan Anda untuk menikmati buah ini sampai sang buah hati terlahir ke dunia. Mengapa demikian ? karena buah ini banyak mengandung alkohol yang dapat menimbulkan kontraksi perut pemicu terjadinya keguguran.

4.  Buah pepaya


Buah pepaya dilarang untuk dikonsumsi selama masa kehamilan berjalan karena buah ini getahnya bisa menimbulkan kontraksi perut jika sampai ikut termakan. Buah pepaya yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil adalah buah pepaya mentah atau setengah matang karena masih banyak mengandung getah. Sedangkan pepaya yang sudah matang aman dikonsusmi ibu hamil, bahkan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit (susah BAB).

5.  Sayur pare


Sayur pare sebenarnya cukup baik bagi kesehatan janin karena banyak mengandung asam folat, namun jika Anda mengkonsumsi pare dalam jumlah banyak justru tidak baik bagi kehamilan karena zat yang terkandung di dalamnya memicu terjadinya kontraksi dini. Oleh sebab itu, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi sayur pare.

6.  Tape


Di Negara kita tape merupakan salah satu jenis makanan yang terkenal dan tersebar di seluruh pelosok Tanah Air. Ada banyak jenis tape yang bisa Anda jumpai di Negeri ini seperti tape singkong, tape ketan dan lain - lain. Semua jenis tape perlu dihindari oleh ibu hamil karena banyak mengandung alkohol.

7.  Sushi


Sushi adalah jenis makanan yang berasal dari Negara tetangga, yaitu Jepang. Sushi tergolong pantangan makanan saat hamil muda karena termasuk makanan yang cara konsumsinya dengan keadaan mentah. Sushi sangat tidak direkomendasikan untuk ibu hamil karena kemungkinan banyaknya bakteri yang masih hidup di dalamnya karena tidak dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

8.  Ikan yang mengandung zat berbahaya


Ikan memang termasuk makanan sehat dan baik dikonsumsi oleh siapa saja tak terkecuali ibu hamil. Hal ini disebabkan karena banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya seperti protein dan omega 3. Akan tetapi ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi ikan, karena ada sebagian ikan laut yang mengandung merkuri cukup tinggi sehingga mengancam keselamatan janin.

9.  Seafood mentah


Seafood yang dikonsumsi mentah juga perlu dihindari selama menjalani masa kehamilan karena kemungkinan ada banyak bakteri berbahaya yang ada di dalamnya. Jika dimasak terlebih dahulu seafood aman bagi ibu hamil, bahkan dianjurkan karena banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh janin. Namun jika dimakan mentah, seafood sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

10.  Susu dan Keju yang tidak di pasteurisasi


Produk susu dan keju yang di jual di pasaran saat ini sangat banyak. Kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu dan keju sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Namun jika susu dan keju tersebut tidak dipasteurisasi justru menjadi pantangan makanan saat hamil muda sebab masih terkontaminasi dengan berbagai macam bakteri.
Selengkapnya silakan baca : susu ibu hamil muda yang bagus untuk dikonsumsi

11. Makanan dengan pemanis


Aneka jenis makanan yang dibuat dengan menggunakan pemanis buatan sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil . Hal ini dikarenakan janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Apabila ibu hamil nekat mengkonsumsi makanan dengan pemanis buatan, resiko yang ditimbulkan antara lain adalah sebagai berikut :
  • Terjadi gangguan pada sistem syaraf janin
  • Organ dalam janin seperti paru - paru dan jantung tidak bisa terbentuk dengan sempurna
  • Janin mengalami infeksi

12. Makanan terlalu manis


Aneka jenis  makanan dan minuman yang banyak mengandung gula juga perlu dihindari oleh ibu hamil. Mengapa demikian ? karena zat gula yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh pada akhirnya juga diserap oleh janin sehingga janin menjadi terlalu gemuk. Hal ini sebenarnya aman - aman saja, namun pada saat proses persalinan, bayi akan lebih sulit lahir. Satu lagi efek buruk yang ditimbulkan dari terlalu banyak makan manis, yaitu gula darah ibu hamil menjadi terlalu tinggi.

13. Makanan dengan bahan pengawet


Bahan pengawet jenis apapun sebenarnya kurang baik bagi janin karena janin masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Jika ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet hal buruk bisa dialami oleh janin seperti gangguan pertumbuhan dan gangguan perkembangan sistem sayraf.

Pantangan makanan saat hamil muda yang kami tulis di atas sebaiknya Anda hindari selama masa kehamilan berlangsung. Pastikan Anda konsumsi makanan sehat selama kehamilan dan jangan pernah melakukan aktifitas yang membahayakan keselamatan janin. Semoga kehamilan bunda bisa berjalan dengan aman, nyaman, sehat dan menyenangkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top