Saran Ibu Hamil agar Sehat dan Nyaman

Saran untuk ibu hamil agar kehamilan bisa dijalani dengan nyaman perlu didapatkan setiap wanita mengandung terutama bagi mereka yang baru pertama kali hamil. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa perkembangan janin dalam kandungan itu sangat tergantung dengan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu. Semakin bertambah usai kehamilan, bertambah pula asupan nutrisi yang diperlukan oleh janin. Oleh karena itu ibu hamil perlu memperhatikan semua makanan yang akan dikonsumsi.

Di samping mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, ibu hamil juga harus menghindari aneka jenis makanan yang bisa mengakibatkan keguguran kandungan. Sebenarnya menjalani kehamilan tidak serumit yang Anda bayangkan. Jika Anda saat ini sedang hamil coba telaah semua saran dan masukan yang Anda terima lalu praktekkan hal yang Anda rasa masuk akal.

Di sini kami juga akan memberikan beberapa saran yang mungkin Anda butuhkan selama menjalani kehamilan. Coba perhatikan dengan baik setiap point yang kami tulis di bawah ini lalu terapkan sesuai kadar kemampuan. Dengan demikian, kami berharap kehamilan yang sedang Anda jalani bisa berjalan dengan aman, sehat dan nyaman.
Saran Ibu Hamil
source of pixabay

Saran Ibu Hamil Sehat dan Nyaman


Pada saat usia kehamilan masih tergolong muda, yaitu usai trimester pertama umumnya ibu hamil menjumpai berbagai macam keluhan seperti mual, muntah, pusing, badan lemas dan lain - lain. Di sisi lain, janin dalam kandungan pada usai ini sangat memerlukan banyak asupan nutrisi untuk membantu pertumbuhannya.

Jika dalam usai ini janin mengalami kekurangan nutrisi, besar resiko mengalami masalah pada pertumbuhannya. Oleh karena itu pada usai kehamilan trimester pertama ibu hamil harus menjaga pola makan yang baik agar kebutuhan gizi tercukupi. Pada usai kandungan 3 bulan pertama ibu hamil banyak memerlukan protein, mineral, karbohidrat, lemak, protein dan vitamin.

Zat tersebut di atas diperlukan oleh ibu hamil untuk melancarkan metabolisme tubuh, menjaga kekebalan tubuh dan membantu janin dalam pertumbuhannya. Pada saat hamil muda, janin mulai membentuk sistem syaraf dan organ tubuh penting seperti jantung, paru - paru dan lainnya. Oleh karena itu, saran untuk ibu hamil trimester pertama dalam urusan pemenuhan gizi antara lain adalah sebagai berikut :

Konsumsi makanan mengandung asam folat


Asam folat sangat diperlukan oleh janin untuk membantu pembentukan sistem syaraf. Janin yang kekurangan asam folat sangat beresiko mengalami kelahiran cacat. Buah yang mengandung banyak asam folat antara lain adalah alpukat, pisang, jeruk dan lain - lain. Sedangkan sayuran yang tinggi asam folatnya adalah sayuran berwarna hijau seperti brokoli dan bayam.
Selengkapnya silahkan baca : makanan yang mengandung asam folat tinggi

Konsumsi makanan  yang mengandung vitamin C


Vitamin C diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam serangan penyakit, menjaga kulit tetap halus dan melancarkan pencernaan. Umumnya ibu hamil mengalami sembelit (susah BAB), dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi dan dibarengi vitamin C masalah sembelit bisa teratasi. Adapun makanan yang banyak mengandung vitamin C diantaranya adalah paprika, jeruk, pepaya, tomat, brokoli dan bayam.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D


Saran bagi ibu hamil berikutnya adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D. Vitamin ini diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu memperbaiki penyerapan kalsium oleh tubuh dan membantu menjaga keseimbangan mineral dalam darah. Anda bisa mendapatkan vitamin D antara lain dari beberapa point berikut ini :
  • Makanan ==> ikan, telur, susu
  • Suplemen ==> minyak ikan
  • Paparan sinar matahari di pagi hari

Vitamin B12


Vitamin B12 juga diperlukan oleh ibu hamil untuk menormalkan fungsi sel, terutama sel sumsum tulang belakang, sistem urat syaraf dan saluran pencernaan. Beberapa makanan yang banyak terdapat vitamin B12 antara lain adalah produk fermentasi seperti kecap, tauco, oncom, tempe, tahu dan lain - lain.
info lengkap : kebutuhan vitamin ibu hamil

Lemak esensial


Lemak esensial disarankan untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan selama menjalani masa kehamilan. Jenis lemak ini tidak bisa dibuat oleh tubuh, melainkan diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. Lemak ini bisa Anda peroleh dari ikan segar, kacang - kacangan, minyak sayur, biji wijen dan biji bunga matahari.

Dalam menjaga kehamilan tetap sehat, ibu hamil harus memperhatikan pola hidup dan pola makan sehat. Jangan sembarangan dalam melakukan aktifitas, mengkonsumsi makan dan melakukan program diet. Ibu hamil sebaiknya jangan sampai :
  • Tidak mau sarapan
  • Tidak teratur makan
  • Makanan dengan gizi tidak lengkap
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat kimia
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi kalori
  • Minum obat tanpa resep dokter
Saran ibu hamil di atas bisa Anda terapkan dengan mudah karena sangat sederhana. Pada intinya : menjaga kehamilan itu mudah, tidak membuat pusing dan tidak memberatkan. Cukup melakukan beberapa langkah sederhana saja kehamilan akan bisa Anda jalani dengan nyaman. Jangan malah membebani kehamilan dengan fikiran aneh - aneh karena bisa membuat kehamilan tak nyaman.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top