Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama perlu dikonsumsi oleh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kekurangan nutrisi dari sayuran berdampak kurang baik bagi kesehatan ibu dan janin. Ada banyak jenis sayuran yang dapat dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya seperti kacang - kacangan, bayam, kangkung dan lain - lain.

Ibu hamil perlu makan sayur yang banyak mengandung zat besi untuk mencegah terjadinya anemia (kurang darah). Selain itu, ibu hamil juga memerlukan sayuran yang mengandung banyak asam folat untuk menjaga kesehatan janin dan membantu tumbuh kembangnya. Meski ibu hamil perlu banyak makan sayur namun ibu hamil harus tetap selektif dalam memilih sayuran, jangan salah pilih.

Kali ini, kami akan tuliskan beberapa jenis sayuran yang bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.  Dengan informasi ini kami berharap agar Anda tidak salah memilih sayuran sehingga kehamilan bisa Anda jalani dengan nyaman dan sehat hingga tiba saat persalinan tiba.
Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama
source of pixabay

Sayuran yang Baik Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama


Pada usai kehamilan trimester pertama, ibu hamil harus benar - benar menjaga pola makan yang baik karena pada saat itu janin masih sangat bergantung pada ibu. Di sisi lain, ibu hamil pada masa ini banyak sekali menjumpai keluhan - keluhan kehamilan seperti mual, muntah, pusing, letih, lelah dan lain - lain. Oleh karena itu pada usai ini sebaiknya ibu hamil banyak mengkonsumsi sayuran kaya nutrisi seperti yang kami terangkan di bawah ini :

1. Kangkung


Sayuran sederhana yang banyak di jumpai di daerah kita ini ternyata mengandung banyak manfaat bagi ibu hamil. Kandungan selenium dan zick pada kangkung membuat urat syaraf ibu hamil menjadi lebih rileks sehingga menjadikan istirahat tidur menjadi lebih berkualitas. Konsumsi sayur kangkung dengan teratur mampu  mencegah insomnia.

2. Kacang kacangan


Berbagai macam jenis kacang sangat cocok dikonsumsi ibu hamil karena banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin. Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah kacang buncis karena banyak mengandung asam folat dan kalsium.
baca juga : nanas untuk ibu hami, berbahayakah ?

3. Kol dan kembang kol


Sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama berikutnya adalah kembang kol dan kol. Sayuran ini cukup baik bagi ibu hamil karena mengandung asam folat. Pastikan Anda memasak kol dan kembang kol sampai benar - benar matang, jangan dikonsumsi dalam keadaan mentah untuk menghindari ancaman bakteri berbahaya.

4. Bayam


Bayam mengandung banyak vitamin, mineral dan asam folat sehingga sangat cocok untuk ibu hamil. Vitamin yang terkandung dalam sayuran yang satu ini antara lain adalah vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam  sayur bayam bermanfaat untuk mengatasi keluhan letih dan lelah saat hamil muda. Dengan demikian tubuh ibu hamil terasa lebih segar, tegar dan bugar.

5. Brokoli


Brokoli mempunyai kandungan yang hampir sama dengan bayam. Vitamin, mineral dan asam folat banyak dijumpai pada sayuran ini. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa asam folat sangat diperlukan oleh janin untuk membantu tumbuh kembangnya. Jangan sampai janin kekurangan asam folat, karena sangat beresiko mengalami cacat lahir.

6. Jagung


Meski kelihatan sederhana tapi jagung juga termasuk sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam jagung cukup banyak, salah satunya adalah vitamin B12 dan kalium. Anda bisa memperoleh manfaat dari jagung dengan cara mengkonsumsi aneka macam olahan jagung seperti jagung bakar, sayur jagung dan lainnya.

7. Terong ungu


Terong ungu memang terlihat sangat sederhana, seakan tak ada manfaatnya. Akan tetapi di luar diguaan, jenis sayur sederhana ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti asam folat, zat besi, vitamin C, B1, B2 dan kalori. Sebagian orang ada yang suka menggunakan terong ungu sebagai lalapan, oleh karena itu kami sarankan bagi ibu hamil untuk mencucinya sampai benar - benar bersih jika mau menggunakannya sebagai lalapan.
baca juga : buah buahan yang bagus buat ibu hamil
Sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama tidak hanya sebatas tujuh jenis sayur di atas, namun masih ada lainnya yang belum kami tulis pada kesempatan kali ini karena keterbatasn waktu dan tempat. Insya@ di lain kesempatan akan kami sambung lagi. Semoga tulisan singkat ini mampu menyuguhkan informasi bermanfaat bagi Anda.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top