Senam Hamil 9 Bulan di Rumah dan Manfaatnya

Senam saat hamil 9 bulan di rumah perlu dilakukan oleh ibu hamil agar bisa tenang dalam menghadapi proses persalinan. Anda pasti tahu betapa mendebarkannya proses persalinan itu sehingga tak ada salahnya jika ibu hamil melakukan gerakan - gerakan senam yang menenangkan hati dan segala macam persiapan fisik serta mental agar nantinya proses persalinan berjalan dengan lancar.

Senam ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk melenturkan otot otot badan yang terkait saat proses persalinan nanti. Selain itu senam ini bertujuan untuk menenangkan pikiran ibu hamil. Pada kesempatan yang baik ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih dekat tentang gerakan senam ibu hamil jelang persalinan dan beberapa manfaat yang didapat.

Gerakan Senam Hamil 9 Bulan di Rumah

source of flickr
Walaupun perut sudah cukup besar bukan berarti ibu hamil harus duduk dan tiduran tiap hari. Ibu hamil perlu melakukan beberapa aktifitas yang membuat dirinya sehat, tegar dan bugar, salah satunya adalah dengan melakukan gerakan senam. Senam ini banyak macamnya, salah satu diantaranya adalah senam kegel yang berguna untuk melenturkan dan menguatkan otot panggul sehingga membantu proses persalinan nantinya.

Ibu hamil usia 9 bulan dianjurkan melakukan senam yang dilakukan dengan waktu tidak terlalu lama. Adapun gerakan dasar senam ini adalah punggung diluruskan lalu badan diturunkan sampai dengan posisi jongkok. Pada posisi ini tahan kurang lebih 10 hitungan lalu kembali lagi pada posisi semula. Lakukan gerakan itu beberapa kali rutin tiap hari untuk menguatkan otot panggul dan paha. Selain itu Anda bisa melakukan gerakan senam berikut ini.
baca juga  : olahraga yang aman untuk ibu hamil

1. Duduk Bersila

Duduk bersila bisa Anda lakukan sebagai gerakan senam hamil 9 bulan di rumah. Selain mudah, gerakan senam ini bisa dilakukan tanpa membutuhkan banyak biaya. Untuk melakukan gerakan ini silakan duduk di atas lantai atau matras dengan posisi bersila dan tangan diletakkan di atas paha. Atur napas Anda dan posisikan jiwa Anda setenang mungkin seperti ketika Anda melakukan senam yoga. Tarik napas dalam - dalam, tahan dalam perut lalu keluarkan perlahan - lahan.

2. Merangkak

Untuk mempersiapkan otot bagian bawah tubuh saat usia kehamilan telah memasuki bulan ke 9 Anda bisa melakukan gerakan seperti orang yang sedang merangkak. Setelah posisi tubuh siap silakan lakukan gerakan mengejan yaitu menarik napas dengan hidung dengan posisi mulut terbuka dan keluarkan dalam keadaan mulut tertutup. Istilah gampangnya adalah mengejan seperti ketika Anda sedang BAB.

3. Gerakan Jongkok

Selain kedua gerakan di atas Anda juga bisa melakukan gerakan jongkok. Caranya adalah dengan memposisikan diri dengan berdiri tegak lurus lalu jongkok perlahan dengan posisi tetap tegak. Untuk mendapatkan manfaat dari gerakan ini sebaiknya tahan posisi jongkok dalam waktu beberapa menit. Gerakan ini bisa melatih kekuatan otot panggul dan paha ibu hamil.

4. Kupu-Kupu

Gerakan senam hamil 9 bulan di rumah berikutnya adalah gerakan kupu - kupu. Kalau dilihat dari namanya seakan gerakan ini sulit, namun sebenarnya gerakan ini tidak sesulit yang Anda bayangkan. Praktek gerakan ini adalah duduk seperti bersila namun telapak kaki kanan dan kiri ditemukan menjadi satu. Setelah siap seperti itu silakan tekan lutut kanan dan kiri ke bawah berulang - ulang.

5. Berjalan Kaki

Selain gerakan senam Anda juga bisa berjalan kaki biasa untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Tidak hanya bagi ibu hamil usia trimester ketiga yang dianjurkan untuk berjalan kaki tapi sejak awal kehamilan hendaknya ibu hamil mulai menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan aktifitas bermanfaat, salah satunya adalah dengan berjalan kaki.
baca juga : manfaat olahraga renang untuk ibu hamil

Manfaat Senam Hamil 9 Bulan

Berbagai macam gerakan dan aktifitas yang dikerjakan oleh ibu hamil pada usia kehamilan akhir efeknya sangat terasa ketika nanti menjalani proses persalinan. Sebagaimana yang telah kami utarakan di atas bahwa manfaat gerakan senam bagi ibu hamil tua selain menjaga kesehatan juga membantu proses persalinan yang akan dialami, karena gerakan senam ini dimaksudkan untuk melatih pernapasan dan meregangkan otot tubuh bawah seperti panggul dan paha.

Manfaat lain dari gerakan senam itu adalah membantu memposisikan janin pada posisi yang benar. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa banyak kasus yang dialami ibu hamil dimana janin posisinya tidak benar sehingga menyulitkan proses persalinan bahkan ada yang sampai harus dioperasi caesar demi penyelamatan ibu dan anak. Dengan melakukan gerakan senam di atas posisi janin akan terbantu untuk menempatkan sebagaimana mestinya.

Gerakan senam hamil 9 bulan di atas sangat direkomendasikan oleh pakar kesehatan di seluruh dunia wabilkhusus bagi perempuan yang baru pertama kali hamil. Selain dengan melakukan gerakan senam, Anda juga harus mensuply tubuh dengan asupan nutrisi yang cukup, jangan sampai kekurangan gizi. Dengan demikian proses persalinan Anda InsyaAllah Akan diberi kelancaran dan kemudahan. Amiin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top