Susu Sapi Murni Apakah Baik untuk Ibu Hamil ?

Susu sapi murni untuk ibu hamil ternyata kurang baik untuk ibu hamil dan bayi karena bakteri yang terkandung di dalamnya belum dibasmi sehingga membuat sistem kekebalan tubuh rapuh. Menurut penjelasan dokter anak AS, wanita hamil dan anak kecil yang sering minum susu mentah (susu murni) sangat beresiko dalam pengembangan penyakit yang sedang dideritanya.

Ibu hamil yang lebih memilih susu murni daripada susu yang telah dipasteurisasi resiko terkena infeksi akan meningkat lima kali lipat. Infeksi yang sangat mengancam kehamilan seperti infeksi bakteri tokoplasma dan listeria lebih banyak ditemukan pada susu mentah. Oleh sebab itu, ahli kesehatan menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi susu yang telah dipasteurisasi.
source of pixabay
Banyaknya kematian bayi saat lahir, kelahiran prematur, sepsis dan miningitis  pada bayi sangat berkaitan erat dengan infeksi ibu hamil terhadap bakteri berbahaya seperti tokoplasma dan listeria. Sedangkan susu murni yang belum dipasteurisasi itu besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Itulah alasan mengapa ibu hamil tidak dianjurkan untuk minum susu murni.

Susu Murni Untuk Ibu Hamil


Saat ini di Sebagian Negara sudah mulai melarang penjualan susu mentah dan segala macam produknya. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, mengingat betapa bahayanya susu mentah bagi kesehatan terutama bagi anak dan ibu hamil. Larangan tersebut ternyata malah mendapat banyak dukungan terutama dari para ahli kesehatan dunia.

Hasil penelitian di Amerika beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa sekitar 30% produk susu yang tersebar di Negaranya adalah susu murni. Dari penelitian tersebut telah disimpulkan bahwa susu mentah menghasilkan 93 wabah penyakit, dua diantaranya meninggal dunia, 195 rawat inap dan hampir 2000 orang mengalami diare dan kram perut.

Susu murni untuk ib hamil benar - benar tidak dianjurkan karena saking banyaknya resiko yang akan didapat. Infeksi yang diakibatkan karena minum susu mentah pada mulanya ditandai dengan kram perut dan diare. Jika masalah tersebut tak segera mendapat penanganan lambat laut akan menjadi semakin parah, bahkan ada yang sampai meninggal dunia.

Efek negatif yang diperoleh dari susu tak dipasteurisasi bagi anak dan ibu hamil memang menakutkan. Sekitar 20 persen dari ibu hamil yang terinfeksi oleh bakteri listeria akhirnya mengalami keguguran, sedangkan 2/3 bayi yang ibunya terkena infeksi listeria berujung pada pengembangan infeksi lain seperti miningitis, sepsis dan pneumonia. 

Untuk mendapatkan kemanfaatan dari banyaknya nilai gizi yang terkandung dalam susu sebaiknya ibu hamil memilih produk susu UHT dan susu yang dipasteurisasi. Selain kandungan gizinya masih lengkap, susu UHT dan susu dipasteurisasi sudah terbebas dari aneka macam bakteri berbahaya. Untuk informasi lengkapnya kami sudah tulis dalam dua artikel
merk susu UHT yang bagus untuk ibu hamil 
susu ibu hamil yang bagus
Memang para pendukung susu murni mengatakan bahwa susu mentah itu aman dan memiliki kandungan nutrisi dari faktor alam yang tidak ada pada susu dipasteurisasi. Namun pernyataan tersebut hingga sekarang belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Justru sebaliknya, apakah mereka menemukan bukti kuat bahwa susu dipasteurisasi itu nilai gizinya rusak.

Susu sapi murni apakah baik untuk ibu hamil ? ternyata kurang begitu baik karena besarnya resiko yang mengancam. Demikianlah info ringkas ini kami tulis semoga bermanfaat..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top