Tanda Awal Mengandung Minggu Pertama

Tanda awal mengandung sangat perlu diketahui oleh pasangan suami istri, pasalnya kehamilan yang tak segera mendapat perlakukan semestinya bisa berakibat buruk. Misalnya saja perempuan yang harus pergi bekerja dengan naik motor, jika sembarangan dalam mengendarai motor di awal kehamilan hal buruk kemungkinan akan terjadi.

Ketika pasangan suami istri telah mengetahui kehamilan pada dirinya, perlakukan terhadap kandungan harus dilakukan dengan sebaik - baiknya, tidak boleh sembarangan melakukan aktifitas dan tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Salah satu contohnya adalah minum kopi, bagi selain ibu hamil minum kopi tergolong aman, namun beda ceritanya jika yang meminum adalah ibu hamil.
Tanda Awal Mengandung Minggu Pertama
source of pixabay
Olahraga sangat direkomendasikan untuk semua manusia demi menjaga kesehatan dan kebugaran badan, akan tetapi bagi ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam memilih jenis olahraga yang akan dilakukan. Olahraga ekstreem sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena sangat beresiko pada keselamatan janin. Olahraga yang boleh dilakukan oleh ibu hamil itu apa saja ?
baca : olahraga yang baik untuk ibu hamil
Kembali ke topik pembahasan, kali ini kami akan menjelaskan lagi tentang tanda kehamilan yang di alami oleh perempuan. Apa saja tanda kehamilan itu ? Simak penjelasan berikut

Tanda Awal Mengandung Minggu Pertama


Usia kehamilan satu minggu memang belum banyak tanda yang muncul sehingga banyak pasangan suami istri yang tidak merasa kalau dirinya sedang hamil. Setidaknya dengan penjelasan berikut ini Anda akan lebih mengenali kehamilan jika suatu saat Anda alami. Beberapa tanda tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pendarahan

Pada minggu pertama perempuan mengandung biasanya akan muncul pendarahan kecil dengan warna merah atau kecoklatan akibat implantation bleeding (proses menempelnya embrio pada dinding rahim). Pendarahan ini terjadi dalam waktu tak lama, paling cuma 2 sampai 3 hari saja dan jumlah darah yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. info lengkap mengenai berapa banyak dan berapa lama pendarahan implantasi silakan Anda baca pada artikel  sebelum ini dengan judul
Bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?
Munculnya bercak darah tanda hamil ini biasanya dibarengi dengan kram perut ringan. Ingat ! hanya kram ringan. Jika Anda menjumpai kram perut terlalu melilit dan tak kunjung henti dalam waktu beberapa hari sebaiknya dikonsultasikan ke dokter. Jadi tanda awal mengandung yang bisa dilihat dan dirasakan pada minggu pertama salah satunya adalah keluar bercak darah dibarengi dengan kram perut ringan.

2. Morning Sickness

Morning sickness adalah rasa mual dan muntah yang banyak di alami oleh ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama yang disebabkan karena meningkatnya hormon HCG dalam tubuh perempuan hamil. Munculnya morning sickness ini antara perempuan yang satu dengan yang lain tidak sama, ada yang sejak minggu pertama kehamilan sudah muncul namun ada juga yang baru muncul setelah usia kehamilan sebulan. Apabila Anda merasa mual dan muntah disertai dengan sedikit rasa pusing bisa jadi Anda sedang hamil maka lakukan test kehamilan dengan testpack guna memastikan kehamilan Anda.

3. Indra Penciuman Menjadi Sensitif

Semakin sensitifnya indra penciuman ini erat kaitannya dengan morning sickness. Biasanya perempuan hamil penciumannya menjadi aneh, apabila dulu sebelum hamil suka dengan makanan berbau menyengat tapi sekarang setelah hamil kebalikannya, ketika mencium aroma menyengat akan menambah rasa mual dan ingin muntah. Namun demikian ada juga wanita hamil yang tidak ada perubahan pada indra penciumannya. Tanda awal mengandung setiap wanita memang tidak sama persis namun secara umum ada kemiripan.

4. Beberapa Anggota Tubuh Menjadi Sensitif

Karena perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil, beberapa anggota tubuh ibu hamil akan berubah menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Paha, lengan dan p@yud@ra perempuan yang sedang hamil umumnya menjadi sangat sensitif terutama p@yud@ra dan sekitarnya. Walaupun hanya tersenggol oleh kain terkadang sudah terasa banget.

5. Pusing dan Mudah Lelah

Inilah tanda wanita hamil yang paling banyak dialami, yaitu tubuh terasa letih, lelah, pusing dan malas. Menurut penuturan para ahli keadaan ini terjadi karena peningkatan hormon kehamilan. Jika Anda mengalami keadaan ini di awal kehamilan sebaiknya lakukan penanganan penanganan yang tepat antara lain :
  1. Berusaha untuk mengkonsumsi makanan bergizi walaupun sering mual
  2. Lengkapi kebutuhan nutrisi dengan sayur, buah dan susu
  3. Lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, senam yoga, senam pernafasan dll
  4. Jangan melakukan aktifitas yang berat
  5. istirahat cukup
Itulah tanda awal mengandung minggu pertama yang banyak dijumpai pada perempuan. Dengan mengetahui tanda hamil tersebut Anda akan segera mengetahui kehamilan yang Anda alami sehingga bisa segera memperlakukan kehamilan dengan semestinya. Semoga kehamilan Anda menyenangkan dan tak banyak keluhan sampai tiba saatnya persalinan nanti.

1 komentar:

informasinya bermanfaat sekali.. yang paling banyak dirasakan sih morning sick kayaknya, paling banyak jadi acuan kehamilan juga. Terima kasih

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar spam dan atau dengan link aktif tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top