Tips Pola Makan Sehat Wanita hamil Terlengkap

Pola makan sehat wanita hamil - Nutrisi wanita hamil besar pengaruhnya terhadap kesehatan ibu dan janin. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi kebutuhan nutrisi ibu hamil akan tercukupi sehingga kehamilan bisa dijalani dengan sehat dan nyaman. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral, protein,vitamin, asam folat dan zat besi.

Selain asupan nutrisi yang baik, ibu hamil perlu menjaga pola makan yang sehat agar tubuh bisa menyerap nutrisi tersebut dengan baik. Ibu hamil tidak perlu mengkonsumsi makanan dalam jumlah terlalu banyak, yang perlu dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat dan seimbang. Membuat variasi menu makanan sehat merupakan salah satu cara ampuh untuk memberikan asupan nutrisi seimbang bagi ibu hamil.

Menurut AKG Indonesia, wanita hamil membutuhkan asupan nutrisi 180 kk setiap hari pada usai kehamilan trimesetr pertama guna menjaga tubuh tetap bugar dan janin sehat. Jika kebutuhan nutrisi tersebut tidak bisa tercukupi, dampak negatifnya tidak hanya dirasakan ibu,  janin pun akan mendapatkan dampak buruknya. Sedangkan pada usia kehamilan trimester kedua ibu hamil lebih banyak lagi memerlukan kalori hingga 300kk per hari.
Tips Pola Makan Sehat Wanita hamil
source of pixabay

Tips Pola Makan Sehat Wanita Hamil


Pada saat wanita sedang menjalani masa kehamilan, banyak keluhan yang dirasakan terutama pada usia kehamilan muda seperti mual, muntah, letih pusing dan lainnya. Keluhan ini berdampak pada kurangnya asupan nutrisi ibu hamil karena perut tidak sering kali menolak makanan yang masuk. Bahkan ada di antara mereka yang sampai hilang nafsu makannya dan sering pingsan karena kurang nutrisi.

Memang mual dan muntah yang dialami ibu hamil itu tingkat keparahannya berbeda - beda, namun jangan sampai tledor hanya gara - gara mendengar mitos yang berkembang di masyarakat. Mengapa demikian ? karena di usia kehamilan muda, janin hanya bergantung pada ibu, jika ibu tercukupi nutrisinya , janin pun akan tumbuh berkembang dengan baik. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan coba membantu Anda untuk mengatur pola makan selama hamil agar kebutuhan nutrisi selalu tercukupi.

Tips Sehat Wanita Hamil Trimester Pertama

  • Pada saat bangun tidur, jangan langsung beranjak, diam dulu sekitar lima sampai sepuluh menit
  • Minum susu hangat di pagi hari sangat baik untuk menambah asupan kalsium dan vitamin ibu hamil
  • Tips pola makan sehat wanita hamil yang perlu diterapakan ibu hamil di pagi hari adalah sarapan dengan menu makan yang tidak terlalu banyak mengandung bumbu rempah karena bisa menambah rasa mual
  • Makan sedikit tapi sering, jika sebelum hamil anda lebih suka makan banyak tapi jarang, pada usai kehamilan muda ini rubah pola makan Anda untuk mengurangi mual
  • Jangan sekali - kali menguji tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang memicu bertambah parahnya mual dan muntah
  • Hindari segala macam makanan yang bisa membahayakan kandungan

Tips Sehat Wanita Hamil Trimester Kedua


Pada saat usai kehamilan telah memasuki trimester kedua, Anda harus tetap waspada dan hati - hati. Jangan sembrono dalam melakukan aktifitas dan mengkonsumsi makanan. Di usai ini, bentuk tubuh ibu hamil berubah cukup banyak terutama di bagian perut, sehingga sangat berpengaruh pada kualitas tidur malam ibu hamil. Untuk itu Anda perlu melakukan beberapa tips di bawah ini :

Di malam hari, ibu hamil sering kali menjumpai susah tidur, kram di bagian kaki, sesak napas perut kembung dan lainnya. Walaupun keadaannya bagaimana saja, ibu hamil harus tetap waspada dan hati - hati serta berusaha sekuat tenaga untuk bisa mencukupi kebutuhan istirahatnya. Untuk itu, Anda perlu melakukan tips sederhana di bawah ini untuk tetap menjaga kesehatan

1. Menghindari alkohol dan kafein


Tips pola makan sehat wanita hamil trimseter kedua salah satunya adalah mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein dan beralkohol. Jika dulu sebelum hamil Anda sering mengkonsumsi minuman beralkohol atau berkafein mulai sekarang segera hentikan kebiasaan itu karena kondisi janin dalam kandungan masih sangat sensitif. Anda bisa mengurangi kebiasaan itu atau benar - benar menghentikan semua kebiasaan itu selama kehamilan berlangsung. Adapun makanan yang banyak mengandung kafein antara lain adalah coklat, kopi dan teh.

2. Kurangi Minum Waktu Sore


Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa ibu hamil itu sering mengeluhkan sering pipis, terutama di waktu malam. Mengurangi minum waktu sore ini tidak berarti ibu hamil harus mengurangi volume minum hingga kekurangan cairan tubuh, tetapi saran ini dimaksudkan agar ibu hamil tidak sering mondar - mandir ke kamar mandi sehingga  tidur malamnya berkualitas.

3. Hindari makanan pedas


Makanan pedas memang tidak dilarang bagi ibu hamil karena tidak membahayakan ibu dan janin, namun ibu hamil jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi makanan pedas. Mengapa demikian ? karena makanan pedas bisa mengakibatkan gangguan pencernaan. Apa saja yang terjadi jika ibu hamil suka mengkonsumsi makanan pedas ?
baca : makan pedas saat hamil, bolehkah ?

4. Mengkonsumsi snack sebelum tidur


Tips pola makan sehat wanita hamil selanjutnya adalah mengkonsumsi snack sehat sebelum tidur. Camilan sehat yang dikonsusmi sebelum tidur sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mengurangi morning sickness di pagi hari. Tidak semua camilan baik dikonsumsi ibu hamil, maka ibu hamil harus selektif dalam memilih snack. Apa saja snack yang bagus untuk ibu hamil itu ?
baca : cemilan sehat untuk ibu hamil

Tips Sehat Wanita Hamil Trimester ketiga


Pada usai kehamilan trimester ketiga ibu hamil harus tetap menjaga pola hidup sehat agar dalam persalinan nanti tidak akan ada masalah berarti. Silakan terapkan tips berikut ini ketika di penghujung masa kehamilan Anda :
  • Lengkapi kebutuhan karbohidrat dengan kentang, roti, gandum dan lainnya
  • Jaga berat badan agar tetap ideal
  • Penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari
  • Konsumsi makanan berserat tinggi
  • Dukung persalinan dengan banyak mengkonsumsi makanan kaya vitamin dan zat besi
Itulah tips pola makan sehat wanita hamil yang tidak bisa dianggap remeh. Dengan menerapkan pola hidup dan pola makan sehat, kehamilan akan tetap terjaga dengan baik hingga tiba saatnya persalinan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti. Demikian semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top