Vitamin yang Baik Buat Ibu Hamil

Vitamin yang baik buat ibu hamil - Di saat Anda sedang menjalani kehamilan, nutrisi perlu Anda peroleh dengan lengkap yaitu vitamin, karbohidrat, lemak, protein, air dan mineral. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh setiap ibu hamil adalah vitamin. Sifat dari vitamin adalah bisa larut dalam lemak dan air. Jika terkena asam dan panas vitamin bisa berubah bentuk dan rusak.

Bagi ibu hamil, vitamin sangat diperlukan untuk menjaga metabolisme sehingga daya tahan tubuh ibu hamil tetap terjaga dengan baik. Selain itu, vitamin juga bermanfaat untuk janin dalam membantu pertumbuhannya. Oleh sebab itu, selama menjalani kehamilan ibu hamil harus mendapatkan asupan vitamin yang lengkap.

Apa saja sih vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil itu ?? Silakan simak penjelasan kami dalam artikel ini hingga selesai agar Anda benar - benar bisa mencukupi kebutuhan vitamin saat hamil.
Vitamin yang Baik Buat Ibu Hamil
source of pixabay

Vitamin yang Baik Buat Ibu Hamil


Perlu kami sampaikan bahwa vitamin itu terdiri dari berbagai macam jenis dan mempunyai fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami tuliskan beberapa jenis vitamin yang diperlukan saat sedang hamil, sumbernya dari apa saja dan fungsinya untuk apa. Semoga penjelasan ini bisa menambah wawasan dalam merawat kehamilan tetap sehat.

Vitamin A


Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga daya tahan tubuh dari ancaman segala macam penyakit. Vitamin A termasuk vitamin yang gampang larut dalam lemak. Makanan yang banyak mengandung vitamin A antara lain adalah sayuran berwarna hijau, wortel, susu, buah berwarna orange, hati ayam dan lain - lain.

Vitamin B


Vitamin B termasuk dalam kategori vitamin yang baik buat ibu hamil karena berfungsi sebagai sumber energi serta mencegah terjadinya penyakit beri-beri. Vitamin B terbagi menjadi banyak jenis dengan fungsi yang berlainan. Berikut ulasannya :

Vitamin B1
Sumber ==> kacang - kacangan, hati, gandum
Manfaat ==> Membantu meringankan mual, membantu persiapan produksi ASI, melancarkan pencernaan

Vitamin B2
Sumber ==> brokoli, sayuran hijau, susu, keju, telur, jamur
Manfaat ==> Membantu proses penguraian makanan sehingga bisa diserap oleh janin

Vitamin B3
Sumber ==> susu, gandum, sayuran, hati, kacang tanah
Manfaat ==> Membantu pembentukan jaringan otak janin dan mengurangi morning sickness ibu hamil muda

Vitamin B5
Sumber ==> ikan, daging ayam terutama bagian dada, semangka, alpukat
Manfaat ==> Membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia (kurang darah)

Vitamin B6
Sumber ==> kacang kedelai, gandum, susu, ikan
Manfaat ==> Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit

Vitamin B9 (asam folat)
Manfaat ==> Membantu pembentukan jaringan syaraf, membantu perkembangan janin, membentuk sel darah merah
Sumber ==> kacang-kacangan, alpukat, semangka, pisang
Selengkapnya baca : makanan yang mengandung asam folat tinggi
Vitamin B 12
Sumber ==> daging sapi, susu, telur, rumput laut
Manfaat ==> Membantu dalam proses pembentukan sel darah merah dan membantu pembentukan sistem syaraf pusat janin

Vitamin C


Vitamin C merupakan vitamin yang baik buat ibu hamil karena sangat bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya anemia (kurang darah). Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Apabila ibu hamil sampai kekurangan vitamin C, maka ibu hamil bisa mengalami berbagai macam masalah kehamilan dan menurunnya daya tahan tubuh. Makanan yang banyak mengandung vitamin C antara lain adalah jeruk, pisang, tomat dan lainnya.

Vitamin D


Vitamin D diperlukan oleh ibu hamil untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium dan fospor oleh tubuh sehingga. Vitamin D bermanfaat untuk ibu hamil untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi resiko diabetes dan hipertensi. Vitamin D dapat Anda peroleh dari berbagai macam jenis makanan dan dari sinar matahari pagi.
baca info lengkap : pentingnya vitamin D untuk ibu hamil

Vitamin E


Vitamin bisa Anda temui dari berbagai macam jenis sayuran, gandum, kacang dan sareal. Vitamin ini dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga daya tahan tubuh, membantu pembentukan sel kulit janin dan melindungi asam lemak. Selain itu, vitamin E juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit ibu sehingga tetap terlihat kencang dan halus.

Vitamin K


Vitamin K sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah berbagai macam keluhan kehamilan dan mencegah terjadinya keguguran. Jika ibu hamil sampai kekurangan vitamin K, darah akan sulit membeku jika terluka. Anda bisa memperoleh vitamin K dari berbagai macam sayuran berwarna hijau, wortel dan tomat.

Itulah vitamin yang baik buat ibu hamil yang bisa Anda peroleh dari berbagai macam makanan sehat di sekitar Anda. Jika Anda ingin meambah suplemen vitamin, pastikan semua atas resep dokter untuk menghindari segala macam kemungkinan yang tak diinginkan. Demikian informasi yang dapat kami tulis semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top