Garis pada Perut Ibu Hamil, Wajarkah ?

Setelah beberapa bulan menjalani kehamilan akan muncul beberapa perubahan pada tubuh misalnya muncul garis pada perut ibu hamil. Apakah keadaan itu wajar dan umum dialami oleh ibu hamil ? sebenarnya keluhan tersebut wajar dialami oleh  ibu hamil, namun sebenarnya Anda bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa cara alami.

Masalah kulit yang dialami oleh ibu hamil sebenarnya ada beberapa macam, ada yang ringan dan mudah diatasi, namun ada juga yang lumayan sulit untuk diatasi. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa saja masalah kulit yang terjadi pada saat sedang hamil silakan simak penjelasan berikut ini hingga selesai.

Macam Garis Pada Perut Ibu Hamil


Garis di kulit ibu hamil terutama pada daerah perut itu ada beberapa jenis, antara lain adalah sebagai berikut
Garis pada Perut Ibu Hamil
source of pixabay

⇛ Stretch mark

Tahukah Anda , apa Stretch mark itu ? Stretch mark adalah salah satu jenis masalah kulit yang sering menimpa ibu hamil dengan ciri munculnya garis garis putih berliku liku. Stretch mark tidak hanya muncul pada perut ibu hamil tapi trkadang muncul juga di anggota baan yang lain seperti paha, lengan, p@yud@r@ dan pinggul.

Stretch mark yang menimpa wanita hamil umumnya berupa garis kemerahan pada perut ibu di usia kehamilan 4 bulan dan akan menjadi garis berwarna putih seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Jika Stretch mark sudah berubah warna menjadi putih, mengatasinya cukup sulit. Produk kecantikan penghilang Stretch mark tidak bisa menyembuhkannya, hanya bisa menyamarkan saja.

Kenapa ibu hamil bisa terkena Stretch mark ? apa penyebabnya ?? Penyebabnya adalah peregangan kulit di saat mengikuti pertumbuhan janin. Jelasnya, Stretch mark terjadi karena beberapa anggota tubuh ibu hamil menjadi melar, terutama bagian peut  sehingga jaringan kulit mengalami over stretched (peregangan berlebihan).

Apakah garis pada perut ibu hamil karena Stretch mark itu wajar ? jawabnya adalah wajar karena umumnya wanita hamil mengalaminya. Banyak ibu hamil yang cepat tanggap dalam menghadapi Stretch mark sehingga masalah kulit yang dialaminya tidak terlalu parah. Akan tetapi ada juga ibu hamil yang tak ambil pusing  dan membiarkan Stretch mark terjadi pada dirinya tanpa melakukan tindakan apa-apa sehingga Stretch mark yang dia alami menjadi semakin parah.

⇛ Selulit


Selulit adalah masalah kulit yang bisa menyerang siapa saja tak terkecuali ibu hamil. Selulit merupakan kelainan kulit yang disebabkan karena penumpukan lemak pada kulit sehingga kulit terlihat kusut dan tak rata seperti lembah dan gunung. Banyak ibu hamil yang terkena selulit karena peningkatan hormon progesteron dan esterogen memicu peningkatan lemak tubuh cukup drastis.

Untuk mencegah selulit, ibu hamil perlu melakukan beberapa cara menghilangkan garis hitam di perut seperti olahraga ringan secara rutin, menerapkan gaya hidup sehat dan mengatur pola makan dengan baik. Makanan yang dapat memicu peningkatan lemak tubuh sebaiknya Anda kurangi agar selulit tidak menimpa pada diri Anda.

⇛ Linea nigra


Garis pada perut ibu hamil berikutnya adalah Linea nigra. Linea nigra adalah masalah kulit yang terlihat dengan munculnya garis hitam yang biasanya muncul pada bagian perut. Linea nigra umumnya menyerang ibu hamil pada saat usia kehamilan telah memasuki trimesetr kedua seiring dengan meningkatnya produksi melanin. Tak seperti stretch mark yang sulit dihilangkan ketika sudah parah, Linea nigra lebih mudah untuk disembuhkan dengan perawatan kulit yang benar.

⇛ Gatal


Penyakit gatal bisa menyerang siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Pada saat sedang hamil terkadang penyakit gatal ini menyerang dengan ganas hingga akhirnya meninggalkan bekas berupa garis hitam di kulit. Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat menyatakan bahwa ibu hamil yang mengalami gatal gatal itu disebabkan oleh pertumbuhan rambut janin. Akan tetapi mitos tersebut belum mempunyai bukti ilmiah yang memperkuat.

Semua masalah kulit yang telah kami terangkan di atas sudah seharusnya untuk mendapatkan perawatan tepat sebelum terlambat. Menunda perawatan tidak memperbaiki keadaan, justru membuat garis di kulit semakin terlihat jelas. Untuk itu, coba lakukan langkah langkah sederhana untuk mencegah dan mengatasi semua masalah kulit.

Tips Hilangkan Garis pada Perut Ibu Hamil


Silakan Anda terapkan tips berikut ini untuk mengatasi masalah kulit yang umumnya muncul di usia kehamilan trimester kedua. Dengan mempraktekkan tips ini diharapkan garis kulit bisa dicegah dan dihilangkan.
  • Oleskan krim pelembab kulit secara rutin pada bagian tubuh yang sering terkena masalah kulit seperti paha, lengan, perut, pinggul dan lainnya
  • Pakai krim pelembab minimal dua kali sehari sehabis mandi 
  • Pastikan menggunakan krim pelembab kulit yang cocok dengan karakteristik kulit Anda
  • Gunakan krim pelembab yang banyak mengandung kolagen karena bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit
  • Rutin memakai lotion pelembab kulit sejak usia kehamilan muda guna mencegah kerusakan kulit akibat peregangan
  • Terapkan pola hidup dan pola makan sehat
  • Lakukan olahraga secara teratur, namun Ana harus memilih olahraga yang aman untuk ibu hamil
  • Minum air putih minimal 8 gelas per hari
  • Cukupi kebutuhan nutrisi kulit dengan banyak mengkonsumsi buah segar dan sayuran
Dengan menerapkan tips sederhana di atas, garis pada perut ibu hamil diharapkan segera menghilang dan tak muncul lagi. Sekian dan semoga kehamilan Anda bisa dijalani dengan menyenangkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top