Ibu Hamil Kurang Tidur Malam, Seberapa Besar Efeknya ?

Pasangan suami istri yang telah dikaruniai kehamilan hatinya akan merasa sangat bahagia karena harapan yang selama ini diidam - idamkan telah terwujud. Akan tetapi tak berhenti hanya sampai di kehamilan, bunda harus berusaha sekuat tenaga untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat dan nyaman. Salah satu hal yang perlu diperhatikan selama kehamilan berlangsung adalah jangan sampai ibu hamil kurang tidur malam.

Kira - kira seberapa besar bahaya yang ditimbulkan jika bunda sampai kurang tidur ? Untuk menjawabnya  kali ini kami akan coba menuliskan info mengenai efek negatif yang timbul akibat kurang tidur saat hamil. Silakan simak artikel ini hingga selesai.

Ibu Hamil Kurang Tidur Malam


Ibu Hamil Kurang Tidur Malam
source of pixabay
Setelah beberapa minggu menjalani kehamilan, tak jarang ibu hamil  yang mulai mengeluhkan hal tak biasa, salah satu diantaranya adalah susah tidur malam. Keadaan ini memang cukup mengganggu mengingat istirahat tidur yang berkualitas banyak didapat di waktu malam. Pada usia kehamilan muda, bunda sering mengeluhkan lemes dan ingin tidur saja sehingga di siang hari banyak menghabiskan waktunya untuk bermalas - malasan di tempat tidur.

Sebenarnya bunda perlu melawan rasa malas dan tak banyak bermalas - malasan di tempat tidur saat siang hari karena bisa menyebabkan susah tidur di waktu malam. Tahu sendiri kan akibatnya ? jika susah tidur malam ibu hamil akan merasakan lemes yang lebih parah dari sebelumnya dan tubuh kelihatan letih sayu.

Cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil ada banyak, salah satunya adalah dengan mengambil posisi tidur saat hamil yang nyaman dan aman, yaitu posisi miring ke kiri. Mengapa tidak terlentang atau tengkurap ? Karena ibu hamil yang tidur terlentang bisa mengalami sakit pinggang dan punggung, sedangkan tidur tengkurap bisa menekan perut.

Efek Ibu Hamil Kurang Tidur Malam


Setelah Anda mengetahui tata cara tidur yang nyaman silakan dipraktekkan, jangan sampai ibu hamil kurang tidur malam sebab ada beberapa efek negatif yang ditimbulkan jika bunda kurang tidur di malam hari. Apa saja efek negatif itu ? yaitu..

Sakit kepala (pusing)


Sebagaimana telah kita ketahui bahwa malam adalah waktu yang paling cocok digunakan untuk istirahat tidur. Ketika Anda cukup tidur dalam istirahat malam, di pagi hari tubuh akan terasa segar, tegar dan bugar. Berbeda jika Anda hanya tidur beberapa saat saja, bangun tidur kepala pusing karena terjadinya gangguan sel otak.

Stress


Ibu hamil kurang tidur malam membuat kondisi badan melemah sehingga ibu hamil mudah stress dan pikiran menjadi kacau. Stress yang dialami ibu hamil tidak bisa diremehkan sebab bisa mengganggu kenyamanan ibu dan janin. Bahkan jika ibu hamil pikirannya terlalu berat tanpa disadari bisa melakukan aktivitas membahayakan keselamatan janin.
baca : bahaya ibu hamil tidur di lantai

Berpengaruh pada tekanan darah


Tidur terlalu larut malam bisa mengakibatkan tekanan darah ibu hamil menjadi kacau. Ada kalanya pikiran stress karena sulit tidur membuat tekanan darah naik atau justru sebaliknya kurang istirahat menjadikan tekanan darah rendah. Untuk itu, berusahalah untuk mendapatkan istirahat malam yang cukup, jangan biasakan tidur terlalu larut malam.

Melemahkan sistem kekebalan tubuh


Sang maha pencipta telah menjadikan istirahat tidur di malam hari sebagai istirahat yang sangat berkualitas. Ibu hamil yang kurang tidur malam sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan karena sistem kekebalan tubuhnya menjadi lemah. Bisa Anda bayangkan sendiri apa yang terjadi jika sistem kekebalan tubuh ibu hamil melemah, yaitu bunda hamil gampang terserang oleh penyakit.

Muncul masalah kehamilan


Kurang istirahat tidur malam bisa membuat ibu hamil mengalami berbagai macam keluhan kehamilan seperti pusing, lemas dan kontraksi. Memang tak semua ibu hamil mengalami keluhan itu gara - gara kurang tidur, namun kita wajib berjaga - jaga, jangan sampai kehamilan kita terkendala hanya karena kesalahan sepele yang kita lakukan.

Menyebabkan preklampsia


Preklamsia atau komplikasi kehamilan bisa saja terjadi apabila ibu hamil terlalu capek dan kurang istirahat. Hal bisa terjadi karena kekurangan istirahat umumnya menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan seperti perubahan tekanan darah, menurunnya sistem imun dan lain - lain. Jika tekanan darah ibu hamil melonjak bisa saja terjadi komplikasi kehamilan. Oleh sebab itu berusahalah untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas terutama di waktu malam.

Ibu hamil kurang tidur malam memang terdengar biasa dan seakan tak ada efek negatifnya, namun ternyata efek buruknya cukup banyak. Untuk itu ibu hamil kami Anjurkan untuk istirahat cukup terutama istirahat tidur waktu malam. Demikian semoga informasi ini bermanfaat..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top