Ibu Hamil Makan Nangka Boleh atau Tidak ?

Bolehkah ibu hamil makan nangka ? pertanyaan ini banyak disampaikan oleh ibu hamil karena saking hati - hatinya dalam menjaga kehamilan. Kehamilan memang merupakan suatu anugerah dari Sang Maha Pencipta yang tidak boleh disepelekan, pasalnya jika kehamilan tidak diperlakukan dengan semestinya janin dalam kandungan bisa saja mengalami keguguran.

Keadaan dimana ibu hamil menjumpai berbagai macam keluhan kehamilan seperti mual, pusing, muntah, tubuh lemes dan lainnya membuat banyak bunda hamil lebih berhati - hati dalam mengkonsumsi makanan tertentu, mereka takut jangan - jangan makanan yang akan dikonsumsi menyebabkan kehamilan bermasalah. Salah satu jenis makanan yang saat ini sering membuat ragu  ibu hamil adalah nangka karena dianggap kurang begitu baik untuknya.

Apakah pendapat itu benar dan sesuai dengan fakta ? untuk mengetahui jawabannya silakan baca artikel berikut ini hingga selesai karena di dalam artikel ini akan kami sampaikan beberapa informasi terkait dengan buah nangka bagi ibu hamil.
Ibu Hamil Makan Nangka
source of pixabay

Ibu Hamil Makan Nangka


Di dalam menjalani kehamilan terkadang ibu hamil menginginkan buah tertentu walaupun sebelumnya tidak pernah menyukainya. Antara ibu hamil satu dan lainnya tidak sama, ada yang pingin makan buah dengan rasa kecut, namun ada juga yang ingin makan buah rasa manis dengan bau menyengat seperti durian dan nangka.

Bolehkah ibu hamil makan durian sedikit ? jawabannya sudah kami tulis dalam post sebelum ini, silakan dibaca lagi. Untuk buah nangka bagaimana boleh atau tidak ? Sebelum kami jawab mari kita lihat sebenarnya kandungan nutrisi yang ada di dalam buah nangka itu apa saja ? bermanfaat untuk ibu hamil atau justru malah membahayakan.

Kandungan Nutrisi Buah Nangka


Pendapat masyarakat tentang ibu hamil makan nangka itu tak sama, ada yang memperbolehkan namun ada juga yang tidak memperbolehkan bahkan melarang. Jika kita tidak bisa menyikapi pendapat tersebut dengan bijak lama - lama bisa bingung. Maka dari itu mari kita ungkap penjelasan mengenai boleh dan tidaknya makan nangka saat hamil dengan melihat kandungan nutrisi di dalam buah nangka. Berikut ini adalah kandungan gizi buah nangka
  • Mengandung vitamin C dan vitamin A
  • Mengandung asam folat, tiamin dan riboflavin
  • Memiliki kandungan mineral bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, fosfor, zat besi dan lain - lain
  • Mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi
  • Tergolong buah yang rendah lemak jenuh
  • Mengandung zat gula sederhana yaitu frukosa dan sukrosa
baca juga : 
Melihat kandungan nutrisi yang sangat lengkap di atas, pasti buah nangka itu mengandung banyak manfaat kepada manusia. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah nangka ? simak penjelasannya berikut ini

Manfaat Buah Nangka


Di balik rasa manis dan harum yang sangat menggoda, buah nangka ternyata juga mengandung manfaat yang cukup banyak bagi manusia. Adapun manfaat yang dapat disumbangkan oleh buah ini antara lain adalah sebagai berikut :
  • Tingginya kandungan serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit (susah BAB)
  • Mineral dalam buah nangka bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium oleh tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang
  • vitamin C bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh
  • Kandungan gula alami dalam buah nangka membantu mencukupi kebutuhan gula
  • Dan lain lain
Lalu bagaimana dengan ibu hamil, apakah buah nangka termasuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil ?

Ibu Hamil Makan Buah Nangka


Setelah kita menyimak tentang kandungan nutrisi dan manfaat buah nangka untuk manusia, tentu ibu hamil juga penasaran bolehkah mereka makan buah nangka selama kehamilan berlangsung. Perlu kami sampaikan bahwa kabar yang menerangkan tentang terjadinya keguguran jika ibu hamil sampai berani makan buah nangka hanyalah sebuah mitos.

Belum ada bukti yang menguatkan tentang benarnya kabar tersebut, justru buah nangka itu bisa menyumbangkan kebaikan untuk ibu dan janin. Walaupun demikian ibu hamil harus tetap hati - hati, jangan berlebihan mengkonsumsi buah nangka karena kandungan seratnya yang terlalu tinggi bisa membuat sakit perut jika terlalu banyak dimakan.

Kesimpulannya ibu hamil makan nangka itu boleh dan aman asal tidak terlalu banyak. Ingat ! jangan berlebihan.. Jangan sampai karena saking enaknya sampai lupa daratan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top