Ketiak Hitam saat Hamil, Gimana Cara Mengatasinya ?

Semakin bertambahnya usia kehamilan tidak semakin ringan, ibu hamil harus semakin berhati - hati dalam menjaga kesehatan kehamilan. Banyak keluhan yang mulai muncul seiring dengan bertambahnya usia seperti sakit punggung, sakit pinggang, muncul garis hitam pada perut dan lain - lain. Ketiak hitam saat hamil merupakan salah satu diantara sekian banyak keluhan yang diutarakan oleh ibu hamil.

Untuk mengatasi semua keluhan yang muncul, ibu hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan obat kimia karena janin dalam perutnya masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Namun demikian bukan berarti ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi obat kimia, sebenarnya boleh asalkan dengan menggunakan resep dokter.

Adapun cara yang dirasa paling cocok untuk mengatasi semua keluhan yang muncul adalah dengan menggunakan cara alami. Sesuai dengan judul, kali ini kami akan tuliskan beberapa cara alami yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi ketiak hitam. Bagaimana saja caranya ? silakan simak penjelasan pada artikel berikut ini.
Ketiak Hitam saat Hamil
source of pixabay

Penyebab Ketiak Hitam Saat Hamil


Kulit ketiak yang menghitam sebenarnya umum dialami oleh manusia, tak hanya ibu hamil. Namun umumnya ibu hamil mengeluhkan kulit ketiaknya semakin menghitam seiring dengan bertambahnya usai kehamilan. Sebenarnya Anda tak perlu mengkhawatirkan keadaan ini karena setelah persalinan kulit ketiak Anda akan pulih seperti sedia kala.

Sebenarnya apa penyebab menghitamnya kulit ketiak itu ?
Penyebabnya adalah hiperpigmentasi.
Apa hiperpigmentasi itu ?
Hiperpigmentasi adalah menghitamnya bagian kulit tertentu yang disebabkan karena perubahan hormon. Sebenarnya hiperpigmentasi tidak hanya menyerang pada ketiak, namun juga menyerang anggota tubuh yang lain seperti punggung, paha, area perut, wajah, leher dan lain - lain.

baca juga : garis pada perut ibu hamil
Hiperpigmentasi yang menyebabkan kulit ketiak hitam saat hamil bisa terjadi karena produksi hormon progesteron dan esterogen saat hamil terlalu tinggi sehingga membuat kulit menjadi hitam. Apabila kehamilan telah usai maka ketiak akan kembali seperti semula, jadi bunda tidak perlu takut. Akan tetapi jika bunda merasa risih dengan keadaan itu dan ingin mendapatkan ketiak yang cerah, silakan gunakan cara alami seperti di bawah ini.

Cara Alami Mengatasi Ketiak Hitam saat Hamil


Untuk mengatasi keluhan ini ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan produk kecantikan kimia yang dijual di pasaran karena janin masih belum kuat dengan zat kimia. Cara terbaik yang dianjurkan oleh pakar kesehatan dalam mengatasi masalah kulit ini adalah dengan menggunakan bahan alami karena sangat kecil resikonya. Adapun cara mengatasinya secara alami adalah sebagai berikut..

Dengan Lidah Buaya


Kulit ketiak menghitam bisa Anda atasi secara alami dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini sudah sejak zaman dulu dipercaya untuk membuat berbagai macam ramuan kecantikan, salah satunya adalah untuk mencerahkan kulit. Untuk mendaapatkan kemanfaatan lidah buaya, silakan ikuti langkah berikut
  • Ambil lidah buaya 1 atau dua lembar
  • Kelurkan gel lidah buaya dengan cara dipencet lalu letakkan pada tempat yang sudah disediakan
  • Oleskan gel lidah buaya pada ketiak hitam saat hamil sampai rata
  • Biarkan gel lidah buaya menempel pada ketika paling tidak 1 jam
  • Setelah itu bilas ketiak dengan menggunakan air bersih
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal silakan lakukan cara ini sehari dua kali setiap pagi dan sore

Dengan Lemon


Buah lemon juga bisa Anda gunakan untuk merawat kulit ketiak selama kehamilan berlangsung. Caranya cukup gampang yaitu dengan mengoleskan air lemon pada ketiak, biarkan beberapa menit lalu dibilas sampai bersih. Mengingat banyak orang yang kulitnya sensitif terhadap air lemon, sebaiknya Anda dulu apakah kulit anda sensitif atau tidak. Jika kulit Anda termasuk kulit sensitif sebaiknya jangan gunakan cara ini karena bisa menimbulkan gatal - gatal dan perih seperti terbakar.

Selain dengan lidah buaya dan air lemon ketiak hitam saat hamil bisa juga diatasi dengan menggunakan bunga mawar, kunyit, mentimun dan lain - lain. Caranya pun sangat mudah, hanya dengan mengoleskan pada ketiak, biarkan beberapa saat lalu bilas. Asalkan dilakukan dengan rutin masalah pada ketiak akan segera teratasi.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top