Larangan Ibu Hamil Muda Agar Tidak Keguguran dan Bayi Sehat

Larangan ibu hamil muda - Ketika kehamilan telah Anda dapatkan, hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah merawatnya dengan baik dan berhati - hati dalam melakukan aktivitas. Selama kehamilan berlangsung bunda harus memperhatikan asupan nutrisi agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Jangan sampai ibu hamil kekurangan gizi karena sangat berpengaruh besar pada perkembangan janin.

Selain memperhatikan asupan nutrisi bunda hamil juga harus hati - hati dalam melakukan aktivitas yang akan dilakukan. Segala macam aktivitas yang dulu sebelum hamil dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh bisa menjadi ancaman bahaya bagi janin jika tidak dilakukan dengan hati - hati. Misalnya saja olahraga, walaupun aktivitas ini sangat baik bagi kesehatan ibu hamil tapi beberapa jenis olahraga harus dihindari pada saat sedang hamil demi menjaga keselamatan janin.

Konsumsi makanan dan minuman juga harus hati - hati, jangan sampai sembarangan minum. Minuman yang mengandung alkohol dan kafein merupakan jenis minuman yang harus dipantang selama  kehamilan berlangsung sebab janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tersebut. Makanan yang dimasak setengah matang atau dimakan mentah juga tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya.

Di antara sekian banyak ibu hamil, masih banyak yang belum mengetahui secara pasti apa saja yang perlu dihindari selama kehamilan berlangsung. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai apa saja yang tidak boleh dilakukan selama hamil.
Larangan Ibu Hamil Muda Agar Tidak Keguguran
source of pixabay

Larangan Ibu Hamil Muda


Ada beberapa hal yang perlu dihindari selama masa kehamilan berlangsung baik berupa aktivitas maupun makanan dan minuman. Agar lebih mudah memahami penjelasan ini kami akan menjadikan penjelasan ini menjadi dua kategori yaitu aktivitas yang membahayakan ibu hamil dan makanan / minuman yang perlu dihindari saat hamil. Berikut ulasannya..

Aktivitas yang Dilarang untuk Ibu Hamil


Sebenarnya selama kehamilan berlangsung Anda bebas melakukan aktivitas selama janin tidak terganggu kesehatan dan keselamatannya. Untuk itu, coba perhatikan beberapa aktivitas berikut untuk merawat kehamilan tetap sehat.

Olahraga


Olahraga bisa saja menjadi larangan bagi ibu hamil terutama ibu hamil muda, namun tidak semua olahraga dilarang, justru malah dianjurkan. Yang perlu Anda hindari saat hamil adalah olahraga ekstrim karena sangat beresiko membahayakan keselamatan janin. Olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah olahraga ringan seperti jalan, senam, senam pernapasan, yoga, renang dan lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi post kami dengan judul
olahraga yang aman untuk ibu hamil muda

Naik pesawat

Pendapat mengenai boleh dan tidaknya ibu hamil naik pesawat hingga sekarang masih menuai kontroversi, namun mayoritas pendapat menyatakan bahwa naik pesawat aman dilakukan oleh ibu hamil dengan syarat :

⇒ Tidak dilakukan selama lebih dari 4 jam
⇒ Tidak mengalami komplikasi kehamilan
⇒ Tidak sedang hamil anak kembar

Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan ulang bepergian Anda dengan pesawat terbang, apalagi kalau usia kehamilan Anda masih muda. Mengapa demikian ? karena bepergian dengan pesawat terbang itu sangat banyak resikonya, apalagi kalau sedang cuaca buruk. Jika Anda tetap harus melakukan perjalanan udara sebaiknya terapkan beberapa tips yang telah kami tulis pada artikel sebelum ini dengan judul
hamil muda naik pesawat, amankah ?

Merokok


Merokok adalah larangan ibu hamil muda maupun ibu hamil di segala usia, karena kandungan nikotin dalam rokok sangat mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Ibu hamil yang tidak mau berhenti merokok saat kehamilan berlangsung, janin dalam kandungan sangat beresiko terlahir cacat dan mempunyai berat badan di bawah rata - rata, bahkan bisa mengalami keguguran.

Bekerja di depan komputer


Sebenarnya boleh - boleh saja ibu hamil bekerja di depan komputer namun ibu hamil harus mengusahakan untuk sering bergerak setidaknya setiap satu jam sekali. Ibu hamil yang duduk terlalu lama tanpa diselingi dengan gerak bisa membuat peredaran darah tak berjalan dengan lancar, akibatnya kaki bisa bengkak.

Kontak langsung dengan cat


Selama kehamilan berjalan sebaiknya Anda hindari kontak langsung dengan cat karena za kimia yang terkandung di dalamnya bisa masuk ke dalam tubuh dengan mudah melalui udara. Orang biasa saja terkadang pusing setelah menghirup bau cat, apalagi janin yang masih ada dalm kandungan. Memang belum ada hasil penelitian yang menyatakan bahaya pasti apabila bau cat dihirup ibu mengandung, namun pencegahan akan lebih baik sebelum terjadi hal yang tak diinginkan.

Memakai stocking


Memakai stocking termasuk larangan untuk ibu hamil karena bisa menghambat peredaran darah di kaki. Peredaran darah tak lancar pada kaki bisa mengakibatkan kaki bengkak sehingga cukup mengganggu aktivitas sehari - hari. Jika Anda terpaksa harus memakai stocking sebaiknya pakai stocking yang terbuat dari bahan lunak untuk memperkecil resiko kaki bengkak.

Sepatu berhak tinggi


Pemilihan sepatu atau sandal selama hamil harus diperhatikan, jangan memakai sepatu dan sendal berhak tinggi hanya karena mengikuti mode. Mengapa sepatu berhak tinggi dilarang ? karena sangat beresiko terpeleset, apalagi kalau usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga. Walaupun Anda suka dengan sepatu berhak tinggi sebaiknya jangan dipakai dulu selama kehamilan berjalan.

Makanan Larangan Ibu Hamil


Selain beberapa aktivitas dan gaya hidup yang telah dijelaskan di atas, masih ada beberapa hal yang perlu dihindari ibu hamil, yaitu mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dan minuman yang perlu dihindari selama kehamilan berlangsung

Alkohol


Makanan dan minuman yang mengandung alkohol harus dihindari oleh ibu hamil karena zat yang terkandung dalam alkohol bisa menyebabkan berbagai macam masalah pada janin seperti kerusakan organ dalam, pertumbuhan otak pertumbuhan fisik terhambat dan sangat beresiko terlahir cacat. Walaupun ada orang yang mengatakan kalau anaknya tak apa - apa padahal dia minum alkohol namun Anda jangan terpengaruh karena para ahli kesehatan sepakat bahwa alkohol sangat beresiko pada kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Daging setengah matang


Konsumsi daging bisa menjadi larangan bagi ibu hamil jika dimasak tidak sampai matang. Mengapa ibu hamil dilarang makan daging yang dimasak setengah matang ? karena daging tersebut jika tidka dimasak hingga benar - benar matang besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya yang mengancam kesehatan dan keselamatan janin. Tokoplasma misalnya, bakteri ini jika sampai masuk ke tubuh ibu hamil bisa saja mengganggu kesehatan janin bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Minuman mengandung kafein


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di awal bahwa minuman berkafein seharusnya dihindari ibu hamil sejak awal masa kehamilan. Sebenarnya larangan mengkonsumsi minuman berkafein itu tidak mutlak tapi sebatas untuk membatasi saja, jangan berlebihan. Kafein yang dikonsumsi oleh manusia mampu meningkatkan rasa rileks, namun efeknya aliran darah ke rahim berkurang sehingga membahayakan kesehatan janin.

Obat pereda sakit


menjalani kehamilan memang perlu kesabaran ekstra pasalnya banyak keluhan yang dijumpai selama masa kehamilan berlangsung mulai dari pusing, mula, muntah, lelah, sakit punggung, sakit pinggang dan lain - lain. Di dalam menghadapi segala macam keluhan yang muncul Anda tidak boleh sembarangan minum obat yang dijual di toko obat. Jika Anda terpaksa harus minum obat, pastikan semua atas resep dokter.

Itulah larangan ibu hamil muda yang bisa kami rangkum. Dengan informasi ini kami berharap Anda bisa terus menjaga kehamilan dengan benar sehingga kehamilan berjalan dengan lancar hingga masa persalinan tiba.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top