Makanan Sehat Ibu Melahirkan itu Apa Saja ?

Makanan sehat ibu melahirkan adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh bunda hamil setelah buah hatinya lahir di dunia. Darah yang terlalu banyak keluar membuat ibu hamil terlihat pucat dan lemas. Untuk memulihkan kondisi tubuh setelah melahirkan, bunda perlu mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi tinggi.

Energi yang hilang setelah menjalani proses persalinan perlu segera dipulihkan dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Di lain sisi, bayi yang baru dilahirkan juga memerlukan asupan nutrisi yang hanya diperoleh dari air susu ibu (ASI). Makanan yang dikonsumsi bunda setelah persalinan sangat menentukan cepat tidaknya pemulihan energi dan kesehatan bayi. Oleh sebab itu, bunda perlu bayak mengkonsumsi makanan bergizi setelah melahirkan.

Buah dan sayuran segar merupakan jenis makanan yang sangat diperlukan bunda pasca melahirkan karena banyak mengandung vitamin. Dianjurkan bagi bunda untuk menjadikan buah segar sebagai santapan cemilan sehat setelah persalinan. Vitamin, serat dan zat bermanfaat lain dalam buah-buahan diperlukan untuk segera memulihkan kondisi tubuh pasca persalinan.
Makanan Sehat Ibu Melahirkan
source of pixabay

Makanan Sehat Ibu Melahirkan


Sebelumnya perlu kami sampaikan kepada Anda bahwa bunda melahirkan itu tidak hanya memerlukan asupan makanan sehat, akan tetapi bunda perlu juga menghindari segala macam makanan yang membahayakan. Makanan yang perlu dihindari bunda pasca melahirkan adalah makanan yang banyak mengandung lemak, gula dan kafein. Info selengkapnya bisa Anda baca pada artikel yang telah kami tulis dengan judul
makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan
Adapun makanan yang diperlukan oleh bunda pasca melahirkan adalah makanan yang mengandung banyak zat besi, vitamin, protein dan kalsium. Zat besi diperlukan ibu hamil untuk membantu memulihkan tenaga yang terkuras pada saat menjalani persalinan. Kalsium dibutuhkan oleh bayi untuk membantu pertumbuhan tulang. Sedangkan protein dan vitamin bermanfaat untuk mempercepat proses pemulihan bunda. Adapun makanan sehat ibu melahirkan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Wortel dan Seledri


Wortel dan seledri merupakan jenis makanan yang bagus untuk ibu pasca melahirkan karena makanan tersebut rendah kalori. Untuk mendapatkan manfaat wortel dan seledri bunda cukup merebusnya sampai matang kemudian di konsumsi sebagai cemilan saat sedang lapar atau membuatnya sebagai sayur sop untuk pelengkap menu makanan.

2. Susu Rendah Lemak


Susu rendah lemak penting bagi bunda pasca persalinan karena banyak mengandung protein, vitamin D, vitamin B, dan kalsium. Sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas bahwa kalsium sangat dibutuhkan bayi untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Oleh sebab itu bunda perlu rutin mengkonsumsi susu minimal 1 gelas sehari.

3. Kacang – kacangan


Aneka jenis kacang- kacangan juga termasuk makanan sehat untuk ibu melahirkan karena bermanfaat untuk memperbanyak produksi ASI dan melancarkan peredaran darah bunda. Dengan mengkonsumsinya secara rutin tiap hari, energi yang terkuras saat menjalani persalinan akan segera pulih. Dari berbagai macam jenis kacang-kacangan, kacang hijau adalah jenis kacang yang paling mudah didapat mempunyai kandungan gizi sangat lengkap. Bunda dapat mengolahnya menjadi bubur kacang hijau dan dikonsumsi saat sedang lapar.

4. Buah Pisang


Pada saat menjalani persalinan, bunda mengeluarkan banyak darah sehingga memerlukan makanan yang banyak mengandung zat besi untuk segera memulihkan keadaan. Salah satu makanan yang banyak mengandung zat besi adalah buah pisang. Buah pisang mempunyai kandungan zat besi dan kalsium cukup banyak sehingga sangat cocok untuk memulihkan tenaga dan membantu pertumbuhan janin.

5. Sayuran Hijau


Selepas melahirkan jangan melupakan sayuran hijau. Walaupun kelihatan sederhana namun sayuran hijau itu banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, baik saat sedang hamil atau setelah melahirkan. Brokoli, bayam dan sejenisnya merupakan contoh sayuran hijau yang direkomendasikan untuk bunda pasca persalinan.

6. Buah Segar


Jangan lewatkan manfaat dari buah- buahan segar setelah Anda menjalani persalinan. Pada umumnya buah segar mempunyai kandungan nutrisi yang sangat banyak sehingga cukup baik untuk bunda maupun si jabang bayi. Perlu kami ingatkan, sebelum Anda konsumsi buah jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sampai benar - benar bersih.

Itulah makanan sehat ibu melahirkan yang bisa Anda konsumsi setelah Anda menjalani persalinan. Dengan mengkonsumsi makanan sehat diharapan tenaga unda segera pulih dan bayi dapat tumbuh berkembang dengan baik serta terhindar dari berbagai macam penyakit.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top