Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Tua apa Saja ?

Makanan sehat untuk ibu hamil tua - Banyak orang berpendapat bahwa kehamilan di usia trimester ketiga terutama saat usai kehamilan sudah 9 bulan sudah tidak perlu perawatan yang ekstra, cukup santai - santai. Pendapat itu didasari dengan kenyataan pertumbuhan janin yang sudah berhasil diambang batas akhir dan hampir keluar ke dunia.

Kehamilan di bulan ke 9 memang sudah hampir finis, namun jangan lengah ! Anda harus tetap mengontrol emosi, menjaga diri dan memberi asupan nutrisi untuk ibu hamil yang cukup sebab ada momen besar yang menunggu Anda yaitu persalinan. Dengan menjaga dan merawat kehamilan dengan baik walaupun kehamilan sudah hampir berakahir diharapkan persalinan nantinya berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apa.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan sedikit ulasan mengenai perawatan kehamilan usia tua, mulai dari makanan yang dianjurkan sampai dengan makanan yang dilarang.
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Tua
source of pixabay

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Tua


Untuk menjaga kehamilan tetap sehat walaupun sudah berada masa akhir, bunda harus tetap memperhatikan asupan nutrisi setiap harinya. Adapun nutrisi yang perlu didapat oleh ibu hamil tua antara lain adalah sebagai berikut

➠ Makanan mengandung serat : gandum, sareal, buah, sayur
➠ Makanan mengandung zat besi : bayam, kuning telur, kacang - kacangan, daging ayam, buah,ikan
➠ Makanan mengandung kalsium : susu, keju, kacang almond
➠ Makanan mengandung vitamin C : jeruk, brokoli, tomat, kembang kol
➠ Makanan mengandung asam folat : alpukat, pisang, kacang polong, buncis
➠ Makanan mengandung vitamin A : wortel, bayam, melon

Dalam uraian di atas hanya kami contohkan beberapa contoh saja, silakan dikembangkan sendiri. Yang pasti pada saat usai kehamilan sudah menginjak masa akhir, Anda harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh seperti yang telah kami sebutkan di atas. Masukkan makanan yang banyak mengandung serat, zat besi, vitamin, asam folat dan kalsium dalam menu makanan Anda.

Pastikan makanan sehat untuk ibu hamil tua selalu Anda penuhi guna mendapatkan persalinan normal. Jangan sampai hanya gara - gara sembrono dalam menjaga kehamilan yang tinggal satu langkah saja akhirnya terjadi hal yang tak diinginkan. Di usia kehamilan trimester ketiga Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan, antara lain adalah sebagai berikut

Makanan Larangan untuk Ibu Hamil Tua


Tak hanya ibu hamil muda yang harus berhati - hati dalam menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Walaupun kehamilan telah ada di penghujung masa, namun jika tidak benar - benar diperlakukan dengan benar juga bisa menimbulkan efek yang menakutkan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang tetap harus dihindari selama kehamilan berlangsung

➥ Alkohol


Segala macam jenis makanan dan minuman yang mengandung alkohol harus tetap dihindari selama kehamilan berlangsung. Tak hanya ibu hamil muda yang dilarang minum alkohol, ibu hamil tua pun tidak boleh mengkonsumsi. Mengapa demikian ? karena alkohol sangat tidak baik bagi kesehatan janin bahkan bisa menyebabkan bayi terlahir dalam keadaan cacat.

➥ Kafein


Makanan dan minuman yang mengandung kafein harus tetap dihindari sampai kehamilan berakhir. Sebenarnya mengkonsumsi makanan berkafein bukan larangan mutlak, tapi jika Anda mengkonsumsinya harus dibatasi, jangan terlalu banyak. Kopi adalah salah satu minuman yang banyak mengandung kafein, jadi jika Anda termasuk pecinta kopi sementara kurangi dulu.

Selain dua jenis makanan tersebut, Anda juga harus tetap menghindari semua pantangan makanan saat hamil seperti makanan yang mengandung sakarin, telur setengah matang, ikan bermerkuri dan lainnya. Tak hanya makanan, segala aktivitas yang membahayakan keselamatan janin juga harus tetap dihindari seperti merokok, memakai narkoba dan lain sejenisnya.

Untuk melengkapi makanan sehat yang telah kami jelaskan di atas, Anda perlu menambah suplemen kehamilan, yaitu suplemen kalsium, multivitamin, zat besi dan asam folat. Namun sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kehamilan Anda ke dokter untuk mengetahui keadaan Anda yang sebenarnya. Dengan demikian diharapkan persalinan Anda bisa berjalan dengan lancar.

Itulah makanan sehat untuk ibu hamil tua yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan penjelasan singkat di atas bisa menambah wawasan dalam menjalani dan merawat kehamilan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top